5 Fakta Tentang Sushi yang Kamu Belum Tahu

5 Fakta Tentang Sushi yang Kamu Belum Tahu

Sushi udah menjelma dari makanan yang 'aneh' hingga makanan yang mainstream. 10-15 tahun yang lalu, gak banyak orang bisa nerima konsep makan ikan mentah, sekarang semua orang suka sushi, mulai dari anak muda, hingga orang tua. Tapi ternyata ada beberapa fakta tentang sushi yang bisa bikin mata kamu terbuka, dan kamu gak akan ngeliat sushi dengan cara yang sama lagi. Berikut lima fakta yang seru banget tentang sushi!

Sushi Mirip Keju?

Photo Source :yokossushi

Sushi rasanya mirip keju? Bukan keju prosesan yang sering kita temui di supermarket atau dialam burger loh, tapi keju-keju khas negara-negara Eropa yang rasa dan aromanya super kuat. Lah apa hubungannya dengan sushi? Ternyata, sushi paling 'original', yang merupakan asal usul dari sushi 'normal' mempunyai rasa yang mengingatkan dengan keju. Rasa asam dan asin yang sangat kuat, ditambah aroma yang ;menyelekit' memang mengingatkan kita dengan keju-keju yang kuat, lantas bagaimana sushi bisa mempunyai rasa seperti itu? Sushi 'original' atau yang disebut juga dengan funazushi, merupakan asal usul dari sushi yang kita kenal saat ini.

Dahulu kala (sebelum manusia mengenal kulkas), funazushi merupakan jenis makanan yang tercipta untuk mempreservasi daging ikan. Ikan mentah dipotong-potong dan dimasukan kedalam wadah bersama nasi dan garam.Kemudian wadah tersebut didiamkan begitu saja selama empat tahun! Nasi yang akan terfermentasi akan membuat daging ikan 'aman' untuk disimpat selama beberapa waktu. Namun rasa dan aroma ikan sendiri akan menjadi sangat 'kuat', dengan sentuhan rasa asam dan asin hingga menyerupai keju. Hmmmm...

Buang Sumpitmu!

Photo Source :

Ternyata, cara paling benar untuk memakan sushi adalah dengan menggunakan tangan. Menurut kultur Jepang, 'merasakan' tekstur sushi dengan tangan juga menjadi bagian penting dari memakan sushi. Konon, kualitas ikan yang segar dan bagus bisa dirasakan dengan sentuhan jari. Selain tak menggunakan sumpit, masih banyak lagi loh cara memakan sushi yang selama ini tidak seharusnya kita lakukan.

Dimulai dari penggunaan kecap asin, soy sauce yang digunakan segarusnya dikit banget loh! Seharusnya sushi hanya dicocol sedikit pada bagian ujungnya kedalam kecap. Selain itu, wasabi tidak seharusnya dicampur kedalam kecap, karena sushi chef sudah memberikan wasabi dengan jumlah yang pas dibagian dalam sushi-nya sendiri, dan jika memang kalian butuh wasabi tambahan, gunakan sedikit wasabi diatas bagian ikan, bukan diaduk-aduk kedalam kecap asin, apalagi diaduk-aduk dengan bubuk cabe..

Ini Dia Sushi Paling Besar!

Photo Source :themarysue

WOW! Sushi yang super gede ini bisa kamu temuin di kota Anjo, Jepang. Sushi yang dinamakan Generous Roll ini mempunyai berat sekitar 7.5 kg, dan dihargai sekitar Rp. 2.000.000,-! Seporsi sushi roll ini membutuhkan lebih daru 20 jenis bahan dalam jumlah yang sangat besar tentunya. Menu yang satu ini bisa dipesan siapa saja karena memang makanan yang satu ini masuk kedalam menu reguler dari restoran Umewaka, tapi proses pembuatan sushi ini membutuhkan waku yang lama, jadi kalo kamu mau coba, harus pesan dua hari sebelumnya.

Hati-hati Kalori Sushi!

Photo Source :paupersguide

Sushi memang terlihat sebagai makanan yang cenderung sehat. Porsi yang kecil, ikan segar, dan sayuran. Banyak orang yang mengaggap sushi sebagai alternatif sehat jika sedang diet. Ouupss, salah besar! Sushi sebenarnya mempunyai kalori yang sangat besar! Seporsi California Roll standard yang biasa diisi dengan crab stick, potongan alpukat, dan timun mngandung 300 kalori! Jumlah nasi yang terlihat sedikit dalam sushi sebenarnya cukup banyak, karena dipadatkan, maka nasi terlihat jauh lebih sedikit.

Tadi hanya hitungan kalori untuk California Roll standard, coba kamu perhatikan berbagai jenis sushi yang biasa kita temui di Jakarta. Kulit salmon yang digoreng, atau udang tempura dalam sushi (yang juga digoreng tentunya), berbagai jenis saus termasuk mayones yang tinggi kalori, hingga 'kremesan' tempura yang biasa disajikan berlimpah, wah bahaya! Dua porsi fusion sushi yang sering kita temukan mempunyai 755-800 kalori, sama dengan Bic Mac plus seporsi kentang! BAHAYA..

Butuh Waktu Panjang Menjadi Sushi Chef

Photo Source :kohanagroup.com

Saat ini sudah banyak banget kan tips, resep, buku-buku, hingga video untuk membuat sushi. Sama dengan resep-resep lainnya, semua orang bisa mempelajari untuk membuat makanan Jepang populer ini. Tapi buat jadi sushi chef profesional yang sebenar-benarnya, membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk menjadi seorang sushi chef, seseorang membutuhkan training hingga lima tahun, training dijalankan langsung bersama seorang master sushi chef. Setelah menjalankan training, orang tersebut harus menjadi asisten terlebih dahulu bagi sang master. Tanggung jawab awal seorang trainee hanya mempersiapkan nasi untuk sushi. Tahapan berikutnya adalh mempersiapkan bahan-bahan seperti wasabi hingga ikan, dan jika memang sang master melihat potensi dan hasil yang memuaskan, barulah ia bisa diangkat menjadi sushi chef. Tapi tentu saja tahapan-tahapan tersebut kebanyakan hanya terjadi di Jepang, dimana membuat sushi sudah dianggap sebagai karya seni.

Gimana? Seru kan fakta-fakta diatas? Sekarang saatnya buat hunting sushi nih! Berikut ada 3 restoran sushi yang seru banget rekomendasi dari kita. Yuk meluncur!

1. Sushi SenPantai Indah Kapuk
View All Photos
Photo Source :foodeatology

Duh seger banget kan liat gambar diatas? Dari foto aja udah keliatan kalo ikan yang digunakan pada sushi ini seger banget. Nah restoran yang satu ini emang dikenal banget sebagai salah satu restoran sushi yang menyajikan ikan-ikan segar. Selain itu relatif murah loh, gak sampe Rp. 20.000,- aja!

BACA SELENGKAPNYA
View All Photos
Photo Source : societsy

Nah kalo restoran yang satu ini udah lumayan legendaris di Jakarta. Disinilah kamu bisa menemukan sushi yang sangat autentik. Jepang banget! Kualitas ikan yang ditawarkan restoran satu ini berkelas banget, lupakan jauh-jauh sushi yang dibanjiri dengan saos mayones dan sambal, disini kalian akan merasakan cita rasa sesungguhnya dari ikan yang segar!

BACA SELENGKAPNYA
View All Photos
Photo Source :culinarybonanza

Biar gimanapun juga, yang namanya fusion sushi memang trending banget beberapa tahun belakangan. Kalo kita ngomongin fusion sushi, sekalian aja kita bahas sushi yang menggabungkan kultur Jepang dan Indonesia! Di restoran yang satu ini, kalian bisa ngerasain sushi ayam pop, hingga sushi rendang! Biarpun namanya tetep sushi, kalian akan ngerasain sensasi yang biasa kamu rasain pada nasi Padang!

BACA SELENGKAPNYA
Want to keep updatedabout food?
Be part of our community and get the latest food trends in town!