Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Buat Masakan Ala Anak Kos Jadi istimewa dengan Telur Goreng Tepung

Judithya PitanaJudithya Pitana
Buat Qravians yang tinggal di kos-kosan, tentu akan pikir ulang kalau mau jajan di luar. Pasalnya jatah uang saku kiriman orang tua harus bisa cukup sampai akhir bulan, bener kan? Nah, mulai sekarang jadilah lebih kreatif di dapur demi bisa membuat masakan sendiri seperti halnya makanan yang dijual oleh kafe-kafe atau restoran populer. Salah satu bahan makanan yang bisa kamu manfaatkan adalah telur ayam. Selain bernilai tinggi protein, telur ayam juga lebih murah jika dibandingkan dengan harga daging ayam. Tak heran jika banyak anak kos memilih bahan makanan tersebut untuk lauk makan sehari-hari. Sudah bosan dengan telur goreng yang itu-itu aja? Yuk kreasikan telur goreng tepung jadi aneka masakan lezat yang pasti menggugah selera! Catat dan simak baik-baik ya cara membuatnya.

Telur Goreng Tepung Ala Jajanan SD

Telur Dadar Mini - @jessicacasanovalim
Photo Source: @jessicacasanovalim
Telur goreng tepung yang biasa disebut martabak mini, inget kan? Ternyata nih cara membuatnya cukup mudah. Siapkan bahan-bahan berikut; 2 sdm tepung terigu, 1 btr telur, 1 sdt garam, 2 siung bawang merah, cabe rawit secukupnya, air matang secukupnya. Kemudian, campur tepung terigu, air, dan telur pada mangkuk. Aduk-aduk hingga tercampur rata. Untuk menambah rasa, kamu bisa menambahkan garam, bawang merah, dan cabe rawit yang sudah diiris tipis-tipis. Setelah adonan siap, kamu bisa menggorengnya di wajan dengan menggunakan minyak panas. Angkat adonan setelah matang atau berubah warna menjadi keemasan.

Telur Goreng Tepung Krispi

Telur Goreng Crispy - @amandanatasya49
Photo Source: @amandanatasya49
Masih dengan bahan utama telur ayam, kamu bisa berkreasi dengan membuat telur goreng tepung krispi yang satu ini. Dijamin anti ribet deh! Kamu cuma butuh tepung terigu 1 gelas, 2 sdm tepung maizena, 2 butir telur ayam, penyedap rasa, air dan minyak untuk menggoreng secukupnya. Cara masaknya juga gampang banget, kok. Pertama, kocok dan dadar telur ayam yang telah diberi sedikit penyedap rasa, iris tipis-tipis telur dadar tersebut. Kemudian campur tepung terigu dengan maizena, tambahkan kembali penyedap rasanya. Setelah tercampur, adonan tadi dibagi menjadi 2 bagian. Tambah air pada salah satu adonan tadi, tapi biarkan satunya kering. Masukkan irisan telur pada adonan basah dulu, lalu ulangi ke adonan kering hingga rata. Goreng pada minyak panas hingga berwarna keemasan, lalu angkat dan tiriskan.

Brokoli Telur Goreng Tepung

Brokoli Telur Goreng Tepung - @cayenne187
Photo Source: @cayenne187
Ingin masakan yang lebih sehat? Kamu juga bisa kok membuat brokoli telur goreng tepung di kosan. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan adalah 2 butir telur, ½ sdt garam, 10 sdm tepung terigu, 6 sdm tepung maizena, garam dan merica secukupnya serta 100ml air matang. Untuk membuatnya, pertama-tama rebus brokoli hingga setengah matang, kemudian pisahkan kuntum dan batangnya, lalu sisihkan. Kocok lepas telur lalu campur brokoli tadi ke dalam adonan. Tambahkan bumbu-bumbu berupa garam dan merica sesuai selera. Terakhir, goreng hingga brokoli berubah kecokelatan lalu angkat dan tiriskan.
Wah, ternyata banyak juga ya masakan yang bisa kamu buat dengan menggunakan telur goreng tepung? Nggak ada lagi deh ceritanya bosan makan telur dadar atau ceplok yang itu-itu aja. Menariknya, masakan-masakan tadi juga bisa kamu jadikan lauk makan, loh. Cukup dampingi dengan nasi putih hangat dan saus tomat atau saus cabe. Selera makanmu dijamin akan membaik setelah ini. Berani mencoba resep-resep tadi di kos-kosan? Semoga berhasil, ya!