Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Kenapa Dimsum Begitu Disukai Orang Indonesia?

Judithya PitanaJudithya Pitana
Kenapa Dimsum Begitu Disukai Orang Indonesia?1
https://fthmb.tqn.com/
Qravians pasti tahu dimsum kan? Makanan khas negeri Tiongkok sepertinya saat ini sudah mulai digemari di Indonesia. Tak hanya di Jakarta, namun juga di kota besar lain seperti di Surabaya. Saat ini banyak kita jumpai baik di pinggir jalan atau di dalam mall restoran yang menjual dimsum dan tidak sedikit pengunjungnya. Nah, pertanyaannya, kenapa dimsum begitu disukai orang Indonesia? Berikut beberapa alasan yang bisa kamu cermati. (Penulis.id)

Harganya Murah

Dim Sum Murah2
Photo Source:  @yycfoodbuddies
Pada awal kemunculannya, sebelum dimsum sepopuler sekarang ini, harga makanan yang satu ini cukup mahal karena hanya disajikan oleh restoran ternama atau yang ada di mall. Namun seiring berjalannya waktu, ketika orang mulai mengenal dimsum, pelaku bisnis pun mulai mengembangkan ide untuk menjual dimsum dengan harga terjangkau. Hingga saat ini, dimsum tak hanya bisa dinikmati di restoran khusus, tapi juga depot pinggir jalan. Di Surabaya misalnya ada warung namanya Dimsum Mbledos yang tak pernah sepi pengunjung. Harga satu porsi dimsum yang kurang dari Rp15.000 membuat orang tak bosan membelinya.

Alternatif Makanan Sehat

Dim Sum Variasi3
Photo Source:  @pearlthefoodie
Di tengah maraknya junk food maupun makanan cepat saji yang diolah dengan cara digoreng atau dipanggang, dimsum merupakan alternatif yang lebih sehat.  Dimsum diolah dengan cara direbus sehingga tidak ada kandungan minyak yang dapat memicu obesitas maupun penyakit jantung. Bagi kamu yang suka makan makanan digoreng, sesekali kamu harus mencoba dimsum ya, Qravians! Selain itu, bahan adonannya yang terdiri dari seafood jadi selain sehat juga lezat. 

Jenisnya Bervariasi

Dim Sum Jakarta4
Photo Source:  @dropsofchampagne
Kamu tidak akan pernah bosan menikmati dimsum karena jenisnya ada bermacam-macam. Dimsum sendiri artinya makanan kecil, sehingga isinya pun juga bermacam-macam. Ada dimsum yang berisi cacahan udang dan disebut shrimp dumpling. Tak hanya seafood, dimsum juga ada loh yang berisi roti yang dikukus. Bukan roti biasa, di dalam roti ini berisi sayur, daging, dan kacang. Selain itu, ada juga dimsum yang berisi ceker ayam. Ceker ayam ini diolah dengan bumbu dan direbus setelah itu kemudian dikukus. Kalau kamu penyuka bakso, ada juga lho dimsum stemed meatball. Dimsum ini disajikan dengan potongan daun bawang sehingga aromanya tidak amis. Tak hanya ikan, dimsum lotus leaf rice juga menyajikan campuran daging ayam, kepiting, jamur, serta kacang yang dibungkus daun teratai.

Enak

Dim Sum Enak5
Photo Source:  @dreewbearr
Apa lagi alasan makanan digemari masyarakat kalau bukan karena rasanya yang enak? Dimsum yang beraneka macam pastinya cocok di lidah siapa pun. Bagi kamu yang tak suka seafood, ada dimsum berisi roti. Kalau tidak suka, ada dimsum bakso serta dimsum sayuran. Salah satu dari pilihan tersebut pasti ada yang cocok di lidahmu. Gurih, manis, asin, tinggal pilih saja yang mana favoritmu.

Bentuknya Unik

Dim Sum Jakarta6
Photo Source:  @mightyfoodie
Di negeri asalnya, dimsum adalah camilan yang dinikmati saat minum teh, baik di pagi maupun di sore hari. Agar semakin menarik untuk dinikmati, dimsum dibentuk sedemikian rupa. Karena isinya berbeda-beda, bentuk dimsum pun juga menyesuaikan. Ada dimsum har gau yang bentuknya bulat berisi udang, ada dimsum jiaozi yang entuknya menyerupai kerang namun berisi buah melon. Selain itu, ada dimsum siu mai yang berbentuk seperti keranjang. Berbeda dari dua sebelumnya, dimsum ini bagian atasnya dibiarkan terbuka sehingga isis adonannya pun bisa dilihat secara langsung.