Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

8 Bahan Makanan Dengan Harga Fantastis Di Dunia

SintyaSintya
8 Bahan Makanan Dengan Harga Fantastis Di Dunia - Main Photo
8 Bahan Makanan Dengan Harga Fantastis Di Dunia
Bagi kamu pecinta kuliner, terutama yang suka masak, yuk perkaya pengetahuanmu dengan cara menyimak beberapa bahan makanan dengan harga fantastis yang ada di dunia berikut ini!

1. Hati Angsa

hati angsa - Spoon UniversityView All Photos
Photo Source: Spoon University
Hati angsa atau istilah kerennya foie gras merupakan bahan makanan yang berasal dari unggas yang diberi makan biji-bijian khusus untuk diambil hatinya saja. Kalau hati angsa normal beratnya hanya berkisar antara 100-200 gram saja, berbeda dengan foie gras yang beratnya mencapai 800-900 gram. Nah, karena perlakuan khusus selama diternakkan inilah yang menjadikan harganya sangat mahal, yaitu mencapai 2.5 juta rupiah per kilogramnya!
Kalau kamu penasaran sama rasa dari makanan mahal ini, coba mampir ke Gastromaquia dan pesan menu Linguine with Foie Gras Sauce atau ke Union dan pesan menu Bakmi Ayam with Foie Gras. Hmm, bisa jadi inilah bakmi ayam paling mahal di Jakarta, ya?

2. Jamur Truffle

Jamur Truffle - asdam.livejournal.com
Photo Source: asdam.livejournal.com
Berbeda dengan jamur lainnya, jamur truffle merupakan jenis jamur yang sangat sulit dan butuh waktu yang lama untuk membudidayakannya. Makanya, tidak heran kalau jamur ini dijual dengan harga yang sangat mahal, bahkan hampir sama dengan harga emas batangan, yaitu mencapai 27.5 juta setiap kilogramnya. Wow!
Di Jakarta kamu bisa mencoba hidangan dengan campuran jamur truffle di Bottega Ristorante dalam menu bakmi yang mereka punya. Yummy!  

3. Daging Sapi Kobe

Daging Sapi Kobe - New York Post
Photo Source: New York Post
Sedangkan untuk daging, daging sapi yang paling mahal di dunia adalah daging sapi Kobe. Daging jenis ini berasal dari keturunan sapi wagyu yang hidup di Kobe, Jepang, dan terkenal memiliki citarasa terbaik di dunia. Nggak cuma itu, lapisan lemak antar serat dagingnya yang banyak inilah yang membuat daging sapi ini sangat mahal, yaitu 3 juta rupiah per kilogramnya. 

4. Sarang Burung Walet

Sarang Burung Walet - Tipsburung.com
Photo Source: Tipsburung.com
Pernah dengar sarang burung walet? Yup, makanan ini berasal dari air liur burung walet yang kaya akan nutrisi. Bahan makanan yang satu ini juga sangat mahal, karena butuh waktu 2 bulan bagi seekor burung walet untuk membuatnya, dan tiap burung hanya dapat membuat dua sampai tiga sarang saja setiap tahunnya. Nggak hanya pembuatannya saja yang lama, para petani sarang burung walet juga harus menempuh proses sulit untuk mengambilnya dari lekukan lorong gua yang tinggi dan sulit diraih. Sarang burung walet ini banyak ditemukan di Asia Tenggara, khususnya Indonesia dan Cina. Harga per sarang burung waletnya sendiri mencapai Rp200.000, lho!

5. Cuka Aceto Balsamico Tradizionale

Cuka Aceto Balsamico Tradizionale - GustaPedia
Photo Source: GustaPedia
Kalau biasanya kita bisa membeli cuka di warung seharga lima ribu rupiah saja setiap botolnya, berbeda dengan cuka yang satu ini. Namanya adalah Aceto Balsamico Tradizionale yang dijual seharga 2 juta rupiah....untuk 100 ml saja! Cuka balsam yang satu ini banyak digunakan oleh koki papan atas dan hanya dibuat di Modena atau Reggio, Italia. Penyedap masakan ini membutuhkan banyak anggur Trebbiano untuk pembuatannya dan difermentasikan selama 12-25 tahun sebelum akhirnya menghasilkan satu botol kecil cuka balsam tradisional super mahal ini.

6. Biji Kopi Termahal di Dunia: Kopi Luwak!

Biji Kopi Termahal di Dunia: Kopi Luwak! - Roam to Wonder
Photo Source: Roam to Wonder
Meskipun agak sedikit terkesan menjijikan, biji kopi yang dihasilkan dari kotoran luwak ini memiliki harga yang cukup mahal, yaitu 4.5 juta rupiah per 500 gramnya. Biji kopi yang banyak ditemukan di Indonesia ini memiliki rasa yang lebih halus dan tidak terlalu pahit, hal ini karena sebelumnya biji kopi sudah difermentasikan di dalam perut luwak sebelum dikeluarkan bersama kotoran.  

7. Jamur Matsutake

Jamur Matsutake - gate-jp.com
Photo Source: gate-jp.com
Selain jamur truffle, ada juga jamur mahal lainnya yaitu Jamur Matsutake yang dijual dengan harga 20 juta setiap kilogramnya. Jamur yang hanya hidup di Jepang ini bisa dibilang sangat jarang ditemukan dan hanya hidup pada pohon cemara sebagai parasit. Meskipun begitu, jamur ini memiliki tekstur yang lembut dan gurih saat dibakar. Nggak heran kalau jamur ini mendapat sebutan sebagai raja makanan musim gugur.

8. Kaviar

kaviar - Wikipedia
Photo Source: Wikipedia
Kaviar merupakan telur yang dihasilkan oleh ikan sturgeon. Biasanya berwarna oranye atau hitam, berbau anyir seperti ikan, dan rasanya yang gurih. Telur ini dipanen dari ovarium ikan dan melewati proses penyaringan yang halus sehingga telur terpisah dari cairan, lemak, dan membran. Selain itu, butuh waktu sekitar 10 tahun bagi ikan sturgeon untuk bertelur. Inilah yang membuat kaviar dijual dengan harga mahal, biasanya mencapai 5 juta rupiah per porsinya.