Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Tak Disangka, Ternyata 5 Makanan Ini Asli dari Jakarta!

Judithya PitanaJudithya Pitana
Tak Disangka, Ternyata 5 Makanan Ini Asli dari Jakarta!1
https://simalesmandi.files.wordpress.com/
Indonesia yang berbentuk negara kepulauan membuatnya memiliki beragam suku dan budaya. Budaya ini tentunya melahirkan cita rasa kuliner yang bervariasi. Hampir setiap daerah memiliki kuliner khasnya masing-masing, tak terkecuali Jakarta. Sebagai kota metropolitan nomor satu di Indonesia sekaligus ibukota negara, Jakarta juga punya makanan khasnya. Mungkin makanan khas Jakarta ini sering kamu dijumpai di daerah-daerah lain, namun sebetulnya asli berasal dari Jakarta. Berikut beberapa contohnya.

Lontong Sayur

Lontong Sayur Jakarta2
Photo Source:  @noraahuang
Pasti kamu sering menjumpai makanan ini tak hanya di Jakarta. Bahkan hidangan sering dijadikan sebagai hidangan khas ketika hari-hari besar. Padahal sebenarnya, hidangan ini adalah makanan khas Jakarta, lho!  Lontong sayur merupakan alternatif untuk mereka yang bosan dengan nasi, walaupun bahan pembuat lontong sama yakni beras, tapi sensasi rasanya berbeda. Lontong sayur disajikan dengan dipotong-potong bundar lalu disiram kuah lodeh. Sayur lodeh yang digunakan adalah labu siam dan kacang. Lauk pelengkapnya adalah telur rebus yang dibumbu ataupun polosan. Lalu ditambah dengan kerupuk di atasnya. Agar lebih beraroma, kamu bisa menambahkannya dengan taburan bawang goreng. 

Nasi Uduk

Nasi Uduk Jakarta3
Photo Source:  @koh_aming
Nasi uduk adalah menu sarapan yang banyak kamu jumpai ketika berkunjung ke Jakarta. Berbeda dari nasi biasa, nasi uduk rasanya lebih gurih karena pembuatannya melibatkan santan dan daun sereh sehingga aroma yang dihasilkan pun juga sangat khas. Nasi uduk terdiri dari tumis sayuran kacang, bihun goreng, sambal goreng tempe, telur goreng yang digulung, kacang, abon, mentimun, dan sambal kacang. Tak lupa juga taburan bawang goreng untuk membuat aromanya semakin harum. Kalau berada di Jakarta, kamu wajib coba nasi uduk khas ini ya, Qravians!

Semur Jengkol

Semur Jengkol Jakarta4
Photo Source:  @mememeyra
Tak hanya daging ayam dan sapi, warga Jakarta juga menyajikan hidangan semur yang bahan utamanya terbuat dari jengkol. Mungkin bahan makanan yang satu ini membuat beberapa orang tidak menyukainya karena baunya yang menyengat. Namun dengan olahan khas Jakarta dengan rasa pedas, akan membuatmu ingin mencoba lezatnya makanan ini dan melupakan baunya. Oh ya Qravians, ada kalanya semur jengkol ini disajikan bersama nasi uduk, lho!

Pindang Bandeng

Pindang Bandeng Jakarta5
Photo Source:  @rindy_
Satu lagi makanan khas Jakarta yang mudah sekali dibuat. Pindang bandeng adalah makanan berkuah namun tidak terlalu berat karena tidak bersantan dan berbahan dasar ikan bandeng. Rasanya manis kecapnya berpadu dengan rasa asam dari air asam Jawa. Pindang bandeng adalah hidangan “segar” yang bisa kamu jadikan menu makan siang. Kamu bisa mengonsumsinya dengan atau tanpa nasi. Kalau kamu suka pedas, ada pindang bandeng yang pembuatannya ditambah dengan beberapa potongan cabe. 

Kerak Telor

Kerak Telor Jakarta6
Photo Source:  @elisulistiawati
Ternyata jajanan yang sering ada di sekolah-sekolah ini berasal dari Jakarta lho, Qravians! Kerak telor adalah makanan khas Jakarta yang terbuat dari adonan beras ketan yang dicampur dengan telur. Kemudian digoreng dan dibentuk menyerupai kerak. Telurnya terdiri dari telur ayam dan telur bebek dan pembeli pun bisa memilih. Kerak telor biasanya ada di tempat-tempat wisata ataupun pada saat ada acara pagelaran tertentu di Jakarta. Pada umumnya, penjual kerak telor bukanlah berupa warung atau depot tetapi pedagang keliling dan yang lebih unik adalah penjual ini berkeliling sambil memikul dagangannya. Agar kerak telor bisa disajikan dalam keadaan hangat, penjual hanya akan memasak ketika ada pembeli yang memesan.