Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Yuk, Sulap Makanan Sisa Menjadi Makanan UNIK!

SintyaSintya
Yuk, Sulap Makanan Sisa Menjadi Makanan UNIK Berikut Ini!1
Kroket Nasi Keju
Kamu pasti pernah bahkan sering kan merasa sayang kalau harus membuang makanan atau kue yang tersisa di meja makan? Kalau sudah seperti ini, sebenarnya ada cara yang lebih kreatif untuk mengakalinya. Caranya adalah dengan mendaur ulang dan mengkreasikan makanan sisa menjadi makanan baru dengan cita rasa yang tak kalah nikmat. Susah? Siapa bilang! Begini cara daur ulangnya! 

1. Cake Pop dari Brownies atau Black Forest Cake

Cake Pop dari Brownies atau Black Forest Cake2
Photo Source:  www.lovefromtheoven.com
Memang sih banyak yang bilang kalau brownies dan black forest cake itu adalah kue yang paling menjadi idola bagi banyak orang. Tapi hal ini juga tidak menutup kemungkinan kalau kue ini akan habis dalam sekali waktu. Kalau sudah begini, kamu bisa memanfaatkannya menjadi kue menarik lainnya yang bisa kamu makan sebagai cemilan, seperti cake pop misalnya. Cake pop sendiri adalah kue yang dibentuk seperti lolipop dan diberi taburan sprinkle di atasnya. Caranya juga cukup mudah. Pertama-tama hancurkan kue sisa (brownies atau black forest), lelehkan dua sendok makan mentega, lelehkan juga 100 gram cokelat batang, siapkan meses atau sprinkles dan, siapkan juga stik lolipop atau bisa diganti tusuk sate. Setelah kue hancur, campurkan dengan lelehan mentega kemudian bentuk menjadi bola-bola lolipop dan simpan dalam freezer. Setelah membeku, baru celupkan ke dalam cokelat leleh dan taburi dengan meses atau sprinkles. Cake pop siap dihidangkan!

2. Cake Cokelat Kukus

Cake Cokelat Kukus3
Photo Source:  Resep dan Masakan
Makanan kedua juga masih memanfaatkan kue sisa yang ada di rumah nih guys. Kamu cukup menyiapkan santan sachet dan cokelat batang. Caranya juga sederhana, pertama-tama hancurkan kue sampai halus. Kemudian campurkan santan dengan air secukupnya. Masukkan kue ke dalam santan, aduk sampai rata kemudian masukkan ke dalam loyang untuk dikukus selama 20 menit. Setelah selesai, dinginkan kue. Kalau kue sudah dingin siram dengan cokelat batang yang sebelumnya sudah dilelehkan. Setelah merata, masukkan kue ke dalam kulkas agar cokelatnya membeku. Cake cokelat kukus siap disantap sembari minum kopi atau teh di sore hari.

3. Nasi Panggang Keju

Nasi Panggang Keju4
Photo Source:  Vemale.com
Makanan daur ulang berikutnya menggunakan bahan dasar nasi. Biasanya sih nasi sisa ini akan banyak dimanfaatkan sebagai nasi goreng. Tapi, kalau kamu sudah bosan dengan nasi goreng, kamu bisa memanfaatkannya menjadi Nasi Panggang Keju. Caranya adalah dengan mencampurkan nasi dengan beberapa bahan lainnya seperti dua butir telur, lada dan garam sesuai selera, satu cangkir keju mozarella, bawang putih, sosis, daging cincang, peterseli dan mengaduknya sampai rata. Setelah itu masukkan adonan ke dalam loyang anti panggang dan taburi keju parmesan atau parutan keju cheddar di atasnya. Panggang selama 20 sampai 30 menit. Nasi panggang keju siap dihidangnkan!

4. Kroket Nasi Keju

Kroket Nasi Keju5
Photo Source:  www.foodnetwork.com
Kamu juga bisa menyulap nasi sisa di rumah menjadi kroket keju a la Italia. Kamu hanya tinggal mencampurkan nasi, keju parut, lada dan garam sesuai selera, serta satu butir telur, kemudian aduk sampai rata. Setelah semua tercampur rata, bentuk adonan nasi menjadi bulatan, dan masukkan keju dadu ke dalamnya, sisihkan. Kemudian kocok lepas satu telur, celupkan adonan nasi ke dalamnya lalu lumuri dengan tepung roti setelahnya. Setelah itu goreng dalam minyak panas dan tunggu hingga warnanya cokelat keemasan. Kroket nasi keju siap dihidangkan dengan saus favoritmu atau mayonaise deh!