Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Makanan Khas Daerah 5 Pahlawan Indonesia

Kevin IrwanKevin Irwan
Makanan Khas Daerah 5 Pahlawan Indonesia - Main Photo
Makanan Khas Daerah 5 Pahlawan Indonesia
Selamat Hari Pahlawan! Pada hari ini, seluruh warga Indonesia sedang mengenang para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan tanah air tercinta kita. Pada tanggal 10 November 1945, dimana Indonesia sebenarnya sudah mendeklarasikan kemerdekaan, malah terjadi salah satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Pertempuran yang memunculkan tokoh-tokoh heroik seperti Bung Tomo-lah menjadikan tanggal 10 November sebagai hari yang sangat penting dalam sejarah Indonesia. Sambil kita mengenang jasa para pahlawan Indonesia, yuk kita mengenal dan juga mencoba makanan-makanan khas daerah asal mereka! Selamat Hari Pahlawan!

I Gusti Ngurah Rai - Bali

Pahlawan yang bisa kita lihat wajahnya pada salah satu pecahan Rupiah saat ini punya kisah yang sangat heroik loh! Dia berhasil mengalahkan ribuan pasukan Belanda di tanah kelahirannya! Tapi sayang sekali, beliau akhirnya gugur dalam peperangan berikutnya, Dalam pertempuran terakhirnya, pertahanan demi pertahanan yang dibentuk Ngurah Rai hancur, beliau dan pasukannya berhasil dipukul mundur lantaran seluruhnya jatuh ke dalam jurang yang dalam. Perang tersebut akhirnya dikenal dengan perang Puputan Margarana karena sebelum gugur Ngurah Rai sempat meneriakkan kata puputan yang berarti perang habis-habisan. Peristiwa tersebut terjadi pada tanggal 20 November 1946.
Nah buat makanan khas Bali, apalagi kalo bukan bebek goreng! Kalo kamu pengen ngerasain yang autentik, harus banget ni cobain restoran yang satu ini! 100% autentik rasa Bali! Tekstur luarnya garing banget! Tapi dagingnya lembut, dan ditambah lagi dengan sambelnya yang pedes dan seger!

Robert Wolter Monginsidi - Manado

Saat kemerdekaan Indonesia diproklamasikan, beliau sedang berada di Makassar. Namun, Belanda berusaha untuk mendapatkan kembali kendali atas Indonesia setelah berakhirnya Perang Dunia II. Mereka kembali melalui NICA (Netherlands Indies Civil Administration/Administrasi Sipil Hindia Belanda) dan beliau menjadi terlibat dalam perjuangan melawan NICA di Makassar. Perjuangannya berujung dengan eksekusi mati oleh pihak Belanda terhadap dirinya pada 5 September 1949. Perjuangan putra Manado ini tidak berakhir sia-sia, saat ini kita bisa hidup dengan tenang di tanah air Indonesia.
 - eatbmaView All Photos
Photo Source: eatbma
Untuk makanan khas Manado, restoran yang satu ini adalah juaranya! Cita rasa masakan pedas sudah menjadi ciri khas rumah makan yang terletak di kawasan Seanayan ini. Berbagai menu masakan khas Manado bisa kamu temuin disini mulai dari makanan berat, hingga cemilan-cemilan berbagai macam kue. Kalo kalian mau makan disini, siap-siap deh keringetan karena rasa pedas yang fenomenal!

Raden Soedirman - Purbalingga

Warga Jakarta pasti sudah familiar banget dengan nama pria asal Purbalingga ini. Semenjak masa kecil, beliau dikenal sebagai sosok yang pintar, rajin, dan taat beragama. Ia juga pernah mengemban profesi sebagai guru, hingga kepala sekolah. Namun semasa perang melawan Belanda, beliau juga ikut aktif berperang dalam memperjuangkan tanah air kita ini. Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaan, beliau ditugaskan presiden pertama Indonesia, Bung Karno, untuk mengawasi penyerahan diri tentara Jepang di Banyumas. Ia juga terus aktif dalam proses akhir pengusiran tentara Belanda dari Indonesia. Beliau wafat kurang lebih satu bulan setelah Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia akibat penyakit TBC yang dideritanya. Ia dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Semaki, Yogyakarta.
 - kompasView All Photos
Photo Source: kompas
Makanan khas Purbalingga mungkin tidak mudah untuk dicari di Jakarta, namun bukan berarti tidak ada! Sroto (sebutan lain untuk soto), menjadi salah satu masakan khas Purbalingga yang paling enak, dan bisa kamu temuin di rumah makan yang satu ini. Kuah sroto ayam yang bening, lengkap dengan suwiran daging ayam yang royal, sayuran, dan disantap bersama dengan tempe mendoan! Wah seger banget!

Cut Nyak Dhien - Aceh

Sosok pahlawan wanita Indonesia yang paling luar biasa! Bersama suami keduanya, Teuku Umar, beliau ikut bertempur melawan Belanda di tanah Aceh. Namun, Teuku Umar gugur saat menyerang daerah Meulaboh pada tanggal 11 Februari 1899, sehingga ia berjuang sendirian di pedalaman Meulaboh bersama pasukan kecilnya! Sayang kondisi fisik yang sudah kurang optimal membuatnya ditangkap oleh Belanda. Beliau akhirnya wafat pada tanggal 6 November 1908 dan dimakamkan di Gunung Puyuh, Sumedang.
 - Kedai Mie Aceh AbueView All Photos
Photo Source: Kedai Mie Aceh Abue
Jika kita membicarakan masakan khas Aceh, udah pasti kita akan mengacu ke mie Aceh! Mie yang dimasak dengan berbagai rempah dan rasa pedas yang sangat khas! Buat mie Aceh yang enak, kamu harus coba mampir ke rumah makan yang terletak di kawasan Tebet ini. Asli enak banget! Bener-bener autentik Aceh!

Bung Tomo - Surabaya

Pria asal Surabaya yang lebih dikenal dengan sebutan Bung Tomo ini menjadi aktor utama dalam perang 10 November di Surabaya. Pada Oktober dan November 1945, beliau menjadi salah satu Pemimpin yang menggerakkan dan membangkitkan semangat rakyat Surabaya, yang pada waktu itu diserang habis-habisan oleh pasukan Inggris yang mendarat untuk melucutkan senjata tentara pendudukan Jepang dan membebaskan tawanan Eropa. Ia dikenal dengan semangatnya yang sangat berapi-api dalam memperjuangkan tanah air Indonesia tercinta.
Salah satu masakan khas Surabaya yang paling dikenal adalah ayam goreng! Rumah makan in ijuga sudah dikenal sebagai jauranya ayam goreng khas Surabaya. Ayam digoreng hingga garing, namun bagian daging ayam tetap lembut. Bumbu juga beresap mulai dari kulit, hingga daging! Enak banget deh!