Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Makan Siang Sehat Ala Anak Kos Menjelang Bulan Ramadhan

Judithya PitanaJudithya Pitana
Makan Siang Sehat Ala Anak Kos Menjelang Bulan Ramadhan1
http://3.bp.blogspot.com/
Sadar atau tidak, biasanya biaya makan sehari-hari lah yang membuat pengeluaran anak kos membengkak. Alhasil, di akhir bulan pun kamu harus pandai-pandai berhemat agar sisa uang yang kamu miliki bisa untuk bertahan hidup hingga awal bulan datang. Di akhir bulan untuk menghemat pengeluaran menjelang bulan Ramadhan, anak kos bisa menekan biaya makan dengan memilih menu makanan seminim mungkin. Qravians, sebenarnya kamu bisa tetap makan bergizi walau harus berhemat. Berikut ini menu makan siang sehat dan murah yang bisa kamu jadikan pilihan menjelang Ramadhan. (Penulis.id)

Nasi Goreng

Nasi Goreng2
Photo Source:  @limjenjen
Sebagai anak kos yang jauh dari orang tua, kamu harus bisa memasak untuk menghemat biaya makan. Nasi goreng adalah menu makanan yang pembuatannya cukup sederhana. Selain itu, bahan yang kamu perlukan juga tidak seberapa banyak. Kalau budget kamu sudah mepet dan hanya tersisa nasi dan telur saja yang kamu punya, maka nasi goreng adalah menu makan siang sehat yang tepat. Tambahkan selada segar ketika menyajikannya. Atau kalau kamu suka mentimun juga bisa menambahkan beberapa irisan mentimun dan tomat.

Steak Tempe

Steak Tempe3
Photo Source:  @makandiponti
Tak hanya daging, kamu juga bisa membuat steak tempe, lho! Tempe mengandung protein nabati yang baik buat menggantikan sel-sel tubuh kamu yang rusak. Kamu bisa membuatnya dengan mengukus tempe lalu haluskan. Setelah dicampur dengan bumbu, bentuk lingkaran lalu goreng. Sebagai bahan sayuran, kamu bisa menambahkan buncis atau wortel rebus untuk teman nasi dan steak tempe ini. mudah, kan? Tempe bukanlah bahan masakan yang mahal, bukan?

Sayur Sop

Sayur Sop4
Photo Source:  @spendpennies
Kalau kamu ingin makan yang hangat-hangat berkuah tanpa minyak, masak saja sayur sop. Bahan-bahannya juga bisa kamu beli di abang tukang sayur yang lewat di tempat kos kamu. Atau kalau kamu lagi kuliah atau bekerja, menitip saja ke ibu kos untuk dibelikan bahan sayur sop mentah. Kamu tinggal merebus semua bahan lalu beri garam dan merica jika suka. Taburan bawang goreng di atasnya juga bisa membuatnya semakin sedap. Sayur sop yang terdiri dari wortel, kubis, kentang, buncis adalah menu makan siang sehat yang murah meriah.

Tumis Kangkung dan Ikan

Tumis Kangkung5
Photo Source:  @dianmelinda
Kangkung sangat murah harganya. Cukup beli satu ikat dan jumlah ini bisa kamu gunakan untuk makan beberapa kali, termasuk untuk makan siang. Tumis kangkung dengan bawang merah, bawang putih, dan tambahkan beberapa irisan tomat. Kalau budget kamu mencukupi, beli beberapa potong ikan laut lalu goreng. Tumis kangkung dan ikan mujair adalah menu makan siang sehat yang sangat lezat dan mengenyangkan. Tapi kalau tidak, telur dadar pun juga tak kalah enak disajikan dengan nasi dan tumis kangkung.

Kentang Goreng

Kentang Goreng6
Photo Source:  @springmojito
Di siang hari kamu perlu menjaga tubuhmu agar memiliki tenaga yang cukup hingga aktivitasmu berakhir di malam hari. Untuk ini kamu memerlukan asupan karbohidrat. Goreng saja kentang. Beli seperempat atau setengah kilogram lalu kupas dan iris memanjang. Rendam sebentar di air garam lalu goreng hingga kering dan kentang goreng “homemade” kamu pun siap dinikmati. Kentang memiliki rasa yang lezat walau hanya dibumbui garam. Agar makin nikmat, colek ke saus tomat atau mayones kalau kamu punya.