Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

5 Sop Buntut Paling Enak di Jakarta Buat Disruput Pas lagi Hujan

Happy FerdianHappy Ferdian
Selama ini, kebanyakan orang menganggap bahwa sop buntut merupakan hidangan khas Indonesia. Padahal jika ditilik dari sejarahnya, sop buntut sejatinya merupakan sajian hasil akulturasi berbagai budaya. Ada yang menyebut sop buntut berasal dari China dan Korea, namun menurut banyak pakar kuliner, sajian ini justru berasal dari Amerika Selatan, yang salah satunya dibuktikan melalui temuan artefak kuno Suku Inca, yang memuat gambaran tentang sop buntut. Meski berbeda bumbu, namun seluruh sop buntut memiliki beberapa kesamaan dalam bahan baku, yakni kerap menggunakan potongan wortel, seledri, dan kentang sebagai penambah kelezatan.
Buat kamu yang penasaran ingin mencoba beragam kreasi lezat sop buntut, maka lima rekomendasi di bawah ini bisa menjadi opsi terbaik. Selamat makan!
Pernah nggak sih terbayang, bagaimana jadinya jika sop buntut bisa dikreasikan menjadi beragam menu unik dan lezat? Sepertinya hal itu cuma ada di Chop Buntut Cak Yo, yang punya belasan kreasi sop buntut lezat. Untuk kelezatan maksimal, kamu bisa cicipi Sop Buntut Spesial seharga Rp 62.800 -- dan bisa kamu upgrade ke porsi lebih besar, dengan isiang potongan buntut ‘raksasa’, dan kuah kaldu yang super gurih. Tapi, jika ingin mencicipi sajian buntut sapi yang unik, Bakso Buntut dan Rusuk Sum-Sum yang dibanderol dengan harga Rp 38 ribu adalah pilihan terbaik. Daging baksonya kenyal banget, namun terasa lumer ketika dikunyah. Selain menu Sop Buntut dan Bakso Buntut, cobain juga varian menu Nasi Goreng Bakar, Mie Goreng Bakar, Nasi Daun Asap, dan masih banyak lainnya.
Tidak perlu lagi jauh-jauh pergi ke Hotel Borobudur untuk bisa menikmati Sop Buntut legendaris racikan Bogor Cafe. Karena kini, sajian istimewa tersebut bisa kamu nikmati di cabang terbarunya di Pacific Place Mall lantai 5. Sop Buntut yang disajikan dijamin sama enaknya dengan yang d Hotel Borobudur. Buntut sapi yang digunakan selalu terjamin kesegarannya, yang bisa dibuktikan dari kuah beningnya yang bercita rasa light, namun tetap kuat akan bumbu gurihnya. Selain sop buntut, cobia juga beberapa menu favorit lainnya di sini seperti Buntut Penyet dan Steak Nusantara.
Sangat mudah menemukan puluhan cabang restoran ini di seantero Jabodetabek. Berdiri selama hampir tiga dekade, kualitas masakan yang tersaji selalu konsisten, termasuk menu sop buntut yang cukup difavoritkan. Tidak ada embel-embel khusus, sop buntut di restoran ini disajikan sesuai dengan resep aslinya, yang berisi potongan dadu kentang dan wortel, serta taburan seledri yang menciptakan aroma harum. Sop Buntut akan semakin nikmat ketika disantap dengan nasi hangat, sambal tomat, dan emping melinjo yang renyah.
Siapa sangka jika ternyata sop buntut juga disukai oleh masyarakat Betawi. Pembeda utama dengan sop buntut pada umumnya adalah kuah yang lebih pekat dan sedikit terasa manis. Kamu bisa memilih daging buntut sapi diolah dengan cara direbus, digoreng, atau dipanggang, semuanya enak. Jika memilih buntut sapi rebus, maka kamu akan mendapat sensasi kaldu yang lebih pekat. Sementara, jika memilih buntut sapi yang digoreng atau dipanggang, maka kamu akan menemukan tambahan cita rasa bumbu yang kian menggigit. Yummy!
Berawal dari sebuah lapak sederhana di kawasan Senayan pada dekade 1980-an, sop buntut racikan Ibu Samin menjelma menjadi salah satu sajian legendaris ibu kota. Kini, Ibu Samino telah mengembangkan usahanya menjadi jaringan restoran yang cabangnya tersebar di seantero Jabodetabek, termasuk di Sarinah Thamrin yang kerap menjadi lokasi santap siap favorit pekerja kantoran di sekitarnya. Terdapat sembilan jenis sop buntut yang ditawarkan, di mana beberapa yang paling recommended adalah Sop Buntut Kuah Legendaris, Sop Buntut Goreng, dan Sop Buntut Special Sambel Ijo.