Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Kenalan dengan Kopi Tonic Water, Sensasi Minum Kopi Soda

Judithya PitanaJudithya Pitana
Kenalan dengan Kopi Tonic Water, Sensasi Minum Kopi Soda1
http://www.milkdrunkblog.com/
Jika Qravians termasuk salah satu pecinta kopi, tentunya kamu sudah pernah mencoba beragam jenis kopi. Bagaimana dengan kopi tonic water? Belakangan minuman yang satu ini sedang populer di media sosial. Coba aja cari hashtag #coffeetonic atau #espressotonic pasti akan muncul ribuan gambar tentang minuman ini. Biar nggak makin penasaran, yuk berkenalan dengan jenis kopi kekinian dan rasakan sensasi minum kopi yang berbeda dari biasanya. (Penulis.ID)

Apa Itu Tonic Water?

Coffee Tonic2
Photo Source:  @eastimperial
Tonic water atau air tonik dalam bahasa Indonesia adalah minuman ringan berkarbonasi yang mengandung kina sehingga memiliki rasa yang agak pahit. Selain itu, tonic water juga mengandung gula atau sirup jagung, perasa alami, air berkarbonasi, natrium benzoat dan kina. Minuman bersoda ini mulanya dibuat untuk mengobati malaria. Namun, lambat laun tonic water juga dijadikan sebagai pencampur koktail dan jenis minuman lainnya. 

Memiliki Cita Rasa Unik

Coffee Tonic3
Photo Source:  @sebastianscoffee
Jenis kopi ini konon diracik dan disajikan pertama kali oleh coffee roaster Swedia, Koppi, beberapa tahun silam dengan nama Kaffe Tonic. Sebenarnya, kopi tonic water merupakan minuman yang terdiri atas 3 komposisi bahan yaitu, espresso, es batu, dan tonic water. Namun, cita rasa manis dengan sedikit asam dan pahit menciptakan keunikan yang tersendiri. Tak heran kalau rasa itulah yang menjadi daya tarik kopi tonic water.

Cara Membuat Kopi Tonic Water

Coffee Tonic4
Photo Source:  @ina.akkerman
Kamu tertarik ingin membuat kopi kekinian ini sendiri di rumah? Gampang banget! Pertama, masukkan 180ml tonic water dan es batu secukupnya ke dalam gelas. Kamu bisa menggunakan gelas plastik maupun tall glass ala-ala kafe populer. Kemudian tuang 56 ml espresso secara perlahan. Jangan terlalu tergesa-gesa saat menuang karena kopi justru akan tercampur dan meluap. Sebagai sentuhan akhir, kopi tonic water bisa diberi irisan jeruk lemon dan jeruk nipis. Cocok diminum saat siang hari sebagai penyegar tubuh.

Tips Penyajian

Coffee Tonic5
Photo Source:  @bayscafe
Sebelum membuat kopi tonic water, sangat dianjurkan agar kamu memilih tonic water dengan kualitas premium. Pasalnya, ada beberapa tonic water yang dijual di pasaran memiliki rasa pahit serta beraroma lemon terlalu tajam, tidak mau dong kopi yang seharusnya nikmat jadi rusak begitu saja karena kamu salah memilih tonic water? Selain itu, kamu juga disarankan untuk memilih jenis kopi yang tidak terlalu pahit agar serasi dengan rasa tonic water.

Manfaat Minum Kopi

Coffee Tonic6
Photo Source:  @espressionisme
Penting untuk diketahui bahwa ternyata kopi tonic water memiliki beberapa manfaat untuk tubuh. Pasalnya kafein dalam kopi mempengaruhi kinerja sel, sehingga dapat meningkatkan stamina tubuh. Selain itu, kopi yang dipadukan dengan tonic water memiliki sifat anti bakteri yang baik bagi kebersihan mulut. Bahkan, banyak orang yang secara tidak sadar lebih bergairah dan ceria ketika meminum kopi. Kopi memang merupakan salah satu minuman yang dapat meningkatkan mood seseorang menjadi lebih baik.