5 Fakta Tentang Dimsum Yang Harus Kamu Tahu!

5 Fakta Tentang Dimsum Yang Harus Kamu Tahu!

Siapa yang suka banget sama dimsum? Kalau kamu suka banget udah tahu belom kalau dimsum ini punya fakta yang cukup unik dan menarik. Makanan kecil ini punya peranan penting loh di tradisi Tiongkok. Yuk simak fakta-faktanya!

Tradisi dari Negeri Tiongkok

Kalau yang ini udah jelas banget ya dari namanya juga udah ketahuan kalau dimsum berasal dari Tiongkok. Kalau di negeri asalnya dim sum harus ada di acara Yum Cha atau tradisi minum teh. Biasanya orang-orang tua yang menggelar acara tujuan untuk berkumpul sama keluarga dan teman-teman.

Arti Dim Sum

Dimsum ini punya arti harafiah "point of heart" yang bisa diartikan juga sebagai jantung kehidupan. Kalau dilihat dari tradisi Yum Cha arti harafiah ini ada benernya juga karena dimsum biasa dimakan bersama orang-orang terkasih.

Dua Jenis Dimsum Yang Harus Selalu Ada

Har gow dan shao mai menu yang wajib ada di setiap set menu dimsum di acara Yum Cha. Tanpa kehadiran dua jenis dimsum rasanya tradisi minum teh di Tiongkok sana kurang lengkap.

Kalori Yang Ada Di Dim Sum

Dimsum emang banyak banget jenisnya nih, pernah kepikir nggak sih satu siomay berapa kalorinya? Satu siomay biasanya mengandung 105 kalori, nah ini setara sama satu mangkuk sup kentang loh. Kalau kamu suka sama ceker ayam yang ada di dimsum kalorinya itu ada sekitar 215 kalori per 100 gram. Kalau makan 100 gram dimsum ceker ayam ini setara sama 100 gram daging sapi.

Makanan Untuk Dimakan Ramai-Ramai

Kalau makan dimsum kamu harus banget bawa temen-temen. Porsinya emang kecil-kecil banget tapi lebih enak kalau makannya bareng-bareng.

Sekarang udah tahu kan fakta-fakta yang ada di balik dimsum. Mulai kebayang gimana enaknya dimsum yang disajikan panas-panas. Yuk langsung ajak teman atau orang rumah untuk makan dim sum di tempat rekomendasi kita!

1. Tim Ho WanPantai Indah Kapuk
View All Photos
Photo Source :Anak Jajan

Kalau kamu pecinta dimsum kamu harus banget datang ke sini. Tim Ho Wan ini salah satu restoran dimsum yang mendapatkan Michellin Star loh. Restoran yang asalnya dari Hongkong ini punya beberapa spesial menu diantaranya adalah pork bun dan stemed egg caked.

BACA SELENGKAPNYA
View All Photos
Photo Source :@hokag3

Xia Long Bao di sini emang terkenal banget karena rasanya enak banget. Banyak yang berpendapat kalau xia long bao di sini yang paling enak. Rasa kuah kaldu yang ada di dalamnya itu gurih banget dan kulit luarnya nggak gampang pecah. Wajib dicoba buat kamu yang suka dim sum!

BACA SELENGKAPNYA
View All Photos
Photo Source :@dimsum_inc

Dimsum bisa dimakan kapan aja, setuju nggak? Kalau kamu setuju berarti kamu cocok nih makan di sini soalnya resto dimsum yang satu ini bukan 24 jam. Pilihan jenis dimsumnya tuh banyak banget kamu bakal puas makan dim sum di sini!

BACA SELENGKAPNYA
Want to keep updatedabout food?
Be part of our community and get the latest food trends in town!