Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

11 Mitos yang Salah Tentang Virus Corona

Iqra RabikaIqra Rabika
mitos virus corona - Photo 1
google.com
Virus Corona yang kini sudah dinyatakan menjadi pandemi oleh WHO ini memang amat mengkhawatirkan. Namun, bukan berarti kamu harus parno dan menyebarkan apa saja yang kamu dapatkan. Karena, ternyata banyak banget mitos-mitos salah yang menjadi hoax tersebar di sosial media dan juga masyarakat.
Nah, jika kamu ingin tau mitos yang salah dan tau lebih banyak tentang Virus Corona atau COVID-19 ini, Qraved sudah merangkumnya dari situs WHO nih!
1. COVID-19 nggak bisa menyebar di area panas dan lembab
2
Photo Source:  source
Sebelumnya banyak banget beredar kalau COVID-19 nggak bisa menyebar di area panas dan lembab makanya, di Indonesia kasusnya amat sedikit. Namun, hal ini salah total ya! Karena, dari bukti yang ada selama ini ternyata COVID-19 ini bisa menyebar di semua area, termasuk di negara yang memiliki cuaca panas dan lembab seperti Indonesia. Cara paling benar untuk mengeliminasi virus adalah dengan menerapkan hidp bersih seperti rajin mencucui tangan dan nggak menyentuh mata, mulut dan juga hidungmu.
2. Cuaca dingin dan salju bisa membunuh Virus Corona baru
3
Photo Source:  source
Nggak ada alasan sama sekali untuk mempercayai kalau cuaca dingin dan salju bisa membunuh virus. Hal ini karena temperatur tubuh normal manusia selalu berada di 36.5°C to 37°C walaupun kondisi sekitar lebih panas atau pun dingin.
3. Mandi air panas mencegah Virus Corona baru
4
Photo Source:  source
Banyak yang percaya kalau mandi air panas bisa mencegah COVID-19 karena temperatur tubuhmu akan tetap walaupun kamu mandi air panas, malahan kalau kamu mandi dengan air yang terlalu panas itu bisa membakar kulitmu.
4. Virus Corona bisa menular melalui gigitan nyamuk
5
Photo Source:  source
Sampai hari ini belum ada informasi dan bukti kalau gigitan nyamuk dapat menularkan Virus Corona. COVID-19 adalah virus pernapasan yang menular melalui tetesan dari orang yang batuk atau bersin. .
5. Apakah pengering tangan efektif untuk membunuh Virus Corona?
6
Photo Source:  source
Pengering tangan nggak bisa untuk membunuh Virus Corona. Namun, cara paling efektif untuk melindungi diri dari Virus Corona adalah dengan sering mencuci tangan dengan hand rub berbasis alkohol atau dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan mengeringkannya dengan tisu atau pengering tangan.
6. Apakah sinar ultraviolet bisa membunuh Virus Corona?
7
Photo Source:  source
Sinar UV nggak seharusnya digunakan untuk mensterilkan tangan ataupun anggota tubuh lainnya, karena radiasi dari sinar ultraviolet malah dapat membuat kulitmu iritasi.
7. Seberapa efektif alat pemindai panas tubuh dalam mendeteksi orang yang terinfeksi Virus Corona?
8
Photo Source:  source
Alat pemindai panas tubuh efektif untuk mendeteksi orang yang mengalami demam, mau itu karena Virus Corona atau hal lain. Namun, alat pemindai panas tubuh nggak bisa mendeteksi orang yang sudah terinfeksi namun belum sakit demam, karena Virus Corona membutuhkan waktu 2 hingga 10 hari sebelum orang yang terinfeksi merasa sakit dan demam.
8. Apakah menyemprotkan alkohol atau klorin disekujur tubuh dapat membunuh Virus Corona?
9
Photo Source:  source
Menyemprotkan alkohol atau klorin nggak bakalan membunuh Virus Corona yang sudah masuk kedalam tubuh kamu. Namun, alkohol dan klorin amat berguna untuk membersihkan virus yang berada di luar tubuh asalkan digunakan sesuai anjuran.
9. Apakah menyantap bawang dapat membantu mencegah infeksi dari Virus Corona?
10
Photo Source:  source
Bawang merupakan salah satu makanan sehat dan memiliki bahan anti mikroba, namun belum ada penelitian dan juga bukti dari kejadian Virus Corona ini kalau bawang dapat melindungi dari Virus Corona.
10. Apakah Virus Corona hanya mempengaruhi orang tua atau anak muda juga bisa terkena?
11
Photo Source:  source
Orang dari segala usia dapat terjangkit Virus Corona. Namun, orang tua dan orang yang sudah memiliki penyakit bawaan seperti asma, diabetes, dan penyakit hati lebih rentan menjadi sakit dan terserang virus. Agar lebih waspada, lebih baik semua orang dari segala usia menerapkan pola hidup bersih agar nggak terjangkit Virus Corona!
11. Apakah sudah ada obat untuk mencegah atau menangani Virus Corona?
12
Photo Source:  source
Sampai hari ini, belum ada obat spesifik yang direkomendasikan untuk mengobati ataupun mencegah Virus Corona. Namun, semua yang terinfeksi harus menerima pengobatan dan juga diisolasi agar nggak menularkan ke orang lain.