Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

8 Soto Khas Nusantara Terfavorit Rakyat Indonesia

Ruth StephanieRuth Stephanie
8 Soto Khas Nusantara Terfavorit Rakyat Indonesia1
8 Soto Khas Nusantara Terfavorit Rakyat Indonesia
Siapa yang nggak suka soto? Pasti kamu semua rata-rata pada suka! Apalagi dinikmati pas hujan deras melanda, soto memang paling jago untuk menghangatkan. Dan ternyata, Indonesia mempunyai banyak sekali jenis olahan soto. Qraved akan membahas delapan soto khas negeri kita yang menjadi favorit banyak orang. Kira-kira soto kesukaanmu ada nggak ya? Yuk dicek aja.

Soto Banjar

Soto Banjar2
Photo Source:  @doyancooking_
Yang pertama ada Soto Banjar yang berasal dari daerah asalnya ya tentu saja Banjar, Kalimantan Selatan. Isian Soto Banjar ada perkedel, daging ayam yang disuwir-suwir, telur, kentang rebus. Kuahnya sih memang tidak jauh berbeda dengan soto ayam pada umumnya, tapi Soto Banjar tidak menggunakan kunyit. Soto ini enak dinikmati dengan tambahan ketupat. Nendang banget untuk menu makan malam apalagi kalau cuaca lagi dingin.

Soto Surabaya

Soto Surabaya3
Photo Source:  @robertwijayaaa
Soto favorit selanjutnya adalah Soto Surabaya. Kuah Soto Surabaya yang berwarna kuning ini memang enak banget di lidah, apalagi dengan adanya sentuhan koya. Kuah kunyit ditambah koya dengan isian daging, telur, bihun, dan nasi cocok banget untuk menu makan siangmu. Jangan lupa krupuknya!

Soto Kudus

Soto Kudus4
Photo Source:  @yelyakurniawan
Soto Kudus memang pada biasanya dihidangkan di sebuah mangkuk mungil ditambah beberapa pelengkap lainnya seperti sate, gorengan tempe, tahu, dan bakwan. Daging yang digunakan oleh Soto Kudus adalah ayam, atau bahkan bisa daging kerbau. Dari namanya kamu mungkin sudah bisa menebak kalau soto ini memang berasal dari Kudus, Jawa Timur.

Soto Padang

Soto Padang5
Photo Source:  @litarizkymaulana
Selain rendang dan sate-nya, Sumatera Barat juga punya soto yang nggak kalah enak, Soto Padang! Kuah dari Soto Padang ini terbuat dari kaldu sapi dengan campuran sedikit cuka sehingga ada rasa asam manisnya. Isiannya daging sapi yang sudah digoreng, bihun, lalu ada perkedel dan tentu saja nasi. Juara banget deh makanan asli tanah Minang yang satu ini.

Soto Lamongan

Soto Lamongan6
Photo Source:  @yani_182124
Soto khas Jawa Timur ini memang sudah merakyat banget di berbagai daerah di Indonesia. Kuah beningnya segar, apalagi disertai dengan bumbu koyanya yang bikin ketagihan. Isian Soto Lamongan ada daging ayam kampung, telur, bihun dan tentu saja nasi yang dicampur sekaligus. Makan siang dengan Soto Lamongan memang surga banget.

Coto Makassar

Coto Makassar7
Photo Source:  @hastritwello
Kelezatan Coto Makassar memang nggak perlu dijelaskan lagi deh, kuahnya yang kental memang pas banget untuk suasana dingin. Bukan itu saja, daging yang digunakan untuk coto Makassar ini selain daging sapi juga ada jeroannya. Karena itu Coto Makassar menjadi makanan favorit banyak orang. Tambahan kerupuk dan daun bawang memang wajib banget kalau kamu ingin menyantap soto yang berasal dari tanah Sulawesi Selatan ini.

Soto Mie Bogor

Soto Mie Bogor8
Photo Source:  @ze_boe
Siapa yang nggak pernah merasakan kenikmatan Soto Mie Bogor? Kalu belum buruan cari deh karena soto mie Bogor bisa ditemui di mana aja. Soto Mie Bogor banyak menjadi favorit semua orang karena isiannya yang rame, ada daging sapi yang empuk, riso, mie kuning, bihun, tauge, dan tambahan nasi kalau memang kamu lagi laper berat. Kuah sotonya itu lho minta banget dilahap hingga akhir!

Soto Betawi

Soto Betawi9
Photo Source:  @bastichendra
Semua orang cinta Soto Betawi. Setuju? Kuah santannya yang nikmat, irisan daging yang empuk, kentang, hingga pelengkapnya seperti emping dan acar harus banget diicip. Nggak sedikit tempat makan yang menjual Soto Betawi di banyak daerah di seluruh Indonesia. Soto asal Jakarta ini juga terkadang ada yang menambahkan jeroan sapi menjadi isiannya. Soto Betawi memang juara.