Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

10 Makanan Khas Lombok Paling Enak Yang Harus Kamu Coba

Haetam AttamimyHaetam Attamimy
10 Makanan Khas Lombok Paling Enak Yang Harus Kamu Coba1
10 Makanan Khas Lombok Paling Enak Yang Harus Kamu Coba
Sudah pernah ke Lombok? Namanya liburan, kamu tentu saja bukan bertujuan untuk melihat pemandangan pantai atau gunung semata. Wisata kuliner juga adalah tujuan penting yang pasti masuk itinerary liburan kamu.

Buat kamu yang punya jiwa petualang dan punya rencana liburan ke Lombok, Qraved punya daftar makanan khas Lombok yang oke banget nih. Sudah berapa yang pernah kamu coba?

Pelecing Kangkung

Pelecing Kangkung2
Photo Source:  @sitisuryawati
Didukung oleh faktor bahwa Lombok memproduksi kangkung dengan rasa dan tekstur terbaik, pelecing kangkung adalah makanan yang jadi favorit di Lombok. Sayur dan sambal, pelecing kangkung memang sederhana tapi bikin ketagihan.

Ayam Taliwang

Ayam Taliwang3
Photo Source:  @taniasudarsono
Bisa dibilang, ayam taliwang adalah main dish dari Lombok yang paling terkenal. Jangankan di Lombok sendiri, di kota-kota lain seperti Jakarta pun kamu bisa banget nemuin ayam pedas yang satu ini. Kemungkinan besar kamu juga udah pernah nyobain sih.

Nasi Puyung

Nasi Puyung4
Photo Source:  @suligirl
Selama beberapa tahun terakhir, nasi puyung adalah makanan khas Lombok yang jadi incaran para penggemar kuliner. Ayam suwir khas Lombok jadi daya tarik nasi puyung yang berasal dari Lombok Tengah ini.

Sate Bulayak

sate bulayak5
Photo Source:  @chenliie
Meski terkenal populer di Lombok, mungkin nggak banyak dari kamu yang kenal sama jenis sate yang satu ini. Bumbunya luar biasa banget dan disajikan bersama lontong. Sate Bulayak pun gampang ditemui terutama di Lombok Barat, termasuk Senggigi yang terkenal sebagai objek pariwisata populer di Lombok.

Sate Rembiga

Sate Rembiga6
Photo Source:  @agunkdunford
Rembiga adalah nama daerah di Lombok Barat, kamu nggak bakal nemuin sate rembiga yang punya ciri khas sendiri dengan rasanya yang kaya. Eksis selama lebih dari dua dekade, sate rembiga adalah harta karun kuliner Lombok yang sangat lezat.

Sate Pusut

sate pusut7
Photo Source:  @hildaoctavia
Yep, sate pusut adalah versi Lombok dari sate lilit khas Bali. Namun jika sate lilit umumnya menggunakan ikan, sate pusut menggunakan daging sapi dan rasanya didominasi oleh serpihan kelapa. Enak banget buat dimakan bersama nasi hangat.

Beberuk Terong

beberuk8
Photo Source:  @ezackz
Jika kamu penggemar ayam taliwang, kamu akan familiar dengan beberuk terong. Jenis sambal yang satu ini berfungsi sangat baik sebagai side dish ayam taliwang dan makanan berat khas Lombok lainnya.

Sayur Ares

sayur ares9
Photo Source:  @hildaoctavia
Mungkin sayur ares nggak terlalu terkenal seperti makanan Lombok lainnya, tapi sayur yang satu ini patut disebutkan. Terbuat dari batang pisang muda, sayur ares ini punya karakter yang creamy dan gurih. Sedap banget deh buat nemenin lauk yang pedes.

Sate Tanjung

sate tanjung10
Photo Source:  @delyapamela
Seperti halnya sate rembiga, nama sate yang satu ini diambil dari nama daerah. Terletak di daerah Lombok Utara, Tanjung memiliki pemandangan yang indah. Semakin lengkap rasanya ketika kamu menikmati sate tanjung yang biasanya terbuat dari ikan. Siang yang terik di Lombok Utara bersama sate tanjung adalah salah satu wujud liburan musim panas yang sempurna. Slurp!

Ikan Bakar Nipah

nipah11
Photo Source:  @artrien_po
Bumbu ikan bakar di Lombok nggak punya perbedaan yang signifikan sama bumbu pada umumnya, mungkin lebih pedas dan ciri khas tradisionalnya lebih berasa. Tapi Pantai Nipah emang udah terkenal sebagai spot paling oke buat menikmati ikan bakar bersama keluarga atau teman-teman. Dan nggak diragukan lagi, kualitas rasa ikan bakar nipah juga bisa diandalkan.