Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

5 Bubur Nusantara di Jakarta dengan Rasa yang Autentik

Asteria DitaAsteria Dita
5 Bubur Nusantara di Jakarta dengan Rasa yang Autentik1
tukangngider
Berbagai macam kuliner khas Nusantara dari Sabang sampai Merauke memang punya cita rasa yang autentik. Salah satunya menu bubur yang kaya akan rempah dan varian yang unik di seluruh pelosok Indonesia. Kamu udah pernah cobain bubur dari daerah mana saja nih? Kalau penasaran sama rasanya, yuk kita jelajah bubur khas Nusantara, tapi nggak perlu jauh-jauh kok di sekitaran Jakarta aja.
2
Photo Source:  kulinerjktmurah
Bubur kampiun merupakan menu sarapan andalan khas daerah Minangkabau tepatnya di Bukittinggi. Bubur ini terdiri atas beberapa campuran bubur yang berpadu jadi satu dan menghasilkan cita rasa yang gurih dan manis. Di kedai ini satu porsi bubur kampiun dibanderol seharga Rp 18k dan terdiri berbagai macam isian seperti bubur sumsum, bubur kacang hijau, candil, sarikaya, pacar cina, pisang, dan ketan. Kuah gula santan yang gurih dan manis bakal bikin kamu makin doyan deh sama bubur yang satu ini.
3
Photo Source:  Manadonese Food By BOX Inc
Usaha kuliner milik artis cantik AgnezMo ini mengedepankan menu-menu autentik dan fusion khas Manado. Salah satu yang bisa kamu icip adalah bubur manado seharga Rp 25k. Bubur berisi berbagai macam sayuran ini lebih nikmat disantap dengan sambal roa dan ikan asin. Kamu juga bisa pilih tingkat kepedasan sambal roa mulai dari level 1 sampai 3. Semangkuk bubur hangat dengan porsi yang pas cocok banget disantap untuk menu sarapan kamu.
4
Photo Source:  kulinerjktmurah
Walaupun bukan asli daerah dan merupakan kuliner inovasi, tetapi bubur jagung olahan pengusaha muslim asal Aceh ini sudah banyak peminatnya. Tekstur bubur yang lembut dengan kekentalan yang sempurna semakin komplit dengan rasa manisnya yang pas. Seporsi bubur jagung hangat seharga Rp 20k cocok dinikmati saat sore hari. Porsinya yang cukup banyak bisa jadi salah satu pilihan camilan yang mengenyangkan pula.
5
Photo Source:  hansan30
Serupa tapi tak sama dengan bubur ayam yang biasa dijumpai. Bubur singkawang teksturnya lembut, namun dengan bulir-bulir nasi yang masih utuh dan tidak pecah seperti bubur pada umumnya. Khusus untuk di kedai ini, kamu bisa pilih mau bubur halus atau bubur kasar. Bubur nasi tersebut kemudian dicampur dengan pilihan topping seperti ayam, ikan, dan daging. Tak lupa juga ditambah dengan potongan sayuran. Penyajiannya ditambahkan telur mata sapi setengah matang dan potongan daun bawang di atasnya. Seporsi bubur singkawang dengan bumbu khas dibanderol seharga Rp 22k.

5. Bubur Ase Bang Lopi

6
Photo Source:  myeatandtravelstory.wordpress.com
Bubur khas Betawi ini memang udah jarang banget ditemuin. Sesuai dengan namanya ase alias asinan semur, maka cita rasa dari bubur ini juga merupakan gabungan antara asinan dan semur. Penyajiannya cukup sederhana, bubur dengan kuah semur diberi asinan sayuran tauge dan timun. Tak lupa ditambahkan potongan daging dan taburan kacang goreng. Kerupuknya pun beda dari bubur kebanyakan, yaitu kerupuk merah dan emping. Kuliner yang kaya akan rasa ini bisa kamu cicipi seharga Rp 15k. Tambahan sambal hoah bikin rasanya semakin melekat di lidah.
Alamat: Jl. Kebun Kacang Gg. 3 No. 83, Kebon Kacang, Pasar Gandaria, Tanah Abang, RT.5, Jakarta Pusat