Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

5 Roti Jadul di Jakarta yang Siap Bangkitkan Kenangan Lama

Ody MuhammadOdy Muhammad
Keberadaan gerai roti jadul di Jakarta tampaknya mesti berhadapan dengan membludaknya gerai roti kekinian. Dan dari sekian banyak gerai roti legendaris yang ada, beberapa tempat berikut terbukti masih eksis dan mempertahankan cita rasa dengan resep rahasia dari si empunya. Sehingga saat pelanggan kembali mencobanya, seakan membawa kenangan yang manis dari sepotong roti jadul pengantar nostalgia. Buat informasi kuliner lainnya, pastikan kamu sudah download Qraved app.
Roti jadul satu ini tetap eksis walaupun hanya memiliki beberapa cabang yang masih buka di Jakarta. Roti Lauw masih mondar-mandir di pinggir jalan dan area perumahan karena dibawa dengan menggunakan gerobak sepeda berkaca oleh penjualnya. Sudah ada sejak tahun 1940-an, tidak membuatnya merubah komposisi dan cita rasa aslinya demi memanjakan lidah para pelanggan setianya.
Satu lagi yang sudah terkenal sebagai produsen roti jadul khususnya di Bogor dan Jakarta adalah Tan Ek Tjoan. Berdiri sejak 1921 di daerah Surya Kencana, Bogor, membuatnya mudah terkenal karena kurangnya persaingan antar produsen roti pada waktu itu. Diyakini sebagai salah satu roti tertua yang masih ada, Tan Ek Tjoan masih membuka beberapa gerai, salah satunya di Ciputat Timur yang tak pernah sepi pengunjung.
Di Jl. Kramat II No. 2, Senen, Jakarta Pusat ada satu toko roti yang menjual dan memproduksi roti jadul Eropa. Walaupun terkesan modern, tapi interior dari Maison Weiner sendiri tetap mengusung tema yang lawas. Toko roti yang didirikan sejak 1932 ini punya best seller ntbijtkoek, rollade mocca botercreme, dan “roti sehat”. Menariknya, jika kamu datang di hari Sabtu, ada diskon 30% untuk semua jenis roti yang tersedia.
Toko Roti Tegal juga merupakan salah satu toko roti jadul yang konsep dan bangunannya tetap dipertahankan sejak 1968. Roti yang dijual pun masih tetap sama komposisinya. Buka dari jam 7 pagi hingga jam 7 malam, membuat roti yang dipajang adalah roti yang memang masih fresh setiap harinya.
Last but not least, ada Sakura Anpan yang mulai beroperasi sejak 1970-an di Jl. Sabang No. 25A, Menteng, Jakarta Pusat. Walaupun terkesan lebih modern dibanding toko roti jadul lainnya, tapi tekstur dari rotinya sendiri akan membawamu bernostalgia dengan roti buatan Sakura Anpan.