Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

7 Jajanan Jadul Favorit Anak Kekinian yang Ramai di Instagram

Happy FerdianHappy Ferdian
jajanan jadul  - Photo 1
qraved.com
Beberapa waktu belakangan, semakin banyak bermunculan versi kekinian dari aneka jajanan jadul. Bentuknya sekilas tidak banyak berubah, namun komposisinya menyesuaikan dengan tren kuliner yang tengah digemari saat anak-anak kekinian. Kreativitas ini terbukti disukai banyak orang, dan bahkan beberapa di antaranya viral di jagat maya. Apa saja sih daftar jajanan tradisional yang sukses disulap menjadi kudapan kekinian? Yuk, cek selengkapnya di bawah ini.
Jangan lupa dowload aplikasi Qraved untuk temukan beragam informasi kuliner menarik lainnya.
jajanan jadul  - Photo 2
Photo Source:  qraved.com
Pastel adalah versi lokal dari empanada, kudapan khas Portugis yang pamornya menyebar ke seluruh dunia. Biasanya pastel berisikan tumisan kentang dan wortel, namun di salah satu gerai bernama Pastelizious, kudapan ini hadir dengan 9 varian rasa. Kesembilan varian rasa tersebut adalah Original, Cheese, Smoked Beef, Mashed Potato, Chicken Teriyaki, Wagyu, Tuna, Salted Egg, dan Crab. Semuanya memiliki keunikan rasa tersendiri, yang berpadu sempurna dengan tekstur kulit pastel yang renyah, namun tetap terasa lembut saat dikunyah.
 - Photo 3View All Photos
Photo Source:  @raffinagita1717
Sejak dua tahun terakhir, pamor kue cubit terus bertahan sebagai salah satu jajanan tradisional yang sukses tampil kekinian. Jika dahulu kala, jajanan ini biasa disajikan bersama meises dan susu kental manis, sekarang variannya kian beragam, baik dari segi komposisi adonan hingga topping. Sebut saja Nutella, keju, Oreo, hingga Green Tea sukses merebut hati pecinta kudapan kekinian. Selain itu, yang menjadi favorit tentu saja sajian adonan kue cubit yang dimasak setengah matang, sehingga menciptakan sensasi lumer ketika disantap.

Lidi Geli - Mie Lidi

 - Photo 4
Photo Source:  @lidigeli_id
Siapa sih yang tidak kenal dengan jajanan unik ini? Terutama bagi mereka yang tumbuh besar di era 90-an dan awal 2000-an, mie lidi adalah snack yang hampir tidak pernah absen untuk dibeli selepas pulang sekolah. Konsepnya sederhana, hanya mie tipis yang digoreng garing, lalu ditambahkan bumbu asin atau pedas. Kini, mie lidi bertranformasi menjadi jajanan dengan aneka rasa menarik. Salah satu merek yang patut dicoba adalah Mie Lidi Geli, yang memiliki banyak sekali varian rasa unik, seperti Barbeque, Balado, Keju, hingga beberapa rasa tidak lazim, seperti Cokelat dan Green Tea.

Es Kue 1980 - Es Gabus

 - Photo 5
Photo Source:  @eskue1980
Produsen jajanan jadul yang berbasis di Cilandak, Jakarta Selatan ini, belakangan kian terkenal berkat menu Es Gabus. Ini adalah jenis es potong tradisional yang memiliki tampilan mencolok berwarna-warni. Terbuat dari tepung hunkwe, es gabus biasanya bertekstur sedikit kenyal dengan cuatan rasa manis yang serupa kue. Oleh Es Kue 1980, es gabus hadir dengan beragam varian rasa, seperti Cokelat Pisang, Tutti Fruiti, Avocado, dan lain-lain.
 - Photo 6View All Photos
Photo Source:  @storeateller
Cireng adalah singkatan dari aci digoreng, yakni adonan tepung kanji berbumbu asin yang digoreng menjadi makanan ringan. Jika biasanya cireng dicocol ke dalam bumbu rujak, atau disantap bersama cabe rawit utuh, maka berbeda dengan yang ditawarkan oleh Cireng Keraton. Jaringan kedai makan asal Bandung ini menawarkan cireng gemuk dengan isian yang dibagi ke dalam dua jenis, yakni pedas dan tidak pedas. Beberapa varian yang paling difavoritkan adalah Sosis Pedas, Oncom Pedas, Barbeque, Ayam Teriyaki, Pizza, dan masih banyak lainnya.
 - Photo 7View All Photos
Photo Source:  @cemalcemilannnnn
Pisang nugget adalah versi kekinian dari pisang goreng, yang memadukan tekstur pisang goreng pasir dan kelembutan pisang goreng tradisional. Dikenal pula dengan istilah Banana Nugget, jenis kudapan ini hadir dengan berbagai topping menggoda selera, seperti Cokelat, Matcha, Tiramisu, Milkshake, dan masih banyak lainnya. Kamu akan menemukan perpaduan tekstur lumer pada topping-nya, serta renyah dan lembut pada pisang nugget-nya. Yummy!
 - Photo 8View All Photos
Photo Source:  @officialkulinertv
Di Indonesia, mochi identik sebagai salah satu jajanan tradisional dari wilayah Jawa Barat. Biasanya, kudapan kenyal ini hadir dengan isian pasta kacang dan berbalur tepung putih, yang kemudian dijual dalam wadah keranjang bambu. Sekarang, muncul kreasi unik berupa es krim mochi, yang akan membuat siapapun terkagum-kagum karenany. Di Mochi-Mochi, kamu akan menemukan mochi dengan isian es krim, seperti Vanilla, Chocolate, Cheesecake, hingga Tiramisu, Tekstur kenyal berpadu dengan lembutnya es krim, siapa yang tidak menolak?