Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Makanan Ibu Hamil Ini Akan Bikin Bayi Lebih Pintar

Judithya PitanaJudithya Pitana
Makanan Ibu Hamil Ini Akan Bikin Bayi Lebih Pintar1
Makanan Ibu Hamil Ini Akan Bikin Bayi Lebih Pintar
Pada saat mulai berbadan dua, satu hal penting yang harus kamu jaga adalah pola makan. Kamu harus lebih berhati-hati dan memperhatikan nutrisi sebelum memilih makanan. Hal ini disebabkan karena bukan hanya kamu saja yang akan memakannya, tapi janinmu juga akan mendapatkan nutrisi untuk ini. Oleh sebab itu, kamu harus lebih selektif dalam memilih makanan. Makanan yang kamu makan di saat hamil bisa berpengaruh pada perkembangan bayi. Memiliki bayi yang cerdas adalah idaman setiap seorang calon ibu di dunia. Hal ini bisa kamu wujudkan sejak bayi dalam kandungan yakni melalui makanan. Berikut makanan ibu hamil yang bisa membuat bayi cerdas saat lahir.

Salmon

Salmon En Croute2
Photo Source: 
Salmon adalah ikan laut yang mengandung omega 3 dalam jumlah yang lebih banyak dibanding ikan lainnya. Omega 3 yang sangat diperlukan janin untuk perkembangan saraf, mata, dan otak. Kalau kamu sering mengonsumsi ikan salmon, maka asupan omega tiga yang diperlukan janinmu untuk berkembang juga akan terpenuhi. Tapi ingat, ketika kamu memasak ikan yang satu ini, jangan terlalu matang, ya agar kamu bisa mendapatkan manfaat nutrisinya secara maksimal. Bagi kamu sendiri yang mengonsumsinya, salmon ini juga bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung koroner. 

Daging

Steak3
Photo Source: 
Tubuh yang kekurangan zat besi membuat penyerapan oksigen dan makanan kurang maksimal. Hal ini disebabkan karena jumlah darah tidak memadai. Daging adalah sumber protein dan zat besi yang penting untuk tubuh. Ketika hamil, tubuh memerlukan lebih banyak zat besi karena darah harus bekerja lebih keras untuk menyalurkan oksigen dan sari makanan agar bisa sampai ke janin. Oleh sebab itu, kamu perlu memperbanyak asupan zat besi. Daging merah bisa kamu nikmati dalam bentuk steak, digoreng, atau ditumis. 

Tahu Tempe

Tahu Tempe4
Photo Source: 
Siapa yang tak kenal dua makanan legendaris ini? tahu dan tempe seakan dua makanan yang selalu ada di waktu yang sama. Di mana ada tahu, di situ ada tempe. Keduanya terbuat dari kacang kedelai yang kaya akan protein nabati. Selama hamil, kamu memerlukan lebih banyak protein untuk kelangsungan metabolisme serta meregenerasi sel-sel yang rusak. Tak hanya itu, protein juga mampu mendukung pembentukan sel darah merah. Tahu tempe merupakan makanan ibu hamil yang mudah diperoleh dengan harga yang terjangkau. 

Udang

Udang5
Photo Source: 
Beberapa orang ada yang mengatakan bahwa udang tak baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Faktanya, kandungan nutrisi pada udang banyak yang bermanfaat untuk mendukung perkembangan janin. Udang mengandung EPA, DHA, dan kolin yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan memori otak. Selain meningkatkan kecerdasan bayi, udang juga mengandung zat besi yang dapat mencegah kamu dari anemia. 

Kacang Panjang

Kacang Panjang6
Photo Source: @liaoozz1
Selain daging dan ikan-ikanan, sayuran juga tak kalah penting untuk dimasukkan ke dalam menu harian ketika hamil. Salah satu sayuran yang mudah didapat adalah kacang panjang. Kamu bisa mencampurkan kacang panjang sebagai bahan untuk sayur asem atau ditumis dengan tahu maupun tempe. Salah satu zat penting yang dibutuhkan untuk perkembangan tak selain omega 3 adalah asam folat dan zat ini bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi kacang panjang.