Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

8 Makanan Khas Palembang Yang Harus Dicicipi Selain Pempek!

Ruth StephanieRuth Stephanie
8 Makanan Khas Palembang Yang Harus Dicicipi Selain Pempek!1
8 Makanan Khas Palembang Yang Harus Dicicipi Selain Pempek!
Siapa sih yang enggak suka sama sajian khas dari Palembang bernama pempek? Kayaknya hampir kebanyakan orang suka banget sama pempek. Nah kali ini Qraved akan membahas beberapa makanan khas Palembang selain pempek yang harus banget kamu nikmati juga. Dari cita rasanya yang benar-benar lezat banget di mulut, dan pastinya hanya Indonesia nih yang punya makanan enak seperti ini. Yuk langsung ditengok aja!

Tekwan

Tekwan2
Photo Source:  @nurkholidah
Untuk yang satu ini pasti sudah pada kenal karena biasanya dijual sama pempek juga. Ada sebagian orang yang mengatakan bahwa tekwan lebih enak daripada pempek. Emang iya? Itu sih menurut selera aja. Tekwan itu sajian yang berupa sup, berbahan dasar ikan dan sagu. Nah uniknya dan yang membuat tekwan ini tambah lezat adalah kuahnya itu kuah udang. Benar-benar nikmat deh disajikan hangat-hangat!

Burgo

Burgo3
Photo Source:  @kulinerjakartautara
Ada yang pernah merasakan enaknya makanan khas Palembang satu ini? Burgo memang enak banget disantap pas sore hari. Makanan khas Palemnbang satu ini terbuat dari tepung sagu, tepung beras, yang kemudian dibuat dadar digulung lalu dipotong-potong, disajikan dengan kuah kentalnya. Untuk bahan pelengkap supaya lebih mantap tambahkan telur rebus dan sambal ya. Mantap nih!

Pindang Patin

Pindang Patin4
Photo Source:  @monicaranita
Ini dia salah satu makanan khas Palembang yang paling enak disantap pake nasi putih hangat. Apalagi kalau bukan Pindang Patin! Makanan satu ini memang favorit banyak orang di Sumatera Selatan sana. Terbuat dari ikan patin yang enak dan lembut itu, pindang patin dicampur dengan kuah yang kaya akan rempah. Dan ada lagi nih irisan nanas yang membuat Pindang Patin makin lezat. Jadi lapar ya?

Lakso

Lakso5
Photo Source:  @alenayalif
Sudah pernah menikmati enaknya Lakso khas Palembang? Makanan sederhana khas Palembang ini juga wajib kamu cicipi lho. Terbuat dari tepung beras yang kemudian dibentuk seperti mie pada umumnya, kuah lakso sebenarnya gak jauh beda dengan kuah Burgo, hanya saja warnanya lebih kuning. Untuk kamu yang ingin menikmati Lakso jangan lupa sambalnya juga ya supaya lebih nendang.

Kue Gandus

Kue Gandus6
Photo Source:  @ignacianaomiaquinaldy
Untuk soal kue, Palembang juga punya nih kue yang nggak kalah enaknya. Namanya Kue Gandus yang dari tampilannya saja sudah cantik. Kue ini terbuat dari tepung beras, santan, ebi sebagai bahan utamanya. Sedangkan untuk topping di atasnya menurut selera aja, bisa cabe yang dipotong kecil maupun bawang goreng. Enak banget deh disajikan bersama teh hangat di sore hari.

Kerupuk Kemplang

Kerupuk Kemplang7
Photo Source:  @uusfernando
Pasti sudah familiar banget kan dengan Kemplang? Biasa dibawa sebagai oleh-oleh khas Palembang, kerupuk kemplang memang kerap menjadi favorit banyak orang di perkotaan untuk camilan selain Pempek. Kemplang khas Palembang ini memang bisa banget membuat orang nggak berhenti ngunyah karena gurihnya Kemplang plus sambalnya yang menari di mulut!

Mie Celor

Mie Celor8
Photo Source:  @winaamir17
Makanan selanjutnya dari Palembang adalah Mie Celor. Mie Celor ini memang telah menghiasi beberapa menu resto Indonesia di Jakarta karena rasanya yang enak dan menghangatkan kerap menjadi menu favorit banyak orang. Campuran tauge, telur dan udang ditambah kuah yang kental benar-benar nagih. Mie ini memang lebih besar ukurannya dibandingkan mie pada umumnya, makanya nggak heran kalau mie celor bikin kenyang.

Tempoyak

Tempoyak9
Photo Source:  @wahida_myall
Sajian khas Palembang yang jangan pernah kamu cuekin adalah.. Tempoyak! Duh kalau sajian yang satu ini, nikmatnya nggak perlu dipertanyakan lagi. Kamu makan nasi putih hangat dicampur sambal tempoyak aja dijamin sedap dan ngenyagin. Rasa durian dan cabe dijadikan satu benar-benar nggak bakal bisa dilupakan.