Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

5 Bakmi Jawa di Jakarta yang Bikin Kangen Jogja

Asteria DitaAsteria Dita
Gurih, hangat, dan segar. Makanan yang paling cocok dinikmati saat malam hari ini memang selalu jadi incaran di kota asalnya, Yogyakarta. Dari sekian banyak cara penyajian bakmi khas di seluruh Indonesia, bakmi Jawa punya penggemar fanatiknya tersendiri. Sajian yang biasa disebut bakmi godog alias bakmi rebus ini bisa banget kamu nikmati hanya dengan putar-putar sebentar di sudut kota Jakarta. Penasaran di mana saja lokasinya? Yuk simak baik-baik lima rekomendasi Qraved berikut.
Kuah hangat plus tambahan potongan cabai rawit memang jodoh yang tak terpisahkan. Seperti pada sepiring bakmi godong di warung makan ini yang dimasak masih menggunakan anglo alias kompor tanah liat. Pilihan menu rebusnya ada tiga, yaitu bakmi rebus, bihun rebus, dan bakmi campur rebus. Seporsinya dibanderol seharga Rp 22k saja. Gurihnya kuah bakmi berasal dari kaldu ayam asli tanpa penyedap. Wah, kebayang kan gimana nikmatnya sajian ini.
Bakmi godog biasanya menggunakan topping daging ayam kampung. Dalam seporsinya juga disajikan dengan pelengkap telur, kol, tomat, serta taburan daun bawang dan bawang goreng. Ada dua pilihan menu, bakmi godog biasa yang dibanderol seharga Rp 25k, sedangkan bakmi godong spesial dibanderol seharga Rp 32k. Semakin sedap makan bakmi godog sambil nyeruput wedang uwuh. Uenak tenan!
Makan bakmi godog memang nggak perlu dicampur saus atau sambal, lho. Cukup irisan cabai rawit dan acar timun sudah terasa nendang banget rasanya. Kalau mau yang lebih spesial lagi kamu bisa request tambahan topping spesial, ada paha, sayap, ati ampela, uritan, dan kepala. Cara memasaknya yang masih tradisional menggunakan tungku arang bikin menu ini terasa Jogja banget. Kisaran harga seporsinya mulai dari Rp 21k hingga Rp 30k.
Mampir ke warung makan ini belum afdol kalau belum cobain bakmi godognya. Ada tiga varian bakmi nih, yang biasa, komplet, dan spesial. Kalau mau yang versi spesialnya, kamu sudah bisa langsung menikmati bakmi dengan tambahan topping suwiran daging ayam kampung, telur, ati ampela, bakso, dan sosis. Kisaran harga per porsinya mulai dari Rp 21k hingga Rp 26k. Tekstur bakminya lembut dan kuahnya segar banget. Sedap!
Ini dia salah satu warung bakmi yang bisa dinikmati kapan saja, seperti saat makan siang. Selain disajikan dengan daging ayam kampung, di sini kamu juga bisa mencicipi paduan bakmi godog dengan topping daging sapi. Tinggal pilih deh mau dimasak dengan bakmi atau bihun. Sepiring menu favorit ini punya porsi yang gede dengan potongan daging yang banyak. Cukup merogoh kocek sebesar Rp 26k untuk daging ayam dan Rp 29k untuk daging sapi, langsung deh siap disantap.