Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Variasi Resep Dimsum Enak yang Mudah Buatnya!

Meylia LiestiawanMeylia Liestiawan
Siapa yang ga kenal dimsum? Makanan yang berasal dari Cina daratan ini emang uda terkenal banget di Jakarta. Dari yang restoran mahal bintang lima sampai ke kaki lima juga ada.

Dimsum awalnya adalah snack sebagai pendamping minum teh. Makanan yang menggunakan kukusan bambu ini dianggap sebagai salah satu makanan wajib di Cina, bahkan di Hong Kong dan sebagian kota di Cina, mereka menyajikan dimsum sebagai sarapan dan disajikan dari jam 5 pagi. Di Jakarta, menu dimsum untuk sebagian restoran merupakan andalan mereka, dan disajikan sepanjang hari, dari menu makan siang sampai makan malam.
Buat kamu yang penasaran, gimana cara buatnya, dan karena ada banyak sekali jenis dimsum, Qraved akan kasih kamu beberapa pilihan resep yang terkenal. Tenang aja, buatnya ga sesulit yang kamu pikir kok. Kamu pasti bisa!

1. Siomay

2
Photo Source: rasamalaysia
Kalo makan dimsum emang paling wajib pesen yang satu ini. Siomay adalah salah satu menu andalan dimsum yang gampang banget buatnya. Siomay di negeri asalnya memang menggunakan daging yang tidak halal alias daging pork (babi), tapi jangan khawatir, Qraved akan kasih kamu resep yang halal karena menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya. Yuk siapin dulu bahan-bahannya.

- 250 gram daging paha ayam cincang tanpa tulang
- 8 ekor udang berukuran sedang, dikupas dan dipotong dadu kecil-kecil.
- 2 buah jamur shitake, potong memanjang kecil
- 1/2 sendok makan jahe yang di parut halus
- 1/2 sendok makan daun bawang yang dipotong halus
- 1/4 sendok teh minyak wijen
- 1/4 sendok teh lada putih bubuk
- 1/2 sendok teh kecap asin
- 1/2 sendok makan tepung maizena
- Garam secukupnya
- Kulit siomay yang siap pakai
- Kacang polong dan parutan wortel untuk garnish

Cara membuatnya:
- Campur semua bahan kecuali kulit siomay dan garnish ke dalam food processor. Kalau tidak punya food processor, boleh juga kok campur dengan menggunakan manual alias tangan di dalam mangkok besar.
- Masukan ke dalam lemari es/ kulkas selama 20 menit.
- Masukan sekitar 1 sendok makan ke dalam kulit siomay, biarkan tengahnya terbuka.
- Hias dengan menaruh parutan wortel dan satu kacang polong di tengahnya. Apabila kulit siomay terlalu besar, kamu bisa memotong sisa kulitnya dengan menggunakan gunting supaya terlihat lebih rapi.
- Kukus dengan menggunakan kukusan bambu sampai matang.
- Segera hidangkan panas-panas.

2. Hakau Udang

3
Photo Source: talesfromthetummy
Para pencinta dimsum pasti ngga asing lagi dengan yang namanya hakau. Hakau disebut-sebut sebagai salah satu jenis dimsum yang menentukan kepawaian chef dimsum. Ciri khas dari hakau sendiri terdapat di kulitnya yang transparan, sehingga kita bisa melihat merahnya udang didalamnya. Buatnya ngga sesusah yang kamu kira kok, kita siapin dulu yuk bahan-bahannya.

Bahan isi :
- 300 gram udang kupas
- 1 sendok makan tepung sagu
- 1 sendok makan minyak wijen
- 1 sendok teh garam
Bahan kulit :
- 150 gram tepung tang mien
- 50 gram tepung sagu
- 250 ml air mendidih
- 2 sendok makan minyak sayur
- 1/4 sendok teh merica
- 1/2 sendok teh garam

Cara membuatnya:
- Campur semua bahan isi hingga rata, sisihkan
- Tuang minyak sayur ke dalam air panas mendidih. Pastikan air benar-benar mendidih.
- Tuang campuran air dan minyak ke dalam campuran tepung tang mien, tepung sagu, garam dan merica yang sudah diaduk rata, tuang secara merata ke seluruh bagian tepung, lalu aduk rata dengan centong kayu atau sendok
- Diamkan hingga hangat kuku. Ketika didiamkan tutup wadah dengan serbet/lap bersih kering agar permukaan adonan tidak mengering.
- Uleni adonan hingga kalis
- Potong adonan kecil-kecil, gilas tipis sekali. Beri isi dan bentuk sesuka kamu.
- Hakau siap untuk dikukus 10 menit saja. Jangan lebih karena kulit hakau mudah robek.

3. Bakpao isi ayam merah ( Char Siuw Pao Halal isi Ayam)

4
Photo Source: ladyironchef
Bikinnya emang akan sedikit ribet, tapi kalau kamu makan dimsum tanpa menu yang satu ini, rasanya akan kurang lengkap. Char Siuw Pao kalo menurut asalnya, adalah bakpao dengan isi daging babi panggang merah. Tapi Qraved akan kasih kamu resep bakpao yang isinya daging ayam yang dimasak pakai bumbu merah. Soal rasa ga jauh beda kok, malahan banyak yang lebih suka yang ayam. Bahan-bahan yang harus disiapkan adalah:

Biang Bakpao :
750 gram tepung hongkong
15 gram ragi instant
450 cc air

Bahan Adonan Utama Bakpao :
250 gram tepung hongkong
200 gram tepung tang mien (bisa diganti dengan tepung hongkong)
200 gram gula halus
2 sendok makan baking powder
135 ml air
100 gram mentega putih

Bahan Isi :
500 gram daging ayam, potong kotak2x
1 sendok makan minyak wijen
1 sendok teh bawang putih, dihaluskan
2 sendok makan gula pasir
1 sendok makan bawang merah, dihaluskan
1 sendok teh bumbu go hiong
3 sendok teh garam
1/2 sendok teh vetsin
1 sendok teh lada
1 sendok makan angkak merah, dihaluskan
1 sendok makan saus tiram
1 sendok makan bawang putih, cincang
1 sendok makan sagu + 100 cc air

Cara membuat isi :
- Campurkan semua bahan isi, selain sagu dan bawang putih cincang. Aduk rata.
- Tumis bawang putih dengan sedikit minyak.
- Masukkan semua bahan isian yang sudah dicampur, aduk sampai daging matang.
- Tuangkan sagu yang sudah dicampur air, aduk-aduk hingga menjadi kental.

Cara membuat kulit :
- Campur semua bahan untuk biang. Di uleni sampai tidak lengket di tangan ( kurang lebih 10 menit).
- Diamkan biang selama 1 jam atau sampai mengembang 2 kali.
- Masukkan bahan adonan utama ke dalam biang biang bakpao. Uleni sampai kalis.
- Timbang adonan sebesar 20-25gr. Tipiskan, bentuk menjadi bulat. Letakkan isi bakpao ke tengah2x adonan.
- Kukus bakpao selama 15 menit.

4. Spring rolls / lumpia goreng

5
Photo Source: selerasa
Kalau ngomongin spring rolls atau lumpia goreng ini, uda ga perlu basa basi lagi. Menu yang satu ini uda terkenal banget dan banyak banget macamnya. Nah, karena yang ini untuk dimsum, dan sebagian besar menu dimsum bahan dasarnya daging, maka Qraved akan kasih resep yang isiannya sayuran, bikinnya gampang banget. Nih bahan-bahannya.

Bahan kulit lumpia:
- 15 lembar kulit lumpia/spring roll pastry siap pakai
- 1 sendok makan tepung dilarutkan dengan sedikit air untuk perekat.
- Minyak goreng secukupnya

Bahan isi:
- 200 gram wortel,lalu iris korek api
- 50 gram tauge,lalu siangi
- 100 gram fillet ayam,lalu potong dadu kecil
- 100 gram udang kupas,lalu potong-potong
- 1 batang daun bawang,lalu potong-potong
- 2 sendok makan minyak untuk menumis
- 3 siung bawang putih
- 2 butir bawang merah
- Garam secukupnya
- Gula secukupnya
- Merica bubuk secukupnya

Bahan pelengkap:

- Kucai
- Cabe rawit
- Saus sambal

Cara membuat isi
- Haluskan bawang merah dan juga bawang putih
- Panaskan minyak
- Tumis semua bumbu halus hingga harum dan berubah warna
- Masukan wortel dan juga tauge, aduk hingga merata
- Bumbui dengan garam , merica bubuk dan juga gula hingga semua tercampur semua
- Masak wortel hingga layu, aduk kembali hingga merata
- Masukan daun bawang, kembali aduk hingga daun bawang menjadi berubah layu
- Angkat dan siap untuk digunakan sebagai isian lumpia.

Cara membuat Lumpia/ Spring Roll:

- Pertama-tama ambil selembar kulit lumpia
- Kemudian berikan isian kurang lebih satu sendok
- Lalu lipat seperti amplop, gulung dan padatkan
pada bagian ujung rekat dengan menggunaan terigu yang sudah dicairkan
- Lakukan hingga semua isi habis.
- Goreng hingga kuning keemasan.
- Siap dihidangkan dengan kucai, cabe rawit dan saus sambal.

5. Phoenix Claws ( ceker ayam)

6
Photo Source: dontcallmeafoodblo
Buat sebagian orang, makan ceker itu wajib pada saat dimsum time. Sejarah awal di negeri asalnya Cina itu, ceker ayam ini dihidangkan sebagai teman minum bir. Namun di Jakarta, ceker ayam menjadi menu yang wajib ada di setiap restoran yang menyajikan dimsum. Cara buatnya juga gampang banget, mungkin sedikit repot karena harus menggunakan pressure cooker alias panci presto. Panci presto ini penting untuk membuat ceker yang empuk dan membuat bumbunya meresap sampai ke tulang-tulangnya. Pokoknya semua kerepotan kamu terbayar deh, dengan kelezatannya!

Bahannya :
- 1/2 kg ceker, bersihkan kukunya
- 1 ruas jahe, potong dan cincang
- 2 sendok makan saos tiram
- 2 sendok makan kecap asin
- 2 sendok makan kecap manis
- 3 sendok makan mix saos cabe dan tomat
- 1/2 sendok teh minyak wijen
- 1 buah pekak/ bunga lawang
- 3 cm kayu manis
- 1/2 buah jeruk nipis
- Garam secukupnya
- Gula secukupnya
- Minyak goreng secukupnya
- Air secukupnya
Bumbu halus :
3 siung bawang putih
8 buah cabe kecil

Cara membuatnya:
- Marinasi ceker dgn garam dan jeruk nipis, remas" dan diamkan 15 menit.
- Goreng ceker dlm minyak panas hingga kecoklatan, bolak balik.
- Lalu angkat dan masukkan langsung ke dalam air es, agar kriput" kulit cekernya.
- Tumis bumbu halus dan jahe cincangnya hingga wangi, lalu masukkan cekernya dan bumbu pelengkapnya.
- Aduk rata dan tambahkan sedikit air saja, biarkan air agak mendidih.
- Test rasa dulu ya, bila ada yg kurang bisa di tambahkan bumbu pelengkapnya sesuai selera.
- Lalu presto kira" 20 menit agar cekernya lunak.
- Ceker dimsum siap disajikan dalam kukusan bambu.