Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App
Qraved x GoFoodTips Diet saat Berpuasa

Tips Diet saat Berpuasa

SintyaSintya
Tips Diet saat Berpuasa - Main Photo
eothon.vn
Banyak orang (dan kamu mungkin salah satunya) menjadikan momen puasa sebagai ajang untuk menurunkan berat badan alias diet. Nah, agar misi ini bisa berjalan lancar dan dapet hasil sesuai yang diinginkan, yuk simak tips diet saat berpuasa dari Qraved berikut ini!

1. Hindari Konsumsi Karbohidrat Berlebihan

 - www.thetvnway.com
Photo Source: www.thetvnway.com
Banyak orang yang beranggapan bahwa mengonsumsi banyak karbohidrat seperti yang terkandung pada nasi bisa bikin mereka tetap bertenaga untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Tapi tau ngga sih justru inilah yang bikin berat badan kamu semakin bertambah. Selama berpuasa, tubuh kita bakal mulai terbiasa makan dengan porsi yang lebih sedikit dan tubuh tetap punya cadangan energi buat beraktivitas. Makanya, kita ngga perlu mengonsumsi karbohidrat dengan porsi yang terlalu banyak.

2. Berbuka dengan Porsi Sedikit

 - www.viaberita.com
Photo Source: www.viaberita.com
Saat waktunya buka puasa tiba, jangan langsung terburu-buru untuk makan berat. Kamu bisa memulainya dengan makan makanan manis seperti kurma dan minum teh manis hangat. Hal ini buat menghindari konsumsi gula yang berlebih dan perut kaget. Baru deh setelah solat maghrib dan tarawih kamu boleh makan makanan berat seperti kue dan makanan lainnya. Tapi ingat, usahakan porsi sayur dan lauk pauknya lebih banyak daripada nasi, ya!

3. Sahur dengan Sup dan Buah

 - www.nadlanu.com
Photo Source: www.nadlanu.com
Sahur pakai sup sangat berpengaruh biar sistem pencernaan kamu berjalan dengan lancar, sehingga kamu bisa menahan lapar lebih lama. Beda sama makan makanan berat saat sahur yang hanya akan bikin kamu cepat lapar. Sahur pakai buah juga bagus, lho! Kamu bisa pilih buah pepaya sebagai menu sahur kamu, selain bisa bikin kenyang, buah pepaya juga bagus banget buat pencernaan.

4. Banyak Makan Sayur

 - santeaja.com
Photo Source: santeaja.com
Ngga hanya kebutuhan karbohidrat yang harus dipenuhi, kamu juga perlu makanan berserat dan mengandung nutrisi lainnya untuk memperlancar pencernaan kamu. Semua ini bisa kamu dapetin dari konsumsi sayuran seperti bayam, kangkung, sawi, brokoli, dan sayuran hijau lainnya yang mengandung banyak serat. jadi, kebutuhan nutrisi dalam tubuh tetap seimbang.

5. Batasi Makan Cemilan

 - ljsgourmet.com
Photo Source: ljsgourmet.com
Kalau lagi bulan puasa begini pasti mama kamu punya banyak stok cemilan yang tersebar di meja makan. Nah, saat inilah kamu harus nahan godaan buat ngga makan cemilan ini secara berlebihan. Ingat, kamu lagi diet dan jangan sampai hanya karena kue-kue ini dietmu gagal berantakan, ya!

6. Olahraga Teratur

 - www.hindustantimes.com
Photo Source: www.hindustantimes.com
Jangan jadikan puasa sebagai alasan buat kamu untuk bermalas-malasan dan ngga menjaga kesehatan, apalagi kalau kamu lagi diet. Ngga perlu olahraga berat, kamu bisa kok milih olahraga lari atau jalan sehat saat berpuasa. lakukan olahraga ini selama 15 menit setelah sahur saat kamu masih punya banyak tenaga, atau bisa juga setengah jam sebelum waktunya berbuka puasa. Lumayan kan kamu bisa olahraga sekalian ngabuburit. Hehehe!
Qraved | Life is Tasty