Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

5 Camilan Legendaris Pontianak yang Bisa Kamu Temukan di Jakarta!

Asteria DitaAsteria Dita
Kamu pasti sudah sering mencicipi kuliner khas Padang ataupun Jawa. Namun, kota-kota lain di Indonesia juga punya banyak makanan khas yang enak, lho! Salah satunya adalah Pontianak. Serunya, kamu nggak perlu jauh-jauh terbang kesana karena disekitar Jakarta pun ada kok. Penasaran dengan kuliner khas Kota Khatulistiwa ini? Langsung saja sambangi enam tempat berikut.
Choi pan merupakan salah satu camilan khas Pontianak yang punya rasa gurih dan manis. Paling enak jika disantap dengan taburan bawang putih cincang dan sambal yang manis pedas. Tekstur kulit yang kenyal dengan isi yang terbuat dari bengkuang, kucai, atau lebung ditambah ebi dan sayuran menghasilkan rasa yang begitu nikmat. Harganya sangat murah, yaitu Rp 2k per buah. Langsung datang dan borong deh biar puas icip-icip!
Mau camilan yang manis dan garing? Kamu bisa coba pisang goreng asli Pontianak yang sudah terkenal banget ini. Hanya dengan Rp 4k per buah, kamu bisa menyantap pisang kipas nan renyah sambil bernostalgia dengan jajanan khas Pontianak. Kremes dan kriuknya pisang cocok banget buat nemenin saat santai kamu.
Salah satu makanan khas Pontianak yang tak kalah ajib, yaitu Lek Tau Suan. Makanan ini terbuat dari kacang hijau kupas yang dimasak dengan kuah kental bening dari tepung tapioka. Semakin sempurna karena dicampur dengan gula dan pandan. Biasanya dihidangkan bersama cakwe goreng yang garing. Aromanya yang khas akan semakin terasa jika disantap selagi hangat. Satu mangkuk Lek Tau Suan bisa kamu dapatkan seharga Rp 15k.
Saat udara panas, pas banget cari minuman yang segar-segar kaya ce hun tiau. Menu dessert ini terbuat dari tepung ubi dan tambahan pati sagu, teksturnya kenyal dan mirip seperti bihun. Dalam satu mangkok juga ditambahkan kacang merah, ketan hitam, dan bongko yang terbuat dari tepung hungkwe. Tampilannya mirip seperti cendol karena disantap dengan kuah santan yang gurih dan gula yang legit. Hmmm segarnya terasa di tenggorokan deh! Harganya cuma Rp 15k per mangkuk lho.

5. Kwecap Sisi

5 - velicious
Photo Source: velicious
Kalau kamu sedang berada di kawasan kuliner Loksem Pangeran Jayakarta JP-19, Jl. Pangeran Jayakarta No. 111, Sawah Besar, kamu wajib coba menu yang satu ini. Kwecap merupakan potongan kwetiau yang disiram kuah dari kaldu tulang babi dan minyak babi. Lengkap disajikan dengan lembaran kulit babi goreng kering yang sudah direbus serta taburan bawang putih goreng yang renyah. Satu mangkuk kwecap seharga Rp 25k bisa banget jadi pilihan kamu untuk menghangatkan badan.