Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Resep Mie Titi Khas Makassar yang Wajib Dicoba

Qraved ContributorQraved Contributor
Resep Mie Titi Khas Makassar yang Wajib Dicoba1
@adeknkemal
Tak hanya nasi, menu yang berbahan dasar mie pun banyak dijumpai di Indonesia, salah satunya mie titi khas Makassar. Mie titi merupakan mie kering yang disajikan dengan disiram kuah kental lengkap dengan sayuran. Nah, untuk kamu yang ingin menikmati mie titi, yuk coba resep berikut di rumah.

Resep Mie Titi

2
Photo Source:  @adeknkemal
Bahan - 1 bungkus mie telor - ¼ kg daging ayam - 5 butir baso sapi - 3 sendok tepung maizena (jika kurang kental bisa ditambah) - 100 gr hati sapi - Sawi secukupnya - Kol secukupnya - Wortel secukupnya - 1 buah tomat - Daun seledri dan daun bawang secukupnya - 10 ekor udang - 2 butir telur - Minyak secukupnya - Bawang goreng kemasan - Jeruk nipis  
Bumbu yang dihaluskan: - 3 siung bawang putih - 1 siung bawang bombay - 1 siung bawang merah - 1 buah kemiri utuh - Garam secukupnya - Merica bubuk  
Cara membuat: - Letakkan mie di baskom lalu siram dengan air panas. - Diamkan mie selama kurang lebih 4 menit hingga mie terurai. Lalu tiriskan. - Sambil menunggu, cuci dan iris halus daun bawang dan seledri. Iris juga baso sapi sesuai selera. - Cuci dan iris sayuran seperti tomat, sawi, wortel, dan kembang kol. - Panaskan minyak untuk menggoreng mie yang sudah ditiriskan tadi. Pastikan seluruh bagian mie terendam minyak ketika menggoreng.  - Angkat dan tiriskan. - Cuci bersih ayam lalu rebus hingga empuk. Setelah meniriskan ayam, jangan buang air sisa rebusannya. - Iris ayam dengan bentuk dadu atau sesuai selera. - Haluskan bumbu lalu tumis di wajan hingga harum. - Masukkan baso sapi, ayam, dan baso udang. - Jika sudah harum dan bahan-bahan di atas sudah hampir matang, masukkan sisa kuah ayam. Tidak perlu semuanya, sesuai selera saja. - Setelah mendidih, masukkan wortel, sawi, kembang kol, dan tomat yang sudah dipotong-potong lalu tunggu sebentar hingga empuk. - Aduk tepung maizena dengan air lalu tambahkan ke dalam kuah sedikit demi sedikit. - Kocok dua butir telur dan masukkan ke kuah yang sudah diberi maizena. - Tambahkan irisan daun seledri dan bawang. - Ambil mie secukupnya di piring lalu siram dengan kuah. Taburi dengan bawang goreng dan sedikit perasan jeruk nipis untuk aroma yang sedap.  
Mencoba mie titi tak harus pergi ke Makassar. Jika di kota tempat tinggalmu belum ada restoran atau depot yang menjual menu ini, kamu pun bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep di atas. Selamat mencoba!