Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Tips Pintar Memilih Makanan untuk Berbuka Puasa

SintyaSintya
Tips Pintar Memilih Makanan untuk Berbuka Puasa - Main Photo
www.iberita.com
Bisa berbuka puasa bareng keluarga di rumah emang enak banget, karena kita ngga perlu repot-repot mikir mau makan apa pas buka puasa nanti. Tapi, buat kamu yang punya segudang kegiatan di luar rumah dan ngga sempat untuk buka puasa di rumah pastinya harus memutar otak dulu mau makan apa pas buka nanti. Kalau sudah begini, usahakan untuk tetap cermat memilih makanan yang sehat, ya! Jangan karena melihat banyak makanan, kamu asal main makan aja apa yang ada di depan kamu.

Nah, biar buka puasa kamu tetap teratur dan ngga bikin perut terasa begah, yuk perhatikan beberapa tips memilih makanan untuk berbuka puasa berikut ini!

1. Perhatikan Kondisi Pencernaan

 - sites.psu.edu
Photo Source: sites.psu.edu
Selama berpuasa, perut kita terbiasa dalam keadaan kosong. Makanya, saat buka puasa usahakan untuk tidak langsung makan makanan besar, ya! Minum minuman hangat dan manis adalah solusinya. Siapkan teh manis hangat dan minum teh tersebut saat waktunya buka puasa tiba. Eits, tapi jangan lupa berdoa dulu, ya!

2. Makan Takjil

 - kabarimbo.com
Photo Source: kabarimbo.com
Selama bulan puasa ini pastinya banyak banget yang jualan takjil. Pilih takjil yang bisa penuhin kebutuhan karbohidrat dalam tubuh, misalnya kolak, jus buah, kue rendah lemak, atau makanan lain yang mengandung karbohidrat sederhana. Ingat, masih belum makan berat, lho!

3. Makan Sayur

 - www.acaiberryadonaiasli.com
Photo Source: www.acaiberryadonaiasli.com
Nah, baru setelah solat maghrib kamu bisa mulai makanan berat. Mulailah untuk mengisi perut dengan makanan yang mengandung serat yang bagus buat pencernaan kamu. Pilih menu sayuran seperti sayur bayam, sop, atau tumis sayur lainnya untuk kamu makan pakai nasi. Jangan lupa juga untuk minum air putih yang cukup, ya!

4. Batasi untuk Makan Makanan yang Pedas dan Bersantan

 - bahasa.aquila-style.com
Photo Source: bahasa.aquila-style.com
Kamu ingat ngga ada pepatah yang bilang kalau segala sesuatu yang berlebihan itu ngga baik buat kita? Nah, ini berlaku juga dalam hal memilih makanan saat buka puasa. Terlalu banyak makan makanan yang pedas dan mengandung santan saat berbuka hanya akan membuat pencernaan kamu terganggu. Sebenarnya ngga masalah sih, selama kamu masih mengonsumsinya dalam porsi yang normal. Kalau ngga, produksi asam lambung kamu bakal naik dan itu ngga bagus buat kesehatan, lho!

5. Hindari Makan Makanan yang Mengandung Banyak Gas

 - www.informasiherbal.com
Photo Source: www.informasiherbal.com
Saat berbuka, usahakan untuk ngga mengonsumsi makanan atau minuman yang menimbulkan banyak gas, contohnya kol, ubi jalar, dan minuman bersoda, karena cuma bakal bikin perut terasa kembung akibat terlalu banyak produksi gas dalam lambung. Oh iya, tape ketan, kopi, dan teh kental juga bisa memicu pengeluaran asam lambung, lho! So, eat smart!