Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

6 Restoran Sunda di Jakarta untuk Buka Puasa Bareng Keluarga

Happy FerdianHappy Ferdian
restoran sunda di jakarta - Photo 1
sbykulinerinfo
Olahan ikan tawar dan aneka sayuran adalah dua hal utama yang paling diingat ketika menyebut tentang restoran khas Sunda. Tradisi kuliner masyarakat di wilayah Jawa Barat itu terkenal akan cita rasa gurih, namun dengan tekstur saus dan kuah yang tidak berat. Kuliner Sunda juga terkenal dengan lalapannya, alias kebiasaan mengudap sayuran mentah sebagai menu pendamping. Berikut adalah enam restoran khas Sunda di Jakarta yang cocok untuk santap bareng keluarga atau sahabat, termasuk sebagai lokasi bukber yang seru.
Jangan lupa download aplikasi Qraved untuk temukan beragam informasi kuliner menarik lainnya.
 - Photo 2View All Photos
Photo Source:  @ericekos
Jaringan restoran yang berawal dari sebuah rumah makan di kawasan Kebon Kalapa, Bandung, ini telah memiliki banyak cabang di berbagai kota besar di seluruh Indonesia. Menu yang ditawarkan sebagian besar berupa hidangan khas Sunda, dengan beberapa tambahan dari ragam masakan Nusantara. Cobain deh Paket Botram yang merupakan menu liwetan khas Sunda, yang bisa dipesan untuk bersantap hingga 10 orang. Ada dua jenis paket botram yang ditawarkan, yakni Botram Raos dengan 10 menu, atau Botram Nikmat dengan 11 lauk. Semuanya free sambal, lalapan, dan kerupuk aci. Ada juga paket-paket makan lainnya dengan harga bervariasi sesuai pilihan lauk.
 - Photo 3View All Photos
Photo Source:  @eatandcouple
Nama restoran ini diambil dari resep sambal khas daerah Cibiuk, Garut, yang terkenal punya rasa pedas menantang. Sambal ini termasuk jenis sambal dadak, yang diracik sesaat sebelum disantap, dengan bahan baku utama berupa cabai rawit, bawang merah dan putih, tomat hijau, dan garam. Di Jakarta, restoran ini membuka cabang di kawasan Tebet, dengan beberapa menu yang paling difavoritkan adalah Gepuk (Rp 22.000), Ayam Goreng Kampung (Rp 18.000), Gurame Goreng Pedas (Rp 70.000), dan Kangkung Tauco Hot Plate (Rp 20.000).
 - Photo 4View All Photos
Photo Source:  @eatoutbdg
Di Jakarta, restoran ini membuka cabang di bilangan Jalan RC Veteran dan Jalan Alternatif Cibubur. Restorannya mudah dikenali dengan papan warna merah menyala, yang dihiasi oleh sosok kartun pria Sunda. Cobain deh Sup Ikan Gurame (Rp 90.000) yang jadi salah satu menu andalan di sini, di mana gurih dan lembutnya daging ikan gurame berpadu sempurna dengan kuah kental yang sedikit pedas. Jangan lupa juga mencicipi Sambal Dadak Special Mang Kabayan (Rp 11.000) yang punya ciri khas pedas segar. Beberapa menu lain yang tidak kalah nikmat untuk dicoba adalah Bandeng Cabut Duri Bumbu Rica-Rica (Rp 60.000), Udang Bakar Madu (Rp 79.500), dan Nasi Timbel Komplit Ayam (Rp 41.500).
 - Photo 5View All Photos
Photo Source:  @foodiaryme
Ini adalah jaringan restora yang terkenal dengan sistem saung dan telaga asri, yang cocok untuk dijadikan tempat bersantap sekaligus bersantai dengan keluarga atau handai taulan. Ikan gurame adalah bahan baku primadona di restoran ini, yang hadir dalam 17 kreasi olahan. Beberapa menu yang difavoritkan adalah Gurame Bumbu Cobek (Rp 97.500), Gurame Bakar Madu (Rp 97.500), dan Gurame Goreng Sambal Terasi Dadak (Rp 105.500). Restoran ini juga dua jenis menu paket, yang tersedia untuk konsumsi 2-6 orang, di mana cocok untuk momen santap bersama yang berkualitas.
 - Photo 6View All Photos
Photo Source:  @ericklim
Sesuai namanya, restoran ini secara khusus menyajikan beragam olahan ikan air tawar yang dimasak dengan gaya Cianjur, yakni dibakar dalam bumbu minimalis, dan kemudian disantao bersama dengan sambal pedas. Cobain deh beragam kreasi olahan ikan nila yang lezat menggoda, seperti Nila Bakar (Rp 110.000), Nila Goreng Siram Saus (Rp 110.000), dan Nila Pesmol (Rp 110.000), yang semuanya hadir dalam bentuk paket makan lengkap. Beberapa menu lain yang tidak kalah lezat untuk dicoba adalah Nasi Liwet (Rp 40.000), Dada Ayam Goreng Bumbu Kuning (Rp 40.000), Tumis Daun Ubi (Rp 32.000), dan Gurame Sop (Rp 110.000).
 - Photo 7View All Photos
Photo Source:  @riungsunda
Berbeda dengan restoran khas Sunda pada umumnya, di sini kamu bisa dengan mudah menemukan beragam hidangan tradisional dari seluruh penjuru Bumi Parahyangan. Empal Suwir (Rp 25.000) adalah menu yang paling difavoritkan di sini, di mana diolah dengan bumbu ketumbar yang khas, dan dimasak sedemikian rupa sehingga seratnya terurai dengan baik. Gurame Goreng (Rp 85.000) yang dibentuk sangat cantik. Jangan lupa juga untuk mencicipi aneka nasi bakarnya yang melegenda, seperti Nasi Bakar Jambal (Rp 28.000), Nasi Bakar Cumi (Rp 28.000), dan Nasi bakar Empal (Rp 28.000).