Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

5 Fakta Mie Aceh yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Makan!

Judithya PitanaJudithya Pitana
Mie Goreng Aceh, Makanan Khas Ujung Barang Indonesia yang Menggelora1
http://www.resepharian.com/
Mie Goreng Aceh adalah salah satu kuliner khas dari Aceh, yang memiliki cita rasa yang sangat pedas. Hidangan ini menggunakan bahan utama mie, dengan jenis mie yaitu mie kuning tebal, yang dicampur dengan bumbu-bumbu spesial khas Aceh. Mie Goreng Aceh biasanya disajikan dengan irisan daging sapi, daging kambing, atau makanan laut seperti udang dan cumi, dengan kuah sup sejenis kari yang gurih dan pedas. Lalu ditaburi bawang goreng, kerupuk melinjo, irisan bawang merah mentah, cabai rawit mentah, potongan mentimun, dan jeruk nipis. Terbayangkan, kelezatannya? (Penulis.ID)

Ada 2 Cara Penyajian, Semua Tetap Lezat!

Mie Aceh2
Photo Source: 
Hidangan khas ujung barat Indonesia ini terbilang cukup unik. Meskipun dinamakan mi goreng Aceh, ternyata masih ada 2 pilihan cara penyajiannya. Ada yang digoreng kering dan ada yang digoreng basah. Mungkin terdengar aneh dengan sebutan mie goreng basah? Bukankah kalau sudah digoreng seharusnya tidak basah? Jadi, mie goreng basah ini adalah mie yang disajikan dengan sedikit kuah, tidak penuh seperti mie rebus. Kuah yang digunakan adalah kuah sejenis kari yang kental dan gurih, berbeda dari sajian mie nusantara lainnya yang cenderung menggunakan kuah yang bening dan lembut.. Meski cara penyajian berbeda, tapi toh kenikmatan mie goreng Aceh tetaplah sama.

Dibuat dengan Menggunakan Mie yang Khas

Mie Aceh3
Photo Source:  @meliaprawira
Dalam proses pembuatannya, Mie Aceh menggunakan mie yang khas dengan bentuk yang tebal dan pipih. Tidak seperti mie yang lainnya, warna Mie Aceh cenderung berwarna kuning cerah, sehingga menambah keindahan pada hidangan tersebut. Bumbu yang digunakan adalah bumbu semacam kari yang merupakan bumbu khas yang memberikan cita rasa khas pula dalam sajian kuliner satu ini.

Kaya Cita Rasa Bumbu Rempah

Mie Aceh4
Photo Source:  @lolasusanti46
Perbedaan utama mie goreng Aceh dari hidangan mie dari daerah-daerah lain terletak pada racikan bumbu yang lebih tajam dan kaya rempah. Komposisi utama dari bumbu halus hidangan ini adalah cabai merah, kunyit, jintan, kapulaga, merica dan bawang putih. Takaran penggunaan racikan bumbu halus yang relatif lebih banyak di dalam setiap porsi Mie Aceh, membuat rasa bumbu-bumbu ini memiliki nuansa saat di mulut. Selain itu, berbeda dengan umumnya mie goreng atau rebus dari tanah Jawa, Mie Aceh tidak menggunakan telur dan sebagai gantinya bumbu halus ditumis bersama bahan pelengkap sesuai pesanan.

Mie Goreng Aceh Super Pedas

Mie Aceh5
Photo Source:  @fedri_bonco
Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, mie goreng Aceh memang kaya akan cita rasa rempah-rempah asli Indonesia. Tak heran kalau hidangan ini juga dibuat sesuai dengan lidah masyarakat setempat yang hampir seluruhnya suka makan makanan pedas. Jadi, buat kamu pecinta kuliner pedas, menu yang satu ini layak untuk segera dicoba!

Nggak Ada Mie Goreng Aceh di Aceh, Nah Lho!

Mie Aceh6
Photo Source:  @pondokbangladesh
Buat kamu yang berkunjung ke Daerah Istimewa Aceh, sudah dipastikan tidak akan menemukan pedagang yang menjual Mie Aceh. Pasalnya, seluruh pedagang mie baik kaki lima ataupun restoran bintang lima menjajakan mie dengan cara penyajian dan bumbu yang sama. Kamu tak perlu memesan menu ini dengan embel-embel nama Aceh di belakangnya, cukup memesan mie goreng dengan topping pilihan favorit kamu.