Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

8 Makanan Jogja yang Ada di Jakarta

sigitprasetyosigitprasetyo
8 Makanan Jogja yang Ada di Jakarta - Main Photo
viva
Jogja emang ngangenin. Bahkan lebih ngangenin daripada mantan. Suasana kota yang nyaman banget, jauh dari hingar bingar kemewahan. Orang-orangnya bersahaja, dan penuh tepo seliro. Dan yang paling ngangenin adalah, makanannya.

Sudahlah. Kalau kamu memang benar-benar rindu pada Jogja, mending datengin tempat-tempat makan berikut. Pasti kerinduanmu pada Kota Gudeg itu sedikit banyak bisa terobati.
2View All Photos
Photo Source:  @jolie_mitra
Rasa gudeg di sini, benar-benar authentic. Nangkanya benar-benar diproses dengan telaten. Nangkanya empuk. Gurih santannya terasa. Dan manisnya pun pas.

Memang, kalau kamu bukan orang Jogja, menganggap gudeg ini terlalu manis. Tapi memang begitulah gudeg: punya rasa manis yang kuat.

Nah, kalau kamu merasa sedikit kemanisan. Mending, campur aja gudeg-nya sama krecek yang sedikit pedas itu. Pasti akan mengurangi rasa manis yang ada.
3View All Photos
Photo Source:  viva
Gudeg Bu Dibyo ini juga punya rasa yang khas Jogja banget loh. Maklum, Gudeg Bu Dibyo ini merupakan cabang dari yang di Jogja.

Nangkanya manisnya pas. Ga bikin enek. Oh, mungkin karena ada bumbu gurih yang ditabur di atas gudeg, ya? Makanya bisa gurih banget. Kreceknya juga kenyal. Apalagi telur rebus semur kecap yang bumbunya meresap itu. Hmmm... siapapun akan tergoda!
4View All Photos
Photo Source:  detik.com
Magelang emang jauh dari Jogja. Tapi kalau kamu makan nasi goreng a la Magelang ini pasti ingatanmu akan terbang ke Jogja. Yap, nasi goreng yang ada mie-nya ini emang Jogja banget.

Nah, Mas Tok punya nasi goreng magelangan yang oke punya. nasinya ga terlalu lembek dan juga ga terlalu berminyak. Pas pokoknya. Suwir ayamnya juga banyak. Apalagi, ada tambahan cabe rawit yang membuat nasi goreng ini jadi kaya rasa. Ga manis doang, tapi ada pedesnya juga.
5View All Photos
Photo Source:  gigastic
Ga ada embel-embel Jogja atau Djawa di restoran yang satu ini. Tapi, percayalah, Sagoo Kitchen punya magelangan yang enak. Nasinya banyak, mienya juga kenyal. Ga terlalu manis juga (mungkin ini magelangan yang paling pas buat lidah non-Jogja). Dan, hmm... ada tambahan kerupuk udangnya.
6View All Photos
Photo Source:  jitunews
Selanjutnya ada bakmi goreng nyemek (benyek, red.). Kalau soal per-bakmi-an, H. Nawi lah yang jadi juaranya. Mie kuning telornya yang khas, punya tekstur kekenyalan yang pas. Bumbunya juga bisa meresap. Meresap di bakmi sama suwir ayamnya. Jadi, laper, yah?
7View All Photos
Photo Source: 
Jape Methe juga punya mie goreng yang Jogja banget. Mie di sini juga punya kekenyalan yang khas. Rasa manisnya tergolong pas, bahkan untuk orang yang jarang makan makanan Jogja. Dan yang lebih asyik lagi, di sini bawang gorengnya melimpah. Sesuatu yang bikin bakminya punya aroma sedap.
8View All Photos
Photo Source: 
Mie godog (rebus, red.) di sini juga juara abis. Kalo soal mie, udah pasti kenyal. Nah, kuahnya tuh berasa banget kaldunya. Kekentalannya pas. Gurihnya dapet. Dan suwir ayam kampungnya itu loh, banyaaaaakkkkkk. Dijamin puas deh kalo makan di sini.
9View All Photos
Photo Source: 
Mbah Surip yang ini, bukanlah Mbah Surip yang jago nyanyi dan udah mangkat. Mbah Surip yang ini punya bakmie godog yang sedap abis.

Kuah bakmi Mbah Surip ini segar dan gurih. Mienya yang kenyal, dan berasa banget kaldu ayamnya, makin mantab ditambah dengan kehadiran acar. Sedap banget!