Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Dummy Makanan Yang Benar-Benar Mirip Aslinya!

Chandra WijayaChandra Wijaya
Dummy Makanan Yang Benar-Benar Mirip Aslinya! 1
Dummy Makanan Yang Benar-Benar Mirip Aslinya!
Saat sedang antre makanan, pernahkah kamu terkecoh akan dummy makanan yang dipajang di dalam etalase sebuah restoran? Wajar kok! Itu karena tampilan hingga detail makanannya terlihat sangat mirip seperti aslinya. Nah, pernah nggak terpikir, "Kok bisa ya dibuat mirip seperti aslinya?". Coba saja lihat bentuk-bentuk makanan, biasanya seperti makanan bento, soup, rice bowl, ataupun steak. Yuk intip langsung seperti apa pembuatan dummy makanan, serta apa pengaruhnya pada pihak restoran tersebut!
Sebenarnya pada tahun 1917 lalu, penggunaan replika ini hanya untuk penggunaan dekorasi rumah, seperti tanaman rumah. Namun setelah beberapa tahun kemudian, beberapa restoran di Tokyo mulai berpikiran untuk menjadikan replika ini sebagai penarik pelanggan paling ampuh yang dipajang di meja kasir. 
Selain guna menarik pelanggan, dummy ini juga digunakan untuk memberi gambaran kepada pelanggan tentang berbagai menu yang dihidangkan. Karena jika memakai makanan asli, warnanya pun dapat berubah dan tak segar lagi jika disimpan terlalu lama, maka para restoran tersebut mengkreasikannya dengan dummy makanan. 
Nah, tahukah kamu bahwa dummy ini nggak dibuat sembarang, namun melalui hasil tangan para seniman atau pengrajin yang handal dalam melakukan teknik khusus. Lihat saja detail mulai dari ukuran, bentuk hingga warnanya, mirip sekali seperti aslinya. Sedangkan jika bicara tentang bahannya, dummy ini pada awalnya terbuat dari lilin. Namun seiring berkembangnya zaman, penggunaan lilin digantikan dengan resin sintesis yang sifatnya lebih tahan lama. 
Sedangkan dari segi warna pun, prosesnya harus dilakukan dengan sangat teliti, mengingat setiap dummy harus menggambarkan langsung seperti apa penyajiannya. Misalnya, warna cokelat pada daging steak harus benar-benar muncul, ataupun warna kuning pada telur agar pelanggan mengetahui seperti apa tingkat kematangannya. Nah, daripada kamu penasaran, yuk lihat saja beberapa foto dummy makanan yang berhasil bikin ngiler ini.
Dummy2
Photo Source:  kiki dwi blog spot
Dummy3
Photo Source:  @crayonscraft
Dummy4
Photo Source:  @crayonscraft
Dummy5
Photo Source:  @crayonscraft
Dummy6
Photo Source:  @crayonscraft
Dummy7
Photo Source:  KuroHouse of Craft
Dummy8
Photo Source:  @crayonscraft
Dummy9
Photo Source:  @crayonscraft