Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

5 Kuliner Favorit di Beberapa Destinasi Mudik Nusantara

Sharima UmayaSharima Umaya
5 Kuliner Favorit di Beberapa Destinasi Mudik Nusantara1
Shutterstock
Salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu setelah menjalankan ibadah puasa sebulan penuh adalah momen dimana sebagian besar masyarakat Indonesia, mudik ke kampung halaman masing-masing untuk merayakan lebaran.
Selain bersilahturahmi bersama keluarga, gak #beneranmudik kalau kamu gak mencicipi kuliner asli di tempat mudik kamu. Berikut kuliner favorit di beberapa tempat yang biasanya menjadi destinasi mudik bagi warga tanah air.

Jawa Tengah

1. Soto Kudus

2
Photo Source:  resepcaramakan
Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini berasal dari Kudus, Jawa Tengah. Perbedaan yang paling mencolok hidangan ini dengan jenis soto lainnya adalah dari segi penyajian, Soto Kudus disajikan menggunakan mangkok berukuran kecil. Selain itu, kalau biasanya soto identik dengan penggunaan daging sapi atau ayam, Soto Kudus menggunakan daging kerbau yang memberikan rasa yang berbeda dengan soto-soto biasa. Soto Kudus cocok banget dinikmati dengan Caaya varian Revive Me Jasmine yang merupakan teh dengan bahan dasar melati khas dari Jawa Tengah.

2. Nasi Gandul

3
Photo Source:  anakjajan
Mudik ke daerah Pati atau melewati kota Pati? Itu bisa banget jadi alasan buat mampir untuk nyobain Nasi Gandul. Nasi Gandul disajikan dengan menggunakan daun pisang, untuk rasa nasinya sendiri, lebih gurih dari jenis nasi biasa bahkan ada juga yang menambahkan daun pandan agar wangi hidangan ini semakin sedap dan semakin menggugah selera.
Dengan kuah yang segar, ditambah dengan lauk berupa daging sapi yang diolah dengan lezat, gak heran Nasi Gandul dari Pati banyak menjadi favorit. Jangan lupa nikmati Nasi Gandul dengan Caaya Revive Me Jasmine untuk melepas dahaga setelah menyantap Nasi Gandul!

Sumatera

3. Rendang

4
Photo Source:  norecipes
Hidangan yang satu ini kayaknya sudah tidak perlu diperkenalkan. Hidangan ini sudah sangat mendunia sampai-sampai dinobatkan sebagai makanan paling enak nomor satu di dunia. Makanan ini harus banget kamu cobain di daerah asalnya kalau mudik ke Sumatera Barat. Proses pembuatannya yang lama dengan bumbu rempah yang kaya, menghasilkan hidangan yang kaya akan rasa. Untuk menyeimbangkan rasa dari Rendang, Caaya varian Soothe Me Vanilla Pandan yang terinspirasi dari kuliner Sumatra yang seringkali menggunakan santan ini bisa jadi pilihan minuman kamu.

4. Mie Aceh

5
Photo Source:  rumahmesin
Mudik ke Aceh tidak lengkap rasanya juga tidak menikmati Mie Aceh. Mie Aceh terbuat dari mie kuning yang tebal disajikan dengan topping seperti daging sapi, daging kambing, atau seafood seperti udang dan cumi. Kuahnya memiliki konsistensi seperti kuah kari dengan cita rasa gurih dan pedas.

Bali

5. Ayam Betutu

6
Photo Source:  liputan6
Untuk yang doyan pedas, kamu pasti gak mau kelewatan mencoba Ayam Betutu yang berlimpahkan rempah-rempah dengan rasa pedas yang bikin ketagihan.
Keunikan dari Ayam Betutu adalah cara memasaknya. Bumbu Ayam Betutu dimasukkan ke dalam perut ayam kampung kemudian dagingnya dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang menggunakan bara api hingga 24 jam! Nikmati Ayam Betutu khas Bali dengan Caaya varian Power Me Toasted Rice deh, cita rasa beras merah yang disangrai yang unik, cocok untuk dipadukan dengan hidangan yang satu ini.