Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

5 Se'i Sapi Paling Enak di Jakarta yang Wajib Kamu Coba

Happy FerdianHappy Ferdian
Pernah mendengar istilah se'i? Ini adalah daging asap khas Nusa Tenggara Timur, tepatnya dari Pulau Rote. Pembuatan se'i hampir serupa dengan mangut ikan di Jawa, yakni dengan cara diasap di atas bekas pembakaran kayu. Dulunya, se'i dibuat dari daging rusa, dan kerap menjadi makanan utama bagi masyarakat Rote ketika berburu, membuka lahan pertanian, atau melaut. Namun, karena populasi rusa kini dilindungi, se'i pun kemudian dibuat dari pilihan daging babi atau sapi. Untuk yang terakhir disebut, pamornya mulai menanjak di ibu kota, di mana beberapa produsen rumahan mencoba menawarkan racikan menu berbahan baku se'i sapi via online. Berikut adalah lima se'i sapi paling lezat di Jakarta, yang bisa kamu pesan via Go-Food.
Jangan lupa download aplikasi Qraved untuk temukan beragam informasi kuliner menarik lainnya.
Buat yang sering main ke Pasar Santa, pasti sudah tidak asing dengan kedai yang terletak di lantai 1 ini. Racikannya hanya satu, dan itu sangat otentik. Se'i sapi di sini sedikit lebih tipis, namun dengan campuran bumbu rahasia yang mampu menaikkan cita rasa gurihnya. Digoreng tanpa minyak layaknya bacon, se'i sapi di sini memiliki hasil akhir berupa permukaan berkilau oleh minyak alami, di mana hal itu adalah titik kenikmatan utamanya. Se'i sapi semakin terasa nikmat ketika disantap dengan sambal matah dan tumis bunga pepaya yang sedikit pahit.
Seimoo
 - @seimoo.id
Photo Source: @seimoo.id
Berlokasi di kawasan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, kedai ini dikenal piawai meracik se'i sapi dengan berbagai sajian kekinian. Untuk permulaan, kamu wajib coba Se'i sapi sangrai yang disajikan dengan nasi putih, telur mata sapi (bisa request setengah matang), dan sambal bawang bercitarasa pedas. Se'inya sendiri dipotong dengan ukuran yang pas, tidak terlalu tipis atau tebal, dengan serat yang masih cukup terasa. Ada sedikit rasa lada hitam di se'i tersebut, yang kian meningkatkan kenikmatannya. Dua menu lainnya juga tdiak kalah lezat, yakni Se'i Sapi Mozarella dan Indomie Goreng Se'i Sapi.
Sei Sapi Narama
 - @seisapinarama
Photo Source: @seisapinarama
Berdiri sejak sekitar dua bulan lalu, kedai yang berlokasi di Lebak Bulus ini memiliki racikan menu se'i sapi yang otentik, di mana turut menyertakan Sambal Lu'at di dalamnya. Ini merupakan sambal khas Nusa Tenggara Timur yang terbuat dari perpaduan cabai rawit, jeruk nipis, dan daun kemangi. Rasa asam pedasnya mampu menyeimbangkan karakter se'i sapi yang cukup berminyak. Ada tiga menu utama yang bisa kamu pesan di sini, yakni Nasi Se'i Sapi, Mie Se'i Sapi, dan Jumbo Se'i Sapi. Masing-masing menu dapat memilih antara sambal matah atau sambal lu'at sebagai kondimen.
Sei Salera
 - @seisalera
Photo Source: @seisalera
Bisa jadi, produsen ini adalah penyedia menu racikan se'i sapi paling komplit. Disetiap porsi yang dipesan, kamu akan mendapatkan semangkuk nasi hangat dengan topping irisan melimpah se'i sapi, tumis daun singkong pedas, serta irisan panjang wortel yang ditumis cepat. Tidak lupa sambal matah dengan siraman minyak kelapa panas menambahkan sensasi pedas gurih yang luar biasa nikmat. Ketika diaduk dan disantap bersamaan, dijamin hati bakal bahagia karenanya. Super enak!
Se.Ko.Tak
 - @foodinrupiah
Photo Source: @foodinrupiah
Coba deh kamu ketik se'i sapi Jakarta di kotak pencarian tanda pagar (tagar) di Instagram, di mana nama merek ini muncul paling banyak, dan ternyata memang cukup laris dipesan via Go-Food. Kabar baiknya, satu porsi Nasi Se'i Sapi di sini terbilang cukup terjangkau, yakni hanya Rp 35.000 per mangkuk, yang bisa diantar ke seluruh penjuru ibu kota. Se'i sapinya juga merupakan buatan sendiri, yang dipastikan halal dan selalu terbuat dari bahan baku terbaik. Kamu bisa memilih salah satu dari tiga kondimen andalannya, yakni sambal lu'at, sambal ijo, dan sambal rica.