Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Jajanan Khas Pontianak Yang Jadi Heboh Karena Penampilan Cetar Ibu Ie Suan!

Chandra WijayaChandra Wijaya
Hebohnya Jajanan khas Palembang dan Dandanan Ie Suan1
Jajanan Khas Pontianak Yang Jadi Heboh Karena Penampilan Cetar Ibu Ie Suan!
Tampilan penjaja makanan dengan dandanan cetar membahana dan lagi hype di media sosial belakangan ini memang berhasil mencuri perhatian banyak mata, tidak terkecuali tim Qraved. Kami pun nggak mau ketinggalan untuk bertemu langsung dengan Ibu Ie Suan yang terkenal akan kehebohannya dalam berdandan! Begitu tim Qraved sampai di gerainya yang ada di ITC Mangga Dua, mata kami pun terbelalak karena begitu excited bisa bertemu langsung dengan "sang idola baru". Penasaran ada apa saja yang tersembunyi di balik tampilan heboh Bu Ie Suan? Yuk simak ulasan lengkapnya!
Bayangkan, begitu melewati tikungan yang langsung menuju ke gerai Ie Suan, mata tim Qraved langsung mengarah ke bulu mata palsu bermotif pelangi lengkap dengan warna-warna terang yang menghiasi mata si ibu penjual makanan itu. Ditambah lagi bu Le Suan juga mengenakan pakaian dengan warna dan motif yang senada dari ujung kepala hingga kaki. Semuanya serba pelangi dan warna-warni! 
Tim Qraved pun bertanya-tanya butuh berapa lama persiapan untuk dandan seperti ini, sedangkan Ibu Ie Suan tetap harus membuat segala kue yang akan dijual nantinya. "Gampang kok, nggak susah mengatur waktunya. Kita buka jam 11 siang. Paginya saya bikin kue dulu, setelah itu baru deh dandan. Dandannya pun nggak butuh waktu lama, lho", tukas Ibu Ie Suan sambil melemparkan candaan. 
Kantin Ie Suan Hebohnya Jajanan khas Palembang dan Dandanan Ie Suan2View All Photos
Photo Source: 
Kantin Ie Suan Hebohnya Jajanan khas Palembang dan Dandanan Ie Suan3View All Photos
Photo Source: 
Mungkin sekilas ini jadi sebuah strategi marketing yang hebat buat menarik perhatian pelanggan. Tapi jangan kamu kira Ibu Ie Suan sudah merencanakan ini dari awal. Dari pertama munculnya gerai ini pun, Ibu Ie Suan masih berpakaian selayaknya pengunjung mall pada umumnya. Hingga suatu hari ia iseng membeli bulu mata bermotif unik di dalam gerai ITC Mangga Dua, ia bertanya dan meminta pendapat suaminya. "Kata si Koko (suaminya) bagus kok. Ya, udah deh setelah itu berani memakai semua ini untuk sambil berdagang", ujar wanita kelahiran 1972 ini.
Tapi seheboh apapun penampilan Ibu Ie Suan, bukan hanya penampilannya yang bakal bikin kamu kesenangan duduk di kantin ini. Jejeran kue yang ditampilkan juga tak kalah heboh dan menarik perhatian mata. Makanan yang disajikan rata-rata berkonsep kue traditional khas Pontianak yang mungkin saja masih asing di telinga anak muda masa kini. Mulai dari ketan duren, bugis mandi, talam kucai, choipan, sampai arem-arem pun ada! Cita rasanya seakan membangkitkan masa kecil yang nggak terlupakan. 
Kantin Ie Suan Hebohnya Jajanan khas Palembang dan Dandanan Ie Suan4View All Photos
Photo Source: 
Kantin Ie Suan Hebohnya Jajanan khas Palembang dan Dandanan Ie Suan5View All Photos
Photo Source: 
Kantin Ie Suan Hebohnya Jajanan khas Palembang dan Dandanan Ie Suan6View All Photos
Photo Source: 
Nah karena tim Qraved sudah nggak sabar ingin coba langsung, kami pun memilih makanan paling favorit untuk dicoba. Pertama, ada Talam Kucai. Seperti namanya, makanan ini merupakan hasil olahan tepung beras yang dipadu dengan sayur kucai, lalu dinikmati bersama topping udang kering. Rasanya pun bakal makin nikmat dengan sambal, nyam! Kemudian beralih ke porsi yang sedikit besar, ada pun Nasi Bakar. Siap-siap ketagihan sama aroma dan rasa nasi bakar yang gurih banget, kemudian isian daging ayam dan cabe rawit udah cukup bikin lidah bergoyang! Sedangkan untuk makanan manis, coba pesan Ketan Duren, Bugis Mandi, Mutiara Tales, atau Wajik. Biarpun jajanan ringan, tapi cocok sekali untuk sambil berisitirahat setelah lelah berbelanja di gedung ITC Mangga Dua ini. 
Kantin Ie Suan Hebohnya Jajanan khas Palembang dan Dandanan Ie Suan7View All Photos
Photo Source: 
Kantin Ie Suan Hebohnya Jajanan khas Palembang dan Dandanan Ie Suan8View All Photos
Photo Source: 
Kantin Ie Suan Hebohnya Jajanan khas Palembang dan Dandanan Ie Suan9View All Photos
Photo Source: 
Kantin Ie Suan Hebohnya Jajanan khas Palembang dan Dandanan Ie Suan10View All Photos
Photo Source: 
Kantin Ie Suan Hebohnya Jajanan khas Palembang dan Dandanan Ie Suan11View All Photos
Photo Source: 
Penuh warna-warni di dalam kantin Ie Suan ini. Selain warna dari dandanan a la Ibu Ie Suan, aneka jajanannya pun seakan senada dengan warna-warna terang khas pakaian yang dikenakan. Sambil makan kue-kue enak ini, sambil bercengkrama sama Ibu Ie Suan yang masih berjiwa muda dan humoris ini pasti terasa menyenangkan!