Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

7 Kuliner Legendaris di Sabang yang Wajib Diburu Sekarang Juga!

Krisna MaulanaKrisna Maulana
Sabang yang terletak di pusat Kota Jakarta sudah cukup lama dikenal oleh banyak orang sebagai surga kawasan kaki lima. Banyak banget pilihan makanan legendaris yang sudah berdagang sejak zaman dahulu di kawasan ini dan masih populer hingga kini.
Untuk kamu yang belum pernah dan berencana untuk mendatangi kawasan ini, ada beberapa tempat makan yang wajib banget kamu coba nih! Dari mulai nasi goreng, soto, hingga pempek, nggak perlu lagi bingung mau pilih apa dengan ulasan dari Qraved berikut!
Nasi goreng memang terdengar biasa saja, namun Nasi Goreng Sabang Bang Roby ini beda. Sudah berjualan di Sabang selama bertahun-tahun. Menu yang wajib banget kamu coba adalah Nasi Gilanya. esuai dengan namanya, Nasi Gila disini udah pasti porsinya bikin kamu kenyang banget, dan harganya ramah di kantong. Nah, kalau kamu ngantor di kawasan Sabang dan sekitarnya dan sering banget lembur, kamu bisa banget nih mampir kesini, karena Nasi Goreng Sabang Bang Roby ini buka hingga jam 2 pagi, jadi gak perlu takut untuk kehabisan kalo kamu mau mampir ke tempat ini!
Kalau kamu doyan banget makan ceker, wajib banget nyobain Soto Pak Gendut. Punya aneka macam sajian soto dari mulai soto ayam, soto daging, hingga soto cekernya yang selalu jadi primadona. Kuah soto yang gurih berpadu dengan ceker yang lembut ini sempurna banget! Apalagi, kalau kamu doyan soto yang tingkat keasinan tinggi, karena bisa nambah bumbu koya sepuasnya, lho!
Nasi Gandul yang merupakan makanan khas dari Pati, Jawa Tengah ini memang nggak begitu terkenal bila dibandingkan dengan aneka sajian nasi dari nusantara lainnya. Nasi Gandul sendiri merupakan sajian nasi yang disiram dengan semur daging sapi yang memiliki cita rasa yang unik, kamu akan ngerasain gurih, manis, dan segar di waktu yang bersamaan! Hal ini dikarenakan perpaduan aneka rempah seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar dan kencur yang berpadu jadi satu. Kalau ngiler, kamu bisa langsung nih santap di Nasi Gandul Khas Pati di Sabang. Satu porsi Nasi Gandul dibanderol dengan harga yang cukup murah yaitu hanya 16k saja perporsinya.
Kalo kamu lagi laper tanggung, pempek bisa jadi salah satu pilihan menu makanan kamu. Pempek Cawan Putih yang berasal dari Palembang ini tentu saja punya rasa yang otentik. Pilihan pempek di sini juga cukup lengkap, mulai Lenjer, Kapal Selam, hingga Kulit. Kalo kamu datang kesini, jangan lupa pesan Pempek Belah, yaitu pempek lenjer yang di goreng dan di belah lalu di isi oleh udang kering dan kecap. Nggak cuma pempek saja, Pempek Cawan Putih juga memiliki menu hidangan khas Palembang lainnya seperti Pindang Patin. Pindang Patin di sini disajikan dengan kuah yang di dalamnya ada potongan nanas dan kemangi yang membuat aromanya kuat banget, dan rasanya nggak perlu diragukan lagi, asam, pedas, segar, dan gurih yang menyatu di mulut kamu.
Untuk kamu para penggemar sate, wajib banget nih datang ke kedai Sate Sabang Pak Heri. Sate yang sudah terkenal banget kelezatannya ini bahkan banyak yang meniru, lho. Nah, untuk tau mana yang asli, Sate Sabang Pak Heri berlokasi di pertigaan lampu merah dekat dengan Restoran Garuda ya! Di sini pun nggak hanya menyediakan sate ayam saja, namun tersedia sate kambing yang nggak kalah lezat.
Mau masakan khas Manado saat bertandang ke Sabang? Nah, Woku Blangan jadi tempat yang pas nih! Menu makanan yang cukup beragam, mulai dari Ayam Goru, Sambal Roa, hingga Perkedel Nike yang khas terbuat dari ikan teri nike asal Manado. Gak cuma itu aja, disini juga ada beberapa menu paket yang bisa kamu pesan kalau kamu datang ke sini beramai-ramai. Salah satu menu yang wajib kamu coba kalo datang ke tempat ini adalah Ikan Asap Cakalang dan juga Ayam Wokunya. Selain itu, tempatnya juga strategis banget, yaitu berletak di perempatan lampu merah Sabang-Kebon Sirih.
Satu lagi yang melegenda di kawasan Sabang adalah Warung Soto Kudus Kembang Joyo. Walaupun tempatnya kecil, tapi kedai yang satu ini cukup muat untuk menampung kurang lebih 30 orang di dalamnya. Sudah pasti, kalau kamu berkunjung ke tempat ini, kamu wajib pesan Soto Kudus yang dibanderol dengan harga Rp 16k saja. Dengan harga yang cukup murah, kamu sudah bisa menikmati semangkuk soto kudus yang disajikan dengan ayam suwir, toge panjang, kol, tomat, dan taburan daun bawang yang bikin aroma nya sangat kuat. Bikin makin gak sabar untuk menyantapnya!