Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Resep Masakan Daging Sapi Mudah untuk Dicoba Weekend Ini!

Judithya PitanaJudithya Pitana
Bisa jadi, daging sapi adalah bahan makanan paling favorit di seluruh dunia. Jika di luar negeri, olahan daging sapi ini bisa menjadi steak dengan harga yang cukup mahal. Tetapi di Indonesia, daging sapi kebanyakan akan diolah untuk jadi makanan rumahan yang variatif. Mulai dari semur daging, rendang, daging lapis sampai dicampur oleh bumbu balado. Salah satu alasan kenapa daging sapi ini di Indonesia sangat variatif adalah budaya cara memasak berbeda-beda di setiap daerahnya. Di Padang, daging sapi jelas digunakan untuk rendang, sedangkan di Jawa kebanyakan daging dimasak menjadi lapis. Nah untuk Qravians yang ingin memasak dan mengolah daging sapi, sekarang kami akan membahas 3 aneka Resep Masakan Daging Sapi yang bisa kamu terapkan di rumah. Apa saja resep tersebut?

Resep Daging Sapi Lada Hitam

Resep Daging Sapi Lada Hitam - @tjhangsharon
Photo Source: @tjhangsharon
Resep Masakan Daging Sapi pertama adalah lada hitam. Kamu mungkin sering menemukan menu daging sapi lada hitam di restoran atau café. Memang daging sapi lada hitam dikenal sebagai menu mewah sehingga banyak digunakan di beberapa restoran besar. Sekarang simak bagaimana cara membuat Resep Masakan Daging Sapi lada hitam.
Bahan: 1 kg daging sapi, 1 buah paprika merah/hijau, 1 ½ bawang bombai, 2 buah cabe merah besar, 2 buah tomat, 3 sendok makan kecap manis, 3 sendok teh lada hitam, Garam & gula secukupnya, Minyak secukupnya. Sementara itu, bumbu yang harus dihaluskan adalah 8 siung bawang merah, 6 siung bawang putih dan 1 ruas jahe.
Cara membuat: Hal pertama yang harus Qravians lakukan adalah cuci bersih daging sapi, lalu rebus sampai empuk. Jika Qravians merasa daging sapi masih keras, coba rebus beberapa menit lagi. Setelah empuk, potong kecil sesuai selera. Setelah itu panaskan minyak dengan api kecil, kemudian masukkan bawang bombai hingga layu. Campurkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi dan aduk hingga rata. Lalu masukkan daging, aduk terus hingga bumbu tercampur rata dengan daging. Tambahkan air sedikit dan masukkan paprika, lombok serta tomat. Setelah itu baru kamu mencampur gula, garam, kecap manis dan lada hitam. Setelah diaduk beberapa menit, cicipi apakah ada rasa yang kurang, dan daging sapi lada hitam siap untuk dihidangkan bersama keluarga.

Resep Daging Sapi Teriyaki

Resep Daging Sapi Teriyaki - @jessizdahbest
Photo Source: @jessizdahbest
Ini adalah Resep Masakan Daging Sapi yang cukup populer di kalangan anak muda. Cara membuatnya cukup mudah, bahkan ada yang hanya dicampur dengan saus teriyaki. Tetapi jika kamu ingin membuat resep daging sapi teriyaki lebih mantap, simak resepnya di bawah ini.
Bahan: 500 gram daging sapi, 100 gram bawang bombai, 3 buah bawang putih, 1 sendok the minyak wijen, minyak goreng secukupnya. Lalu bumbu yang harus dihaluskan adalah 100 cc saus teriyaki, 1 sendok teh air jahe, 3 sendok makan kecap manis, 3 sendok makan gula pasir, dan 1 sendok teh penyedap rasa.
Cara membuat: Potong dahulu daging tipis-tipis. Kemudian masukkan potongan daging ke dalam campurkan saus teriyaki, kecap manis, dan gula pasir. Tunggu sekitar 25-30 menit. Setelah itu, panaskan minyak di penggorengan dan tumis bawang bombai, bawang putih sampai layu dan harum. Di penggorengan lain, panaskan minyak goreng dan minyak wijen. Setelah panas, masukkan campuran daging ke dalam penggorengan. Jika terlihat daging mulai kecokelatan, campurkan tumisan bawang bombai ke dalam penggorengan. Aduk secara merata sampai 10 menit sampai aroma harum keluar, dan daging sapi teriyaki siap dihidangkan.

Resep Daging Sapi Cincang

Resep Dading Sapi Cincang - @lois_chengzi
Photo Source: @lois_chengzi
Resep terakhir adalah daging sapi cincang. Biasanya resep ini digunakan oleh masyarakat di Jawa Tengah dan Jawa Timur untuk dibuat olahan bakso atau dipotong kecil-kecil agar bisa dimakan oleh orang banyak. Nah untuk kamu yang penasaran bagaimana resepnya, yuk simak resep daging sapi cincang di bawah ini.
Bahan: 750 gram daging sapi, 3 lembar daun salam dan daun jeruk 2 batang serai dan lengkuas, 2 sendok makan kecap manis, minyak goreng secukupnya. Bahan yang harus dihaluskan: 4 siung bawang putih dan bawang merah, 5 butir kemiri, 4 buah cabai merah, ½ sendok teh merica, ¼ butir pala dan garam.
Cara membuat: Cuci bersih daging sapi, lalu cincang atau potong kecil-kecil. Panaskan air sampai mendidih, kemudian masukkan daging dan tunggu 15 menit. Tumis bumbu yang harus dihaluskan di atas. Tambahkan serai, lengkuas, daun salam dan daun jeruk. Tumis sampai harum. Setelah itu masukkan bumbu yang telah ditumis tersebut ke dalam rebusan daging. Aduk pelan-pelan dan tambahkan kecap. Aduk perlahan-lahan sampai kuah sedikit berkurang dan pastikan daging sudah empuk. Daging sapi cincang sudah siap untuk dihadangkan.