Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Hangatkan Diri dengan 8 Minuman Hangat Khas Nusantara

Karina MarpaungKarina Marpaung
Hangatkan Diri dengan 8 Minuman Hangat Khas Nusantara 1
@jogjaku
Hujan deras kini kerap turun di ibukota tercinta. Udara dingin yang menusuk tulang tentu tak lagi dapat dihindari. Terlalu sering terkena terpaan udara dingin terkadang dapat membuat tubuh tak lagi berada pada kondisi prima. Oleh sebab itu, langkah-langkah preventif harus kamu lakukan agar tak jatuh sakit, seperti menjaga kesehatan dengan mengonsumsi minuman hangat. Dari sekian banyak minuman hangat yang dijual di pasaran, terdapat beberapa jenis minuman hangat khas Indonesia yang sangat nikmat untuk "melawan" udara dingin. Penasaran? Mari simak ulasan berikut ini.
2
Photo Source:  Sate Khas Senayan
Wedang Ronde telah lama dikenal sebagai minuman hangat andalan banyak orang untuk membuat tubuh tetap nyaman di musim penghujan. Wedang Ronde dapat dengan mudah kamu temukan di berbagai sudut ibukota, baik di lapak kaki lima maupun restoran seperti Sate Khas Senayan.
3
Photo Source:  Suwe Ora Jamu
Selain Wedang Ronde, jenis wedang lain yang juga memiliki banyak penggemar adalah Wedang Uwuh. Minuman yang terbuat dari jahe dan ragam rempah-rempah nusantara ini sangat cocok kamu nikmati kala hujan datang menghampiri. Tak perlu repot mencari keberadaan Wedang Uwuh di Jakarta karena kamu dapat dengan mudah menemukannya di kedai Suwe Ora Jamu.
4
Photo Source:  Kedai Dang Hiang
Pernahkah kamu mendengar minuman hangat bernama Bir Pletok? Biarpun menyandang nama “bir”, namun minuman tradisional Betawi ini sama sekali tidak mengandung alkohol melainkan terbuat dari rempah-rempah dan bermanfaat bagi kesehatan. Jika ingin menghangatkan tubuh dengan meminum Bir Pletok, kamu bisa mengunjungi Kedai Dang Hiang yang terletak di bilangan Kebon Jeruk.
5
Photo Source:  @emilia_foodstylist
Selain Betawi, orang Sunda pun memiliki minuman hangat khas bernama Bandrek. Minuman ini memiliki bahan dasar berupa jahe dan gula merah. Ketika tubuh terasa kurang sehat akibat terus-menerus terpapar udara dingin, segera nikmati Bandrek nikmat yang bisa kamu peroleh di restoran Remboelan.
6
Photo Source:  @ardyanniko
Tak hanya Bandrek, Bajigur juga merupakan minuman khas Jawa Barat yang telah terkenal di seluruh penjuru nusantara. Kamu tidak perlu pergi jauh ke wilayah Jawa Barat untuk dapat menikmati Bandrek karena minuman ini dapat kamu jumpai di Kedai Seni Djakarte yang teletak di kawasan Kota Tua.
7
Photo Source:  @lesp4ul
Setelah "jalan-jalan" ke Jawa Barat, marilah kita beralih ke wilayah Jawa Tengah dan mengenal minuman hangat asal daerah tersebut. Salah satu minuman hangat khas Jawa Tengah yang paling populer adalah Sekoteng. Minuman ini terbuat dari jahe dan umumnya berisi kacang hijau, kacang tanah, pacar cina, dan potongan roti. Bila dingin yang menusuk seakan memaksamu untuk segera mengonsumsi minuman hangat, jangan ragu untuk melangkahkan kakimu ke kedai sekoteng Saung Bandung yang berada di kawasan Taman Aries, Jakarta Barat. 
8
Photo Source:  @abdulluthfi11
Nama Teh Talua mungkin belum terlalu populer di kalangan masyarakat Jakarta. Ya, keberadaan minuman ini memang masih jarang ditemukan di kawasan ibukota. Namun jangan khawatir, jika kamu penasaran dengan kenikmatan teh khas Minang ini, kamu dapat mencicipinya di Kadai Teh Talua yang terletak di Bintaro.
9
Photo Source:  @bodiepulido
Bosan dengan kopi ala kedai kopi Western? Cobalah untuk menghangatkan diri dengan sajian kopi khas nusantara di Café Betawi. Di sini, kamu dapat memilih kopi dari berbagai wilayah di Indonesia, seperti Aceh, Toraja, Bali, dan Papua.