Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Wajib Tahu: Kenikmatan Kuliner Khas Kalimantan

Chandra WijayaChandra Wijaya
Wajib Tahu: Beragam Kuliner Khas Kalimantan1
holidaysinmalaysia
Setelah sebelumnya telah dibahas soal jajanan khas Batak dan juga makanan khas Papua, mari perkaya pengetahuan kulinermu dengan melirik sajian khas Kalimantan. Pulau yang terdiri dari Kalimantan Timur, Barat, Utara, Tengah, dan Selatan, itu pun memiliki keunikan makanan masing-masing. Terbayang kan betapa kayanya makanan khas Kalimantan yang dipengaruhi dari unsur kuliner Melayu, China Peranakan, dan Dayak ini? Daripada penasaran, yuk intip beberapa makanan andalannya!

Soto Banjar

Soto Banjar 2
Photo Source:  @pky.foodies
Semua pasti tahu, Soto Banjar punya cita rasa yang luar biasa. Penyajian Soto Banjar sebenarnya tidak jauh berbeda dengan soto lainnya, bedanya hanya berasal dari kuah yang lebih bening dan juga menggunakan ketupat di dalamnya. 

Bakmi Kepiting Pontianak

Bakmi Kepiting Pontianak3
Photo Source:  @hungryfever
Soal bakmi, kawasan Pontianak, Kalimantan Barat, punya menu khas Bakmi Kepiting. Buat kamu pecinta bakmi sungguh wajib cobain ini. Tekstur mie yang halus plus kuah babi kecap yang meresap di tiap untaian mie, tentu aja bersahabat di lidah kita. Setelah itu, kamu juga dimanja dengan tambahan daging kepiting suit, bakso ikan, udang, dan ikan. Kurang apa lagi?

Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan4
Photo Source:  @nettyzil
Sedangkan Ketupat Kandangan berasal dari Kalimantan Selatan. Bedanya dengan Soto Banjar, makanan ini memiliki kuah yang lebih keruh berkat andil santan sebagai penambah cita rasanya. Tekstur nasi ketupatnya juga lebih keras dan nikmat sekali saat digigit. Selain itu, kuahnya pun terasa lebih nikmat karena ada campuran kuah ikan gabus. 

Lemang

Lemang5
Photo Source:  holidaysinmalaysia
Lemang sebenarnya juga banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional Jakarta. Lemang merupakan makanan khas suku Dayak yang bisa ditemukan di kota-kota besar Kalimantan, seperti Samarinda, Pontianak dan Banjarmasin. Bahan dasar dari makanan ini menggunakan ketan yang dicampur dengan santan, lalu dibakar selama 5 menit setelah dibungkus dengan daun pisang. Biasanya lemang disantap dengan selai, kinca, atau sarikaya, atau juga bisa dinikmati dengan telur dan rendang. 

Choi Pan / Chai Kwe

Choi Pan / Chai Kwe6
Photo Source:  kooliner
Choi Pan pun jangan sampai terlewatkan saat datang ke Pontianak yang terkenal dengan surganya kuliner. Choi Pan atau sering disebut Chai Kwe merupakan perpaduan dari cita rasa sayur dan kue. Isiannya pun bervariasi, seperti bengkoang, talas, rebung, dan kucai. 

Klepon Martapura

Klepon Martapura7
Photo Source:  wikipedia.org
Beda lagi dengan Klepon Martapura, jajanan pasar yang dikenal berasal dari Martapura, Kalimantan Selatan. Meski makanan ini juga banyak ditemukan di kawasan Jawa, masyarakat Kalimantan tetap menganggap kalau kue ini merupakan penganan khas mereka. Makanan yang ini juga sering dijuluki dengan semboyannya "Pacah di ilat" atau diartikan pecah di lidah. Kamu bisa langsung merasakan sensasi saat menggigit klepon dengan isiannya yang mencair di lidah.