Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Kedai Soto Ibu Rahayu: Cara Lain Menikmati Bogor

Sigit PrasetyoSigit Prasetyo
Kedai Soto Ibu Rahayu: Cara Lain Menikmati Bogor - Main Photo
Kedai Soto Ibu Rahayu: Cara Lain Menikmati Bogor
Bogor tak melulu tentang asinan belaka, Bogor juga surganya soto.

Memang, kalimat tersebut sedikit asing di telinga meski kenyataannya demikian. Maklum saja, Bogor sudah terlalu identik dengan asinan. Namun kenyataan itulah yang membuat Qraved menyempatkan datang ke Bogor sekadar untuk mencari soto. Karena Qraved yakin, bahwasanya banyak soto enak yang ada di Kota Hujan. Dan pencarian itu terhenti di Kedai Soto Ibu Rahayu. Satu-satunya kedai soto yang punya banyak varian menu soto di Bogor. Harganya pun ramah di kantong, mulai 18 ribuan saja.
 -
Photo Source: 
Tak salah. Sedari awal, Qraved langsung jatuh hati dengan Kedai Soto Ibu Rahayu ini. Kedai soto ini memang tak semewah restoran bintang lima, tapi mereka punya pelayanan prima. Meja yang tertata rapi sudah dapat terlihat dari kejauhan. Hijaunya pepohonan juga semakin menambah sedap pengelihatan. Tak sampai di situ, belum juga duduk, Qraved sudah mendapat salam hangat yang khas, dan dipersilahkan memilih tempat duduk. Benar-benar pelayanan yang prima, yang langsung membuat jatuh hati pada kedai soto ini.

Desain bangunan Kedai Soto Ibu Rahayu ini juga cukup unik. Tak ada pembatas dinding antara area outdoor dan area indoor. Sehingga meskipun kita duduk di area indoor, kita tetap dapat merasakan keasrian seperti yang didapatkan oleh pengunjung yang memilih duduk di area outdoor.

Oke, mari kita coba sotonya.

Soto Bogor

 -
Photo Source: 
Dari tampilannya, kita sudah tahu, bahwa Kedai Soto Ibu Rahayu bisa dibilang cukup royal dalam memasukkan kunyit sebagai bahan baku kuah sotonya. Aroma kunyitnya pun cukup kuat dan berpadu dengan aroma rempah-rempah lainnya. Karenanya tak heran kalau wangi soto ini sudah bisa kita cium dari kejauhan.

Daging soto Bogor ini punya tekstur yang empuk. Kuah santannya gurih dan meresap. Dari sini, Qraved tahu bahwa Kedai Soto Ibu Rahayu sangat memperhatikan betul kualitas daging yang mereka pakai.

Benar saja! Kedai Soto Ibu Rahayu memang cukup selektif dalam memilih daging yang akan mereka gunakan. Mereka hanya menggunakan daging sengkel kembang (daging yang ada di pangkal paha sapi) sebagai isian sotonya. Sirkulasi dagingnya pun teratur setiap harinya. Hmm.. pantas saja, kesegaran daging yang dipakai begitu terasa. Karenanya tak heran, kalau soto bogor dari Kedai Soto Ibu Rahayu ini menjadi hidangan yang paling sering dipesan oleh pengunjung.

Soto Rica-rica

 -
Photo Source: 
Rasa penasaran itupun berlanjut. Qraved cukup penasaran dengan soto rica-rica yang ada. Tampilannya yang merah merona, sepertinya terlalu sayang untuk dilewatkan. Dan ketika ditanya ingin menggunakan kuah santan atau kuah bening, Qraved memilih memasangkan soto rica-rica ini dengan kuah bening.

Soto rica-rica ini tak menipu. Tampilannya yang merah merona mencitrakan rasa pedasnya. Bahkan jejak rasa pedasnya tertahan cukup lama di dalam rongga mulut. Aroma rempah-rempahnya juga cukup kuat. Bahkan, dimakan tanpa kuah pun, soto ini tetap enak.

Menyoal kuah. Kuah soto bening yang ada punya citarasa kaldu yang kuat. Sebenarnya, tak heran juga. Karena mereka menggunakan tulang sapi asli sebagai campuran kuahnya.

Soto Oseng

 -
Photo Source: 
Dari segi porsi, soto oseng punya porsi yang tak jauh berbeda dengan soto rica-rica. Dagingnya juga sama-sama punya tekstur yang empuk, mengingat sama-sama menggunakan daging dari sengkel kembang. Soto oseng juga bisa dipadukan dengan kuah bening maupun kuah santan, sama halnya dengan soto rica-rica. Yang kemudian membedakan keduanya adalah cita rasa yang ada. Soto oseng cenderung lebih manis namun gurih. Bahkan rasa gurihnya meninggalkan jejak yang cukup lama di lidah. Dan ketika, dibubuhi sambal merah yang ada di kedai soto ini, cita rasa sotonya akan berubah lebih kompleks, menjadi pedas-manis-gurih.

Soto Goreng

 -
Photo Source: 
Kedai Soto Ibu Rahayu juga punya menu soto goreng yang tak kalah enak. Soto ini berisikan irisan daging sapi, paru sapi, lidah sapi, dan juga kikil. Benar-benar lengkap.

Kikil dan lidahnya punya tekstur yang kenyal. Sedangkan paru sapi yang dipakai cukup renyah, dan punya citarasa gurih yang kuat. Rasanya semakin lezat dan segar dengan meresapnya rasa kaldu dari kuah soto di setiap inchi isiannya.

Soto Wagyu

 -
Photo Source: 
Soto dengan irisan daging wagyu. Cukup unik, bukan?

Makanan yang juga jadi primadona di Kedai Soto Ibu Rahayu ini lahir dari inspirasi pemiliknya yang menyekolahkan anak-anaknya di Jepang. Sang pemilik ingin menggabungkan makanan yang sarat kearifan lokal dengan makanan Jepang. Maka lahirlah soto wagyu ini.

Khusus untuk soto ini, daging sengkel kembang ditanggalkan. Maksutnya, soto wagyu ini benar-benar menggunakan daging wagyu pilihan, tidak menggunakan daging sengkel kembang seperti soto-soto yang ada.

Daging wagyu disini punya tekstur yang lembut, dan tidak ada bercak darah yang tersisa karena dimasak dengan tingkat kematangan welldone. Asin dan gurihnya pun begitu terasa. Rasanya semakin nikmat ketika dicampur dengan kuah bening yang punya cita rasa kaldu yang kuat.