Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App
Qraved x GoFood7 Camilan Indonesia yang Punya Kembaran di Belanda

7 Camilan Indonesia yang Punya Kembaran di Belanda

Ria IsnaeniRia Isnaeni
Dikarenakan okupansi Belanda, banyak sekali kuliner Belanda yang telah diadapasi oleh masyarakat Indonesia, terutama cemilan khas Belanda. Sebelum baca artikelnya, jangan lupa download Qraved app untuk informasi kuliner menarik lainnya.

1. Lapis Legit - Spekkoek

7 Cemilan Indonesia Yang Memiliki Kembaran di Belanda - Everybody Eats Well
Photo Source: Everybody Eats Well
Kue berlapis yang memiliki warna coklat dan rasa manis yang satu ini teman setia untuk menikmati secangkir teh hangat atau kopi pahit hangat. Lapis legit memiliki kesamaan dengan kue khas Belanda yang bernama Spekkoek.
Dalam bahasa Belanda, Spekkoek berarti lapisan lemak babi. Walaupun, pada kenyataannya, Spekkoek tidak terbuat dari lemak babi, hanya bentuknya yang berlapis-lapis mirip dengan bentuk dari lemak babi.

2. Odading - Olliebollen

7 Cemilan Indonesia Yang Memiliki Kembaran di Belanda - Resep Bu Tania
Photo Source: Resep Bu Tania
Biasanya, Bollen dalam kalimat Belanda menjelaskan sesuatu yang bulat. Cemilan odading yang banyak terjual di daerah Bogor ini ternyata memiliki banyak kesamaan dengan Olliebollen.
Kedua kue ini berbentuk bulat, dan sama sama terbuat dari tepung, telur, ragi, garam dan susu.

3. Perkedel - Frikadeller

7 Cemilan Indonesia Yang Memiliki Kembaran di Belanda - satujam
Photo Source: satujam
Perkedel merupakan lauk yang cukup populer di Indonesia. Selain pembuatanya yang mudah, dan bahan-bahan dari perkedel juga terhitung cukup affordable.
Perkedel terbuat dari kentang, daging dan daun bawang, bahan-bahan ini hampir sama dengan pembuatan frikadeller di Belanda.
Bagaimana pun, di Indonesia ada banyak jenis perkedel yang terkenal. Seperti perkedel yang terbuat dari jagung, ikan dan tahu. Perkedel akan terasa lebih nikmat jika disajikan dengan nasi uduk hangat atau nasi kuning!

4. Kue Cubit - Poffertjes

7 Cemilan Indonesia Yang Memiliki Kembaran di Belanda - Tasya Pramitha
Photo Source: Tasya Pramitha
Kue cubit setengah matang pasti menjadi salah satu jajanan langganan kamu! Ternyata, kue cubit ini berasal dari cemilan khas Belanda yaitu Poffertjes. Adonan dasar dari kue cubit adalah tepung, telur, susu, mentega dan gula, hampir sama dengan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat poffertjes.
Cara memasak kedua makanan ini juga sama, keduanya dimasukan kedalam sebuah cetakan bulat. Yang membuat keduanya berbeda adalah penyajian gula halus yang digunakan oleh poffertjes, sedangkan kue cubit ditaburi meises atau keju parut.

5. Leker - Pannekoek

7 Cemilan Indonesia Yang Memiliki Kembaran di Belanda - My Culinary Trip
Photo Source: My Culinary Trip
Kue Leker yang akan banyak sekali kamu temukan di Pasar Mayestik atau depan sekolah SD ini memiliki banyak kesamaan dengan panekuk. Terbuat dari terigu, telur ayam, gula dan susu. Bahan-bahan yang dicampur dengan air lalu dituang di atas wajan datar.
Setelah matang, panekuk dihidangkan dengan berbagai macam topping, begitu juga kue dadar tipis.

6. Selat Solo - The Dutch Steak

7 Cemilan Indonesia Yang Memiliki Kembaran di Belanda - sedapkuliner
Photo Source: sedapkuliner
Selat Solo adalah salah satu makanan tradisional dari Solo, Jawa Tengah. Bentuk dari selat solo hampir sama dengan steak Belanda.
Hal yang membedakan kedua makanan in adalah saus dan sup (kuah)nya. Selat solo disajikan dengan rasa yang lebih manis, lebih watery dan juga memiliki the taste of Indonesia's spices. Sedangkan steak Belanda, memiliki tekstur yang lebih kering dan tidak terlalu manis. Sama hal nya dengan steak-steak pada umumnya.

7. Sup Kacang Merah - Sup Brenebon

7 Cemilan Indonesia Yang Memiliki Kembaran di Belanda - selerasa
Photo Source: selerasa
Pada dasarnya kedua sup ini berbahan dasar kacang merah. Walaupun makanan ini mirip, istilah brenebon masih terdengar asing di beberapa telinga masyarakat Indonesia.
Perbedaan dari kedua sup ini adalah warna dari air yang ada di dalamnya. Sup Brenebon memiliki tekstur yang lebih kental dan creamy, sedangkan sup kacang merah ala Indonesia lebih gravy dan cair.

8. Risol - Rissoles

7 Cemilan Indonesia Yang Memiliki Kembaran di Belanda - beritainfo
Photo Source: beritainfo
Rissoles mirip dengan cemilan gurih yang sering disebut jajanan pasar ini biasanya berisi daging cincang atau sayuran. Dibungkus oleh adonan kue dadar dan dilapisi kocokan telur ayam dan tepung panir, agar terasa lebih crunchy saat digoreng.
Sedangkan Risol, cemilan yang terkenal di Indonesia ini berisikan ragout yang terbuat dari daging ayam, wortel, kentang, susu dan mentega.
Qraved | Life is Tasty