Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

7 Camilan Legendaris yang Nggak Ada Matinya

Diangga SimanjuntakDiangga Simanjuntak
Buat yang doyan jajan, beberapa jenis camilan tradisional yang unik-unik tampaknya tak pernah dilupakan alias nggak ada matinya. Dan ngomongin soal camilan, kali ini Qraved punya list camilan legendaris yang masih ada hingga sekarang. Buat yang pengen update artikel lainnya, pastikan kamu download aplikasi Qraved.

Kue Rangi

camilan - sindonews
Photo Source: sindonews
Kue rangi emang selalu jadi primadonanya camilan di Jakarta khususnya buat para pecinta manis. Cemilan legendaris yang satu ini punya rasa manis yang khas karena perpaduan olahan sagu dan gula jawa. Biasanya kue rangi di masak dengan menggunakan arang dan dibungkus dengan daun pisang. Unik banget yah.

Dodol

camilan - says
Photo Source: says
Siapa sih yang enggak kenal sama camilan legendaris Betawi yang satu ini? Dodol biasanya disajikan pada momen-momen perayaan seperti lebaran atau sebagai suguhan oleh-oleh. Nah Dodol sendiri punya rasa yang khas banget nih Qravers. Kerennya, meski sekarang udah banyak cemilan kekinaan, tapi pamor dodol tetap bertahan hingga sekarang.

Kue Kembang Goyang

camilan - sajiansedap
Photo Source: sajiansedap
Kue kembang goyang jadi salah satu cemilan legendaris yang paling populer dikalangan anak 90an nih.Pada masanya kue kembang dijual diwarung-warung kelontong atau pasar. Nah untuk soal rasa, kue kembang goyang punya rasa yang khas dan tektur garing yang kriuk banget. Biasanya kue ini jadi teman minum teh atau kopi dipagi hari.

Kue Semprong

camilan - tokopedia
Photo Source: tokopedia
Kue semprong yang satu ini biasanya selalu jadi teman minum teh atau ngopi yang paling pas nih Qravers. Sebelum adanya camilan-camilan ringan yang ada di supermarket, kue semprong sangat populer pada masanya, lho! Kue kering yang satu ini biasanya disajikan sebagai suguhan tamu, oleh-oleh atau konsumsi pribadi.

Kue Putu

camilan - berwirausaha
Photo Source: berwirausaha
Cemilan legendaris yang satu ini termasuk yang paling unik nih Qravers. Kue putu dimasak dengan cara dikukus atau diuap dengan kompor khusus yang mengeluarkan uap panas. Nah yang uniknya, suara uap kue putu saat tidak memasak mirip seperti suara kereta uap yang jadi ciri khas pedagang kue putu pada masanya.

Kue Akar Kelapa

camilan - resepkoki
Photo Source: resepkoki
Masi sama seperti kue semprong atau kembang goyang, cemilan akar kelapa gurih ini sekarang udah melegenda banget nih Qravers. Sesuai dengan namanya, kue ini punya bentuk yang mirip dengan akar kelapa. Nah! Uniknya, kue akar kelapa ini sering disama-samakan dengan cemilan hype dari Spanyol yaitu Churros.

Kue Pancong

camilan - travelingyuk
Photo Source: travelingyuk
Kalau camilan yang satu ini sekarang lagi naik daun banget nih Qravers. Biasanya kue pancong dijual kaki limaan dan diwarung-warung kopi atau warkop. Nah seiiring berjalannya waktu, inovasi kue pancong kini semakin beragam, contohnya seperti pancong lava atau setengah matang. Nah, buat para pecinta manis pastinya enggak boleh kelewatan sama cemilan legendaris yang satu ini yah.