Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Berbagai Olahan Tahu Khas Nusantara Yang Bikin Kangen

Ruth StephanieRuth Stephanie
Berbagai Olahan Tahu Khas Nusantara Yang Bikin Kangen1
Berbagai Olahan Tahu Khas Nusantara Yang Bikin Kangen
Tahu adalah salah satu jenis makanan yang sering menjadi pilihan untuk menu sehari-hari kebanyakan orang di Indonesia, dengan berbagai olahan. Kamu sendiri mungkin punya favorit olahan tahu yang digemari. Dari beberapa olahan di bawah ini, yang mana yang paling kamu suka?

Tahu Tek

Tahu Tek2
Photo Source:  @horizonhoman
Olahan tahu pertama ada Tahu Tek yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur. Untuk membuat olahan tahu yang satu ini sangat mudah. Tahu yang sudah digoreng dipotong-potong, lalu ditambahkan tauge, kentang, irisan ketimun, daun bawang kemudian lumuri saus kacang di atasnya. Oh iya jangan lupa tambahkan krupuk supaya lebih nikmat.

Tahu Gimbal

Tahu Gimbal3
Photo Source:  @chokysagala
Kalau olahan tahu yang satu ini bernama Tahu Gimbal dan berasal dari Semarang. Tahu Gimbal terlihat lebih ‘berisi’ dibanding Tahu Tek karena di dalamnya juga ditambahkan kol dan udang yang digoreng dengan tepung. Selain itu pula, bumbu kacangnya khas karena menggunakan petis udang. Wah olahan tahu seperti ini sih bisa banget untuk menu makan siang ya.

Tahu Pletok

Tahu Pletok4
Photo Source:  @sanhesti
Olahan tahu yang berasal dari Tegal ini memang lebih enak dinikmati saat sore hari sambil minum teh atau kopi. Cara pembuatan yang sederhana memang kerap banyak yang menjadikan tahu pletok sebagai peluang usaha. Makanya nggak sulit kok untuk mencari Tahu Pletok di kota besar seperti Jakarta. Rasanya yang gurih dan nikmat memang menjadi ciri khas tersendiri untuk olahan tahu satu ini.

Tahu Pong

Tahu Pong5
Photo Source:  @herry_suwandi
Untuk olahan tahu satu ini sudah banyak kita dapati di menu restoran yang tersebar di kota besar. Tahu Pong ini berasal dari Semarang, dan tak sedikit orang yang memesan Tahu Pong ini sebagai hidangan pembuka. Tahu Pong memang tidak memiliki isian apapun, tetapi jika sudah dicocol sambal petis atau dimakan langsung dengan cabe rawit, tangan kamu nggak bakal berhenti dan maunya makan terus.

Tahu Campur Lamongan

Tahu Campur Lamongan6
Photo Source:  @kalodhanganphotography
Kalau kamu menyantap olahan tahu yang satu ini dijamin bakalan kenyang deh. Gimana nggak kalau kuahnya aja dari kaldu sapi, ditambah dengan isian seperti daging, mie kuning, tauge, salada, perkedel, dan tentu saja krupuk sebagai pelengkap. Kini di kota besar seperti Jakarta agak sulit menemukan kaki lima yang menjual Tahu Campur Lamongan. Makanya ngangenin banget kan?

Tahu Bulat

Tahu Bulat7
Photo Source:  @tahuyaki
Ini dia tahu yang fenomenal dimana-mana, apalagi kalau bukan Tahu Bulat! Biasanya Tahu Bulat dijual menggunakan mobil bak terbuka dan digorengnya secaranya mendadak. Tahu yang satu ini memang lebih nikmat dinikmati dengan cabe rawit dan segelas teh hangat di sore hari. Rasanya yang gurih dan empuk memang ngangenin banget buat ngemil sore-sore.

Tahu Gejrot

Tahu Gejrot8
Photo Source:  @evannachang
Olahan tahu selanjutnya adalah Tahu Gejrot. Olahan tahu asal Cirebon ini memang sudah semakin jarang bisa ditemukan dimana-mana. Tahu yang dipotong kecil-kecil kemudian ditaburi bawang dan kuahnya yang khas itu memang kerap dirindukan sebagian orang. Rasa asam, pedas dan gurih menjadi satu dalam satu sajian Tahu Gejrot. Jadi kangen!