Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Tips Buka Puasa Biar Perut Ngga Kaget

SintyaSintya
Tips Buka Puasa Biar Perut Ngga Kaget - Main Photo
selerasa.com
Biasanya, kebanyakan orang (dan mungkin kamu salah satunya) akan menjadikan momen buka puasa jadi ajang balas dendam dengan melahap semua sajian yang ada di depan mata. Emang ngga dosa, sih. Tapi, justru hal ini ngga baik buat kesehatan perut kamu lho, guys! Kenapa?


Perut kita sudah terbiasa kosong selama berpuasa satu hari penuh. Saat kamu masukin semua hidangan yang ada ke dalam perut, maka bisa-bisa perut kamu akan kaget dan biasanya akan berujung begah, bahkan bisa juga kram perut karena terlalu banyak muatan yang masuk. Makanya, yuk perhatikan beberapa tips buka puasa dari Qraved biar perut kamu ngga kaget!

1. Minum Air Putih atau Teh Hangat

 - vulcanpost.com
Photo Source: vulcanpost.com
Sebelum waktu buka puasa tiba, ada baiknya kamu siapin air putih atau minuman hangat seperti teh manis untuk kamu minum waktu buka puasa nanti. Baru deh, setelah kamu dengar adzan, kamu bisa minum air putih atau teh manis hangat untuk batalin puasa. Tapi, jangan lupa berdoa dulu, ya!

2. Makan Kurma

 - food.detik.com
Photo Source: food.detik.com
Setelah minum air putih atau teh manis hangat, jangan langsung terburu-buru untuk makan besar, ya! Kamu bisa memulai buka puasa dengan makan kurma beberapa biji, karena dengan makan kurma 3 buah aja perut kamu ngga akan kelaparan lagi lho, guys!

3. Makan Kacang-kacangan Sebanyak Satu Genggam Tangan

 - www.nuts.com.au
Photo Source: www.nuts.com.au
Makanan ringan lainnya yang bisa kamu makan untuk memulai buka puasa adalah kacang-kacangan. Kamu bisa pilih kacang almond atau jenis kacang kesukaan kamu sebanyak satu genggaman tangan. Kandungan proteinnya cukup kok untuk memenuhi kebutuhan protein kamu seharian.

4. Makan Takjil

 - ramadan.sindonews.com
Photo Source: ramadan.sindonews.com
Kalau di rumah kamu ngga ada kurma atau kacang-kacangan, kamu juga bisa kok mengganjal perut kamu untuk sementara dengan makan takjil yang sudah disediakan mama kamu. Biasanya kalau bulan puasa gini banyak banget yang jualan takjil seperti bubur pacar, kolak, es pisang ijo, kue lupis, dan aneka takjil lainnya. Nah, takjil ini cukup kok buat bikin perut kamu ngga kelaparan pas tarawih nanti.

5. Makan Besar Setelah Tarawih

 - burpple
Photo Source: burpple
Setelah tarawih adalah waktu yang tepat buat kamu makan besar alias buka puasa dengan makan makanan berat, karena pada saat ini pencernaan di perut kamu sudah mulai kembali terbiasa mencerna makanan yang masuk ke perut. Saat inilah kamu bisa makan berat seperti nasi, lauk, dan sayuran yang sudah terhidang di meja makan. Pastikan kebutuhan karbohidrat, protein, dan nutrisi lainnya seimbang dan terpenuhi, ya!

6. Konsumsi Buah-buahan

 - trihartati15.blogspot.com
Photo Source: trihartati15.blogspot.com
Nah, menu yang satu ini juga ngga boleh terlewatkan ya, guys! Pastikan kalau kamu juga mengonsumsi buah-buahan saat sahur maupun berbuka puasa, terutama buah pepaya yang bakal memperlancar pencernaan kamu, karena salah satu masalah kesehatan yang mungkin muncul saat puasa adalah masalah pencernaan. Hindari untuk makan makanan bersantan saat sahur, karena itu akan menimbulkan sluggish atau perut kembung karena terlalu banyak gas di dalam perut. Selamat mencoba, Qravers!