Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Mengenal Jajanan Khas Batak yang Mungkin Belum Pernah Kamu Coba

Chandra WijayaChandra Wijaya
Mengenal Jajanan Khas Batak yang Mungkin Belum Pernah Kamu Coba1
tobatabo.com
Kuliner itu bagian dari kebudayaan. Setelah selama ini kita sering menikmati makanan khas Padang, Chinese, Jawa, dan lain-lain, makanan khas Batak juga cukup mudah ditemukan di Jakarta. Tapi bagaimana kalau jajanannya? Banyak juga lho cita rasa baru dari jajanan khas Batak yang wajib kamu ketahui. Coba lihat, semua jajanan ini wajib kamu buru sekarang!

Mie Gomak

2
Photo Source:  My World
Mari kita mulai dari makanan khas Tapanuli. Nah saat dilihat dari fotonya, Mie Gomak ini memang sekilas seperti mie Aceh ataupun spaghetti a la Tanah Batak. Namun mengapa namanya Mie Gomak, ya? Ada yang berpendapat kalau nama gomak karena proses penyajiannya yang dilakukan dengan cara digomak-gomak atau diaduk, dijumput, dan digenggam pakai tangan. Sedangkan dari segi bumbu tersaji kuah dan sambala. 

Kue Lampet

3
Photo Source:  tobatabo.com
Siapa yang tak kenal kue Lampet? Jangan salah, penyebutannya dengan kata lappet, ya. Namun apapun itu, kue ini memang bersahabat sekali di lidah kita berkat olahan tepung beras, kelapa, dan gula merah. Disantap saat pagi hari ataupun sore sungguh luar biasa!

Pohul-pohul

4
Photo Source:  @janneramoz
Selain Lampet, ada pula Pohul-pohul. Sebenarnya kedua kue ini hampir serupa, hanya saja penampilannya yang berbeda. Lappet biasa dimasak dalam daun pisang berbentuk kerucut, sedangkan pohul-pohul dibuat berbentuk kepala tangan. Hal ini dikarenakan prosesnya yang berasal dari kepalan tangan. Buat kamu yang bukan suku Batak, Pohul-pohul sendiri memang berarti kepalan tangan.

Ombus-ombus

5
Photo Source:  gobatak.com
Makanan ini juga tak kalah terkenal. Ombus-ombus, jajanan khas Batak yang berasal dari Siborongborong, Tanapuli Utara. Kue ini terbuat dari tepung beras yang berisi gula merah di tengah, lalu dibungkus dengan daun pisang. Bisa dibilang, jajanan seperti ini tak terkalahkan dibanding kue-kue modern saat ini.

Sasagun

6
Photo Source:  resep masakan tradisional indonesia
Sedangkan Sasagun, makanan ini terbuat dari tepung beras yang digongseng dengan kelapa, lalu dicampur gula merah atau aren. Makanan ini juga biasa dinikmati bersama nanas atau durian. Nyam!

Dali Ni Horbo

7
Photo Source:  bonanipasogit
Kenali juga, Dali Ni Horbo atau juga dikenal Bagot Ni Horbo. Kudapan ini berupa olahan air susu kerbau dengan teknik tradisional. Buat kamu yang bepergian ke daerah Tapanuli, pasti sering menjumpai jajanan ini di berbagai rumah makan. Entah kenapa, bikin susah berhenti ngunyah!