Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Makanan Rendah Kalori Ini Akan Menyelamatkanmu Dari Kegemukan

Judithya PitanaJudithya Pitana
Makanan Rendah Kalori Ini Akan Menyelamatkanmu Dari Kegemukan1
Makanan Rendah Kalori Ini Akan Menyelamatkanmu Dari Kegemukan
Menurut Departemen Kesehatan RI, setiap manusia membutuhkan setidaknya 2000 kkalori per harinya. Guna dari kalori adalah untuk menghitung keseimbangan energi yang digunakan oleh tubuh. Jika jumlah kalori yang masuk lebih besar daripada kalori yang digunakan, tentu berat badan akan naik. Begitu juga sebaliknya, jika konsumsi kalori lebih kecil berat badan akan berkurang karena cadangan energi dari lemak akan digunakan. Itulah alasan kenapa anak muda zaman sekarang lebih memilih makanan yang rendah kalori agar berat badan tetap terjaga. Tetapi terkadang, makan makanan yang rendah kalori ini malah membuat badan lemas dan tak bertenaga. Oleh karena itu sekarang kita akan membahas apa saja Makanan Rendah Kalori yang tidak hanya akan menyelamatkanmu dari kegemukan, tetapi juga lebih mengenyangkan. (Penulis.ID)

Beras Hitam

Beras Hitam2
Photo Source:  @stuffieat_inglewood
Beras putih memang lebih mengenyangkan, tetapi jumlah kalori di beras putih ini cukup tinggi lho Qravians. Nah untuk menyiasati jumlah kalori yang ada di beras putih, kamu bisa menggunakan beras hitam. Menariknya, beras hitam ini mengandung serat dan antioksidan lebih banyak daripada beras putih biasa. Jumlah kalori dari setengah gelas beras hitam ini hanya 90 kalori, jika dibandingkan dengan beras putih yang mencapai 102 kalori.

Gandum

Gandum3
Photo Source:  @wheatgrass_seed
Selanjutnya adalah gandum. Makanan yang mengandung gandum adalah oatmeal dan juga beras merah. Mengonsumsi gandum di pagi hari akan cukup untuk mengenyangkan perut hingga makan siang tiba. Gandum ini mengandung serat yang berguna untuk menyeimbangkan kadar gula di dalam tubuh. Jika kamu merasa hanya makan oatmeal dan beras merah kurang kenyang, kamu bisa mencampurkan sedikit susu di sarapan pagi kamu.

Sayuran Hijau

Sayuran Hijau4
Photo Source:  @kuechenfee_kbg
Hampir semua sayuran hijau ini mempunyai kalori yang sedikit. Misalnya sayur bayam, selada, brokoli dan kubis. Menurut ahli gizi Neal Barnard, M.D yang menulis buku Foods That Cause You to Lose Weight menyebutkan setengah piring kecil brokoli hanya mengandung 25 kalori. Tidak hanya rendah kalori, sayur-sayuran juga mempunyai vitamin yang baik bagi tubuh. Sayur bayam misalnya, mengandung asam folat dan vitamin K yang bagus untuk tulang. Jadi kamu bisa membuat alternatif sarapan pagi dengan makan sayur-sayuran. Sebagai tips tambahan, kamu bisa membuat salad sendiri di rumah untuk menjaga tubuh kamu tetap sehat dan berat badan terjaga

Kacang

Kacang5
Photo Source:  @nutsfornuts.id
Makanan selanjutnya yang rendah kalori adalah kacang. Hampir semua jenis kacang ini bagus untuk kamu konsumsi, mulai dari kacang walnut, kacang mete, kacang panjang dan kacang hazelnut. Serat yang terkandung di dalam kacang akan membuat kamu cepat kenyang. Selain itu nutrisi, karbohidrat kompleks serta zat antioksidan juga bagus untuk tubuh kamu Qravians.

Tomat dan Wortel

Wortel6
Photo Source:  @stuffieat_inglewood
Makanan Rendah Kalori selanjutnya adalah tomat dan wortel. Tomat memiliki vitamin C dan kalium yang bagus untuk kulit kamu. Sedangkan wortel mengandung vitamin A yang sangat baik untuk mata. Cara mengonsumsi tomat dan wortel ini adalah dengan mengolahnya menjadi jus. Buat jus tomat dan wortel di pagi hari atau di sore hari.