Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

5 Fakta Martabak Yang Bakal Bikin Kamu SHOCK!

Nimas AriniNimas Arini
5 Fakta Martabak Yang Bakal Bikin Kamu SHOCK! - Main Photo
5 Fakta Martabak Yang Bakal Bikin Kamu SHOCK!
Suka banget sama martabak? Tapi tau nggak sih ada fakta-fakta unik yang kamu belum tau soal makanan favorit kamu. Kita kasih tau nih fakta yang bakal bikin kamu kaget banget.

Kenapa sih namanya Martabak Mesir?

Sering denger dan liat tempat jual martabak Mesir, tau nggak sih kenapa? Ternyata emang martabak asin yang masuk ke Indonesia itu diperkenalkan oleh orang-orang Mesir jadi nggak salah kalau banyak yang masih make nama martabak Mesir.

Tau nggak Martabak Manis itu asalnya dari mana?

Ada yang tau dari mana asalnya martabak manis yang bikin ketagihan banget itu? Ya ternyata martabak manis asalanya bener-bener dari budaya Melayu-Nusantara. Kaget nggak sih ternyata ini asli kreasi dari Nusantara. Awal mulanya martabak manis ini adanya di Pulau Bangka di sana namanya disebut Hok Lo Pan dan akhirnya nyebar ke seluruh ke Indonesia.

Apa ya nama lain martabak di kota-kota lain di Indonesia?

Di Bandung orang-orang biasanya nyebut terang bulan. Nah tapi kalo di Semarang malah nyebutnya Kue Bandung, lucu ya? Pontianak nyebut martabak dengan sebutan apam pinang. Kalau ke timur-timur Indonesia orang biasa nyebutnya kue bulan.

Penasaran ada berapa kedai martabak yang ada di Jakarta?

Ternyata ada lebih dari 129 kedai martabak di Jakarta.

Martabak itu bikin gendut nggak sih?

Asal tau aja nih kalau makan martabak ayam ada 17,5 ml fat content dan 429 Calori. Kalau makan satu slice martabak perut kamu bakal maju 1,78 mm. Tapi martabak itu bikin seneng dan bahagia kan, bisa meredakan patah hati dan kesel-kesel kamu. Yuk langsung beli martabak.
2View All Photos
Photo Source: 
Martabak di sini sempet terkenal banget karena bikin martabak yang isinya lebih modern kaya Nutella, Toblerone gitu. Tapi emang sih rasa martabak di sini enak banget.
3View All Photos
Photo Source: 
BANG! Martabak ini adonannya pake resep asli dari Bangka. Adonannya emang beda dari yang lain, di sini martabaknya lembut banget.
4View All Photos
Photo Source: 
Nah ini dia martabak yang masih terinspirasi dari India, martabak di sini diamakan pake kari yang rasanya GOKIL parah!
5View All Photos
Photo Source: 
Percaya kan sekarang kalo martabak punya nama lain yaitu terang bulan. Terang bulan di sini rasanya enak banget, apalagi yang keju bikin ketagihan!
6View All Photos
Photo Source: 
Martabak ini emang gokil sama kaya namanya. Kebayang nggak martabak pandan dipakein starwberry plus pisang yang manis. Beuh dijamin kamu food coma!