Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Tips Agar Kentang Gorengmu Renyah

SintyaSintya
Tips Agar Kentang Gorengmu Renyah1
YouTube
Kamu pasti pernah kan mengalami masa "zonk" saat membuat kentang goreng sendiri di rumah? Malah ada juga yang terlalu gosong, lembek, atau bahkan terlalu berminyak. Jangan khawatir, karena Qraved datang untuk memberi solusi untuk kalian. Yuk, simak tips kentang goreng renyah a la Qraved berikut ini!

1. Pilih Kentang yang Mulus

Pilih Kentang yang Mulus2
Photo Source:  Valley Spuds, Inc.
Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat kentang gorengmu terasa renyah adalah dengan cara memilih kentang yang mulus. Jangan pilih kentang yang bopeng atau berwarna kehijauan. Usahakan agar selalu memilih kentang dengan permukaan mulus dan masih segar, karena kentang jenis inilah yang paling enak dan renyah untuk dijadikan french fries.

2. Rendam di Dalam Air Dingin

Rendam di Dalam Air Dingin3
Photo Source:  anekaresep.co
Setelah dikupas dan dipotong sesuai selera (baik itu memanjang, tebal, atau tipis), kemudian rendam potongan kentang ke dalam air dingin selama kurang lebih 30 menit untuk menjaga tekstur kentang saat digoreng nanti.

3. Taburi dengan Tepung Maizena

Taburi dengan Tepung Maizena4
Photo Source:  Dapurnya Buna Hail
Setelah direndam, kamu bisa menaburi kentang dengan menggunakan tepung maizena. Tabur secara tipis saja. Tepung ini konon dapat menyerap kelembapan kentang sehingga kentang akan terasa lebih renyah setelah digoreng. Setelah ditaburi tebung maizena, goreng kentang secara deep fried atau kentang terendam penuh di dalam minyak goreng yang sudah panas, sehingga kematangannya merata.

4. Siram dengan Air Jeruk Nipis

Siram dengan Air Jeruk Nipis5
Photo Source:  Nusakini
Selain tepung maizena, kamu juga bisa menyiramnya dengan menggunakan perasan air jeruk nipis dan menambahkan es batu ke dalamnya. Aduk sampai rata dan diamkan di dalam lemari es selama kurang lebih 30 menit sebelum digoreng. 
Semoga beberapa tips di atas cukup membantu kamu di rumah ya, guys! Oh iya, kamu juga bisa menyimpan sisa kentang yang sudah dibumbui dan belum digoreng di dalam lemari es untuk diolah dikemudian hari. Tapi ingat ya, kentang itu hanya akan bertahan selama kurang lebih 3-4 hari saja.