Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App
Qraved x GoFoodSebuah Kisah Dibalik Nasi Padang

Sebuah Kisah Dibalik Nasi Padang

PitacilyPitacily
Sebuah Kisah Dibalik Nasi Padang - Main Photo
opensnap
Orang Indonesia emang udah dibikin jatuh cinta setengah mati sama nasi padang. Bahkan hanya mendengar namanya aja, udah bikin kita bisa ngerasain kelezatan nasi padang ketika kita menyuapkannya ke dalam mulut kita.

Restoran padang pun di Indonesia udah tersebar dimana - dimana salah satunya di Jakarta. Tapi kamu tau gak sih ada beberapa fakta unik mengenai nasi padang yang mungkin belum kamu tau misalkan, kenapa nasi padang kalo dibungkus porsi nasi nya lebih banyak? atau, fakta tentang kota Padang yang ternyata tidak punya rumah makan padang. Mau tau ada fakta apa lagi? Baca jurnal ini sampe habis ya!

Nasi padang satu ya mas, dibungkus.

 - www.saribundo.biz
Photo Source: www.saribundo.biz
Semua pasti bertanya - tanya, kenapa nasi padang kalo dibungkus punya porsi nasi yang lebih banyak daripada dimakan ditempat? Ternyata sejarahnya gini, dulu, hanya kaum elit seperti orang Belanda atau saudagar kaya yang bisa menikmati nasi padang. Tapi pemilik rumah makan padang yang murah hati ingin pribumi juga bisa merasakan masakan padang. Maka itu ia mengakali nya dengan cara di bungkus dan porsi nasinya pun lebih banyak supaya pribumi juga bisa saling berbagi.

Tapi fakta lain ada yang mengatakan bahwa penambahan porsi nasi ketika memesan nasi padang dibungkus adalah karena pelanggan yang membungkus nasi padang tidak mengotori piring di rumah makan padang, maka itu rumah makan padang memberikan 'reward' lebih berupa porsi nasi yang dibanyakin.

Hmm, pake tangan aja ah makan nya.

 - kencanbuta.org
Photo Source: kencanbuta.org
Sebenarnya gak cuma nasi padang aja sih yang lebih enak di makan pake tangan. Karena makan pake tangan itu udah jadi kebiasaan orang Indonesia. Tapi, ada satu kelebihan yang akan kamu dapat kalo makan nasi padang pake tangan.. aroma lauk di nasi padang yang menempel di tangan kamu, bahkan setelah kamu cuci tangan. Aroma nya masih akan tercium harum dan membuat kamu rindu akan kelezatan nasi padang.

Rendang adalah masakan terlezat di dunia?

 - bungaca.tumblr.com
Photo Source: bungaca.tumblr.com
Menurut CNN, rendang termasuk dalam World’s 50 Most delicious Foods dan rendang menempati posisi pertama mengalahkan makanan dari Jepang yaitu sushi yang hanya berada di posisi ketiga. Survei ini didapatkan melalui pengambilan suara sebanyak 35.000 dan hasilnya pun jatuh kepada rendang. Warga Indonesia harus bangga nih dan semakin cinta tentunya sama masakan padang terutama yang satu ini yaitu rendang.

Tidak ada RM Padang di Padang.

 - kinciakincia.com
Photo Source: kinciakincia.com
Walaupun rumah makan padang bisa kamu temui dimana - mana, tapi ternyata kalimat itu tidak valid di Padang, Sumatera Barat. Kalo kamu lagi jalan - jalan kesana, coba temukan RM Padang, foto restorannya, kemudian kirim ke Qraved ya! :p
Karena memang di Padang, mereka tidak menggunakan embel-embel kata "rumah makan padang" untuk semua rumah makan disana.

Mas-mas pelayan tangan ajaib!

 - wikipedia
Photo Source: wikipedia
Kita semua pasti udah tau gimana pelayanan di RM Padang yang unik. Saat baru datang, kita bisa langsung duduk manis di meja, kemudian pelayan akan membawa sejumlah piring yang berisi lauk sekaligus bertingkat-tingkat dengan kedua tangan atau sebelah tangan saja tanpa jatuh. Wah, berarti emang gak heran ya tari piring asalnya dari Padang. Tapi mas-mas pelayan RM Padang itu pada kursus bawa piring berisi rendang, ayam bakar, daun singkong, sayur nangka dan lain-lainnya itu dimana ya?
Qraved | Life is Tasty