Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

5 Bagian Daging Sapi yang Paling Sehat & Sedikit Lemak

Sebastian AtmojoSebastian Atmojo
Daging merah, seperti daging sapi, memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih banyak ketimbang daging putih. Namun, bukan berarti kamu tidak boleh sama sekali mengonsumsinya.
Dari satu ekor sapi, kamu bisa mendapatkan banyak jenis potongan daging dari berbagai bagian. Dan yang perlu diketahui, tiap bagian memiliki kandungan lemak yang berbeda. Kamu tidak perlu menghafal anatomi bagian daging sapi untuk mengetahui daging mana yang paling sedikit lemaknya. Cukup perhatikan seberapa banyak garis-garis putih yang ada di daging tersebut. Semakin banyak garis putih pada daging, maka semakin tinggi pula kandungan lemaknya.
Nah, untuk jelasnya, yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Round

Yuk, Cari Tahu Bagian Daging Sapi yang Paling Sehat dan Sedikit Lemak  - Round
Photo Source: Round
Potongan round atau dikenal dengan penutup memiliki kandungan lemak yang rendah. Hal ini menunjukkan bahwa potongan round memiliki lebih banyak protein yang baik untuk membangun otot. Ada sekitar 28 gram protein dalam setiap 100 gram daging sapi dengan potongan penutup. Mengingat sedikitnya lemak pada potongan ini, cara paling ideal mengolah potongan penutup ialah dengan dijadikan sebagai steak melalui metode memasak braising.

Silverside

Yuk, Cari Tahu Bagian Daging Sapi yang Paling Sehat dan Sedikit Lemak  - Silverside
Photo Source: Silverside
Potongan daging ini cukup baik untuk dikonsumsi sebelum berolah raga atau melakukan aktivitas yang membutuhkan tenaga ekstra. Hal ini karena potongan daging sapi silverside atau gandik mengandung vitamin B2 untuk membakar 'bahan bakar' dalam tubuh dibandingkan menyimpannya.

Rump

Yuk, Cari Tahu Bagian Daging Sapi yang Paling Sehat dan Sedikit Lemak  - Rump
Photo Source: Rump
Ahli diet Gaynor Busell mengatakan, daging sapi merupakan sumber terbaik untuk zat besi dan seng. Di samping itu, temuan terbaru juga menunjukkan bahwa daging sapi dapat menunjang sistem kekebalan tubuh dan memperpendek masa flu jika dikonsumsi secara rutin selama flu. Bagian terbaik untuk mendapatkan manfaat ini ialah potongan rump atau paha belakang sapi. Potongan daging ini juga kerap disebut tanjung.

T-bone

Yuk, Cari Tahu Bagian Daging Sapi yang Paling Sehat dan Sedikit Lemak  - T-Bone
Photo Source: T-Bone
Potongan t-bone atau tulang T pada sapi dapat menjadi opsi yang tepat untuk mendapatkan manfaat kolesterol baik dalam produksi hormon testosteron pada pria. Artinya, konsumsi potongan tulang T setiap minggu cukup untuk menunjang kekuatan seksual pada pria.

Chuck

Yuk, Cari Tahu Bagian Daging Sapi yang Paling Sehat dan Sedikit Lemak  - Chuck
Photo Source: Chuck
Tak hanya ikan yang dapat membantu mendorong kemampuan otak melalui asam lemak. Daging sapi, khususnya bagian chuck yang dikenal sebagai leher atau pundak sapi, juga dapat memberi manfaat bagi kesehatan otak. Namun, daging tersebut harus berasal dari sapi yang diternak dengan mengonsumsi rumput, bukan gandum. Pada sapi yang diberi pangan rumput, dagingnya akan mengandung asam lemak omega-3 dan juga lebih banyak omega 6 serta omega-9.