Qraved
Makan enak! Ingat Qraved
Kuliner apapun yang kamu cari ada di Qraved! Download sekarang!
Sign In

Search

Bisa order
Go Food lho
sekarang!
Klik Order Now
di artikel ini untuk
pesan makananmu

6 Menu Sehat dan Murah Meriah Ala Indonesia

December 07, 2015 17:00
6 Menu Sehat dan Murah Meriah Ala Indonesia
Makanan khas Indonesia mungkin bukan jenis makanan yang identik dengan kata 'sehat'. Seperti yang kamu ketahui, berbagai jenis makanan lokal memang identik dengan menu yang digoreng, santan, dan masih banyak lagi hal-hal yang kurang sehat lainnya. Karena pandangan tersbut kebanyakan orang yang sedang menjaga berat badan lebih banyak mengkonsumsi menu barat, menu-menu seperti salad hingga grilled chicken breast menjadi pilihan bagi mereka yang sedang menjalankan diet. Namun sebenarnya cukup banyak loh menu lokal yang cukup sehat! Makanan khas Indonesia juga punya berbagai pilihan yang kaya akan rasa, nutrisi, vitamin, namun rendah kalori dan lemak! Berikut adalah 7 menu yang sehat ala Indonesia! Sehat, murah, dan mudah ditemukan sehari-hari!
Photo source: detik
Ternyata makanan ala Sunda juga ada loh pilihan menu yang sehat banget, pepes! Yup, menu sederhana ini bisa jadi pengganti lauk-lauk gorengan ala Sunda. Tapi rasanya gak kalah enak kok, berbagai macam pepes mulai dari jamur, tahu, oncom, bahkan pepes ikan bisa menjadi pilihan menu yang sehat buat kamu. Tanpa digoreng, pepes yang dimasak dengan cara dikukus menggunakan banyak rempah-rempah khas Indonesia jelas bisa menjadi pilihan yang sehat buat kamu. Nah, kalo kamu pengen makan pepes yang enak banget, coba deh meluncur ke Talaga Sampireun. Selain berbagai jenis pepes yang enak dan terjangkau banget, kamu bisa nikmatin pemandangan dan suasana restoran yang seru banget!
Photo source: Kenny Diana
Salah menu yang sehat buat kamu yang sedang diet, ayam bakar! Menggunakan bumbu yang terbuat dari madu, ayam bakar jelas lebih sehat ketimbang menu-menu seperti ayam goreng, apalagi jeroan goreng! Ayam bakar mungkin sudah lebih sehat ketimbang beberapa menu loka, tapi kalau mau yang lebih sehat, ayam bakar madu jauh lebih sehat karena ketimbang kecap manis, madu jelas lebih sehat! Soal ayam bakar madu yang enak banget, rumah makan yang satu ini juaranya! Ayamnya pas banget manisnya, gak kelewat manis, dengan sentuhan rasa gurih yang juara banget! Ayamnya juga lebut, dan dinikmati bersama nasi panas dan sambal, wah juara banget!
Photo source: flickr
Satu lagi menu khas Sunda yang relatif sehat, karedok! Menu yang hanya diisi sayur ini jelas menjadi opsi sehat buat kamu yang lagi jaga badan. Memang bumbu kacang yang digunakan pada karedok masih sedikit tinggi akan kalori, tapi sayuran mentah yang digunakan pada karedok jauh lebih sehat daripada gado-gado yang menggunakan sayuran rebus. Hal ini dikarenakan nutrisi dan berbagai vitamin pada sayuran lebih berguna ketika masih dalam keadaan mentah. Restoran Dapur Sunda yang memang dikenal banget berkat makanan khas Sunda yang sangat berkualitas, punya menu karedok yang super enak loh! Sayurannya banyak, bahannya segar, dan rasa bumbu kacangnya juga gurih baget, teksturnya pas!
Photo source: WiddyHenny
Sebagai negara penggila nasi, emang rasanya kurang lengkap kalo makan belom ketemu nasi. Nah, sayangnya nasi putih terhitung sebagai makanan yang kurang sehat. Kadar gula yang cukup tinggi jelas kurang baik bagi penderita diabetes, dan juga siapapun yang lagi jaga berat badan. Beruntung ada yang namanya nasi merah! Kadar gula yang super rendah, ditambah juga dengan serat yang tinggi membuat nasi merah cocok banget buat kamu yang lagi berusaha nurunin berat badan. Rumah makan yang belokasi dikawasan Gaotot Subroto ini menyajikan nasi merah dan berbagai jenis lauk yang bisa kamu pilih. Nasi merah disini enak banget loh! Nasi-nya gak kering, jadi teksturnya gak beda jauh dari nasi putih. Lauk-lauk nuat temenin nasi merah kamu juga lengkap dan enak-enak semua!
Photo source: okezone
Sayur asem merupakan salah satu menu khas Betawi yang sehat banget! Biasanya menu berkuah dari Indonesia memang menggunakan santan. Tapi menu yang satu ini memang dibuat tanpa satan, dan berbahan dasar sayuran. Rasa asam yang segar bener-bener menjadi ciri khas dari makanan yang satu ini, sayur-sayuran seperti jagung yang lembut, hingga buah melinjo juga, wah sedap banget kan! Nah rumah makan yang satu ini terkenal banget dengan sayur asemnya yang super seger! Rasa kuah yang asam, agak manis, dan dilengkapi dengan sambal yang pedes banget. Tempat yang satu ini penuh banget kalo jam makan siang, karena selain sayur asem, mereka juga menyajikan berbagai menu ikan (yang kebetulan cocok dengan tema sehat kita kali ini) yang emang cocok banget sebagai teman sayur asem.
Photo source: sop ikan batam
Dibandingkan dengan daging sapi, hingga ayam, jelas ikam merupakan opsi yang jauh lebih sehat. Kandungan gizi yang tinggi, ditambah dengan jumlah kalori dan lemak yang rendah, menjadikan ikan sebagai sumber protein yang sangat baik buat kamu yang sedang diet. Mau menu ikan yang super sehat? Sop ikan! Nah di restoran yang satu ini, kamu bisa ngedapetin sop ikan yang super enak! Kaldu ikannya berasa banget, dengan rasa gurih khas ikan yang super seger! Kamu cuman butuh menghirup satu sendok kuah sop ikan buat ngerasain betapa enaknya cita rasa menu khas Batam yang satu ini!