Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

9 Sambal Nusantara yang (Mungkin) Belum Kamu Kenal Selama Ini

Chandra WijayaChandra Wijaya
9 Sambal Nusantara yang (Mungkin) Belum Kamu Kenal Selama Ini1
9 Sambal Nusantara yang (Mungkin) Belum Kamu Kenal Selama Ini
Tahukah kamu kalau tiap daerah punya sajian sambal tersendiri? Kalau selama ini kamu hanya menikmati sambal terasi atau bawang, masih banyak lagi jenis sambal lainnya yang mungkin asing di telinga dan lidah kita. Di jurnal Qraved kali ini, kami akan membeberkan informasi yang bakal bikin kamu tercengang sekaligus penasaran. Yuk simak ulasannya!

Sambal Gami

Sambal Mugi2
Photo Source:  @renprt86
Pertama, perkenalkan dulu sambal dari daerah Bontang, Kalimantan Timur, ini dia sambal Mugi! Kalau kamu belum pernah cobain sambal ini, siap-siap bakal ketagihan. Pasalnya, sambal yang biasa disajikan bersama ikan ini ditaruh di atas cobek dalam keadaan super panas hingga meletup-letup. Dinikmati selagi hangat plus nasi memang maknyus!

Sambal Tumpang

Sambal Tumpang3
Photo Source:  Diah Didi
Sragen juga nggak mau ketinggalan, kabupaten ini punya sambal yang unik dan digemari banyak orang, yaitu Sambal Tumpang. Uniknya, sambal ini terbuat dari tempe yang hampir membusuk dan ditumbuk bersama cabai, santan, dan rempah-rempah lainnya. Sayang kan, daripada dibiarkan membusuk, lebih baik diolah hingga bisa dinikmati, kan?

Sambal Embe

Sambal Embe4
Photo Source:  @meytariana Follow
Terbang ke Bali, mari saatnya bertemu sambal khas kota ini. Perkenalkan, sambal Embe yang biasa disajikan bersama lauk dan nasi hangat supaya rasanya makin nikmat. Sensasi pedasnya pun berbeda dibanding sambal lainnya, lebih memiliki aroma tersendiri. Ada yang sudah pernah coba?

Sambal Goang

Sambal Goang5
Photo Source:  @nasibakarpadasuka
Sedangkan Tasikmalaya, kota ini punya sambal bernama Goang. Katanya, rasa sambal ini sungguh enak lho dengan tambahan bawang dan diolah dengan cara ulek kasar. Nah sudah seenak ini, orang di sana biasa menyantapnya dengan nasi tutuh oncom pula. Wah, juara nih!

Sambal Kaluku

Sambal Kaluku6
Photo Source:  Dapoer Yuyu
Kalau kita melirik ke sambal khas Ujung Pandang, sambal bernama Kaluku ini sedikit berbeda dibanding tampilan sambal pada umumnya. Sambal ini terbuat dari serutan kelapa parut, daging ikan gabus yang disuwir, campuran cabai, bawang, dan seledri. Sehingga muncul lah hasil seperti di foto ini. Penasaran?

Sambal Seruit

Sambal Seruit7
Photo Source:  dentistvschef.wordpress.com
Sambal Seruit adalah jenis sambal khas Lampung. Kamu pasti belum pernah dengar nama sambal ini. Sebenarnya, nama Seruit ini adalah nama masakan ikan yang dibalur dengan lumuran sambal terasi, sehingga disebut pula dengan nama Sambal Seruit. 

Sambal Tempoyak

Sambal Tempoyak8
Photo Source:  Tastemade
Mungkin beberapa dari kamu ada yang sudah nggak asing, atau mungkin belum pernah dengar sama sekali. Sambal Tempoyak adalah jenis sambal dari Sumatera Selatan. Kamu juga akan sedikit terkejut melihat hasil olahan sambal ini, yakni dari daging buah durian yang telah difermentasi. Tapi nyatanya, banyak sekali yang bilang sambal ini enak banget, lho! 

Sambal Bongkot

Sambal Bongkot9
Photo Source:  @warungkayumanisbali
Balik lagi ke Bali. Kota ini memang punya segudang masakan yang super enak. Setelah sambal embe, ada pula sambal Bongkot yang terbuat dari bunga kecombrang. Uniknya lagi, bunga kecombrang diiris tipis dan dicampur dengan cabe plus bawang. Nggak terbayang sih aromanya akan luar biasa nikmat! Biasanya sambal ini juga disantap bersama daging ayam dan ikan. Maknyus!

Sambal Tuktuk

Sambal Tutuk10
Photo Source:  @makanantabagsel
Jangan lupakan juga Sumatera Utara. Sambal khas Batak Toba yang bernama Sambal Tuktuk ini bisa disandingkan dengan sambal lainnya. Kalau kamu lihat di daerah asal, orang sekitar biasa mencampur tuktuk dengan ikan aso-aso atau juga ikan teri tawar. Lihat nih dari merah dan bentuknya, ingin segera dilahap!