Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

6 Makanan yang Takdirnya Berubah

Sigit PrasetyoSigit Prasetyo
6 Makanan yang Takdirnya Berubah1
a_nindyaw
Pada pertengahan 90-an, Desi Ratnasari lewat lagunya yang berjudul Takdir Memang Kejam, sempat mengundang kontroversi. Alasannya, kalo takdir itu kejam, makan Tuhan juga kejam. Karena yang memberi takdir pada  manusia adalah Tuhannya. Dan, karena Tuhan itu penyayang umatnya, maka Tuhan ga pernah memberikan takdir yang kejam pada umatnya itu.

Nah, itu soal takdir. Ya, takdir. Tentang suatu ketetapan yang sudah digariskan. Namun, sebagaimana diketahui, bahwa ada beberapa takdir yang memang bisa diubah manusia dengan usaha mereka sendiri. Pun begitu dengan makanan, ada makanan yang (kini) "takdir"-nya berubah di tangan anak manusia. 

Berikut daftarnya.
Pada pertengahan 90-an, Desi Ratnasari lewat lagunya yang berjudul Takdir Memang Kejam, sempat mengundang kontroversi. Alasannya, kalo takdir itu kejam, makan Tuhan juga kejam. Karena yang memberi takdir pada  manusia adalah Tuhannya. Dan, karena Tuhan itu penyayang umatnya, maka Tuhan ga pernah memberikan takdir yang kejam pada umatnya itu. Nah, itu soal takdir. Ya, takdir. Tentang suatu ketetapan yang sudah digariskan. Namun, sebagaimana diketahui, bahwa ada beberapa takdir yang memang bisa diubah manusia dengan usaha mereka sendiri. Pun begitu dengan makanan, ada makanan yang (kini) "takdir"-nya berubah di tangan anak manusia.  Berikut daftarnya.
Rumah Makan DM 7 takdir2View All Photos
Photo Source:  a_nindyaw
Rumah Makan DM 7 takdir3View All Photos
Photo Source:  a_nindyaw
Pada dasarnya, bakso dan mangkok sudah ditakdirkan bersama. Tapi, apa mau dikata, di tangan Rumah Makan DM, mereka ternyata dipisahkan.

Di rumah makan ini, bakso ga lagi disajikan dengan mangkok. Tapi dengan batok kelapa muda. Hasilnya pun ga jelek-jelek amat, malah jadi unik dan tambah gurih.
Pada dasarnya, bakso dan mangkok sudah ditakdirkan bersama. Tapi, apa mau dikata, di tangan Rumah Makan DM, mereka ternyata dipisahkan. Di rumah makan ini, bakso ga lagi disajikan dengan mangkok. Tapi dengan batok kelapa muda. Hasilnya pun ga jelek-jelek amat, malah jadi unik dan tambah gurih.
Mojo Kitchen & Bar 7 takdir4View All Photos
Photo Source:  Mojo Kitchen & Bar
Mojo Kitchen & Bar 7 takdir5View All Photos
Photo Source:  Mojo Kitchen & Bar
Sejauh yang Qraved tahu, waffle itu ditakdirkan untuk (mampu) berdiri sendiri. Artinya begini, makanan tersebut bisa dimakan tanpa tambahan apapun. Ya, meski ada juga yang kemudian lebih suka untuk menambahkan perasa, seperti maple syrup ataupun es krim, tapi pada dasarnya, makanan ini mampu berdiri sendir.

Tapi, belakangan ini, waffle yang ditakdirkan mampu berdiri, diubah "takdir"-nya, dipadukan dengan ayam goreng. Hmm...
Sejauh yang Qraved tahu, waffle itu ditakdirkan untuk (mampu) berdiri sendiri. Artinya begini, makanan tersebut bisa dimakan tanpa tambahan apapun. Ya, meski ada juga yang kemudian lebih suka untuk menambahkan perasa, seperti maple syrup ataupun es krim, tapi pada dasarnya, makanan ini mampu berdiri sendir. Tapi, belakangan ini, waffle yang ditakdirkan mampu berdiri, diubah "takdir"-nya, dipadukan dengan ayam goreng. Hmm...
Pempek Belida Mas 7 takdir6View All Photos
Photo Source:  @jktfoodbang
Pempek Belida Mas 7 takdir7View All Photos
Photo Source:  @jktfoodbang
Ya, pempek memang sudah digariskan mempunyai rasa asin. Tapi, lain jadinya kalo di Pempek Belida Mas. Pempek di sini dikasih isian Nutella yang punya rasa manis. Unik juga sih, jadi ada semburat rasa manis di tengah dominannya rasa asin dari pempek yang ada.

 
Ya, pempek memang sudah digariskan mempunyai rasa asin. Tapi, lain jadinya kalo di Pempek Belida Mas. Pempek di sini dikasih isian Nutella yang punya rasa manis. Unik juga sih, jadi ada semburat rasa manis di tengah dominannya rasa asin dari pempek yang ada.  
Suntiang 7 takdir8View All Photos
Photo Source:  @thepaperbagmerrymen
Suntiang 7 takdir9View All Photos
Photo Source:  @thepaperbagmerrymen
Begitu juga sama sushi di Suntiang ini. Sushi yang kodratnya berisi ikan, kini berganti dengan rendang. Jelas.. rasanya pun unik banget: ada perpaduan citarasa Jepang dan Indonesia yang kental banget.
Begitu juga sama sushi di Suntiang ini. Sushi yang kodratnya berisi ikan, kini berganti dengan rendang. Jelas.. rasanya pun unik banget: ada perpaduan citarasa Jepang dan Indonesia yang kental banget.
Shirayuki 7 takdir10View All Photos
Photo Source:  eatandtreats
Shirayuki 7 takdir11View All Photos
Photo Source:  eatandtreats
Di Shirayuki beda lagi. Indomie yang biasanya punya rasa pedas atau gurih, kini malah diberi topping es krim yang notabene punya rasa manis. Emang, Indomie ga pernah salah, udah kayak cewek aja.
Di Shirayuki beda lagi. Indomie yang biasanya punya rasa pedas atau gurih, kini malah diberi topping es krim yang notabene punya rasa manis. Emang, Indomie ga pernah salah, udah kayak cewek aja.
MOS Cafe 7 takdir12View All Photos
Photo Source: 
MOS Cafe 7 takdir13View All Photos
Photo Source: 
Agak sumir juga kalo yang satu ini. Entah takdirnya telah diubah atau memang beginilah cara burger "bertahan hidup" menyesuaikan kondisi yang ada.

Ya, burger yang biasanya pakai roti, kini diubah jadi pakai nasi sama MOS Cafe. Hal yang kemudian bisa dimaklumi, memang, mengingat nasi adalah makanan pokok orang Indonesia.
Agak sumir juga kalo yang satu ini. Entah takdirnya telah diubah atau memang beginilah cara burger "bertahan hidup" menyesuaikan kondisi yang ada. Ya, burger yang biasanya pakai roti, kini diubah jadi pakai nasi sama MOS Cafe. Hal yang kemudian bisa dimaklumi, memang, mengingat nasi adalah makanan pokok orang Indonesia.